Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Yuk, Jaga Kesehatan Tubuh Selama Pandemi dengan Panduan Ini

yuk jaga kesehatan tubuh selama pandemi dengan panduan ini

Pandemi telah mengubah cara kita beraktivitas, termasuk menjaga kesehatan tubuh. Selain risiko penularan dari virus, pembatasan kegiatan di luar rumah, kebosanan, dan stres bisa membawa dampak pada kesehatanmu. Selama pandemi belum berakhir, pastikan kamu mengetahui cara menjaga kesehatan, bahkan jika sudah menerima vaksin.

Kenapa Harus Jaga Kesehatan Tubuh Selama Pandemi?

cara menjaga kesehatan tubuh saat pandemi covid-19
Sumber : Kompas.com

Kesehatan tubuh manusia sangat berpengaruh terhadap daya tahanmu dalam menghadapi pandemi. Walau penelitian terhadap COVID-19 masih berlangsung, orang yang sehat dan berdaya tahan tinggi secara umum lebih mampu menghadapi dampak virus tersebut. Orang yang mengalami gejala COVID-19 juga cenderung lebih mudah pulih jika mereka sehat dan memiliki daya tahan tinggi, walau kasusnya tidak selalu demikian.

Menjaga kesehatan juga penting bagi mereka yang memiliki kondisi tertentu, misalnya penyakit, kondisi bawaan, berusia sangat tua atau muda, hingga mengalami penurunan daya tahan tubuh. Walau kondisi tersebut menawarkan risiko tinggi, tindakan menjaga kesehatan akan membantu dalam menghadapi pandemi.

Cara Jaga Kesehatan Tubuh di Rumah

kesehatan tubuh manusia
Sumber : Enervon.co.id

Manfaat menjaga kesehatan tubuh tidak selalu datang dari pusat kebugaran atau berolahraga di luar rumah. Anda bisa melakukan beberapa cara praktis untuk tetap sehat dan bugar di rumah. Inilah beberapa hal praktis yang bisa Anda lakukan.

1.    Olah Tubuh

Risiko kurang gerak semakin meninggi dengan adanya pembatasan. Anda bisa melakukan olahraga mudah di rumah seperti aerobik, peregangan, lari di tempat, yoga, hingga lompat tali. Gunakan aplikasi olahraga atau video gratis di internet. Sisihkan waktu 15 hingga 20 menit, tiga hingga empat hari seminggu, untuk berolahraga.

2.    Jaga/Tingkatkan Kualitas Tidur

Tidur cukup membantu menjaga daya tahan tubuh. Pastikan kamu tidur nyenyak minimal enam jam. Kamu juga harus menjaga kualitas tidur agar hasilnya efektif, misalnya dengan tidak menatap layar gawai setidaknya 30 menit sebelum tidur.

3.    Jaga Kebersihan dan Sirkulasi di Rumah

Menjaga kondisi rumah tetap bersih tidak hanya membuat Anda nyaman, tetapi juga merupakan cara menjaga kesehatan tubuh saat pandemi COVID-19. Buka jendela rumah setiap pagi untuk menjaga sirkulasi. Bersihkan rumah minimal seminggu sekali, dan lakukan pembersihan besar-besaran setidaknya setiap dua atau tiga bulan.

Yang Harus Dikonsumsi Selama Pandemi

manfaat menjaga kesehatan tubuh
Sumber : halodoc.com

Makan makanan bergizi menjadi kewajiban untuk menghadapi pandemi. Pastikan kamu menambah porsi sayuran, protein sehat, dan buah di dalam menu. Jangan lupa minum air putih dan kurangi minuman yang mengandung gula berlebih. Makananmu tidak perlu mahal asalkan seimbang.

Stres dan kebosanan selama pandemi bisa mengakibatkan dorongan makan berlebih akibat stres. Untuk mengatasinya, sediakan jatah makanan selingan di antara makan besar, tetapi pastikan “dijatah.” Bagi mereka ke dalam porsi-porsi kecil dan hindari mengambil lebih banyak. Kamu masih bisa menikmati kue, cokelat, atau makanan ringan kesukaanmu, asalkan jadwal makan utama dilakukan secara benar. Makan teratur juga akan membantumu mengurangi ngemil berlebih karena stres.

Tips Menjaga Kesehatan untuk Wanita

cara menjaga kesehatan tubuh wanita
Sumber : Linksehat.com

Secara umum, cara menjaga kesehatan tubuh wanita sama seperti yang telah dijelaskan. Akan tetapi, wanita mengalami kondisi khusus seperti menstruasi, hamil, dan menyusui. Bagaimana cara kamu atau orang terdekatmu bisa menjaga kesehatan?

Ibu hamil dan menyusui bisa berdiskusi dengan dokter soal mengonsumsi suplemen tertentu, misalnya vitamin C, D, E, dan asam folat. Selain untuk menjaga kesehatan janin, semua suplemen ini juga menjaga daya tahan tubuh. Jangan lupa mendiskusikan protokol kesehatan dengan dokter agar bisa memeriksakan janin tanpa khawatir.

Bagi yang mengalami menstruasi dengan gejala berat selama pandemi, konsumsi suplemen seperti vitamin B dan zat besi, terutama jika asupan makanan cenderung kurang bergizi. Pengobatan rumahan untuk nyeri, misalnya kompres hangat pada bagian yang nyeri, cukup membantu untuk melewati gejala awal menstruasi.

Tips Menjaga Kesehatan untuk Anak

cara menjaga kesehatan tubuh anak
Sumber : Pinterest.com

Anak-anak, sama seperti lansia, cenderung rentan saat menghadapi sarana penularan virus. Cara menjaga kesehatan tubuh anak adalah memastikan bahwa mereka tetap aktif bergerak, makan makanan bergizi, dan terbiasa menerapkan protokol kesehatan secara naluriah.

Orang tua bisa mengatur jadwal untuk “bergerak” dengan cara menyenangkan, misalnya senam keluarga, naik sepeda di area dekat rumah, atau bermain bola. Putar musik kesukaan anak dan pastikan orang tua berpartisipasi agar anak tertarik meniru.

Untuk makanan sehari-hari, kamu bisa menyiapkan beberapa resep sederhana untuk dua hingga tiga hari dari satu atau dua bahan utama. Pastikan di setiap porsi ada protein, sedikit karbohidrat, dan sayuran. Biasakan anak minum air putih atau susu, bukan soda atau jus bergula.

Ingat, anak-anak adalah peniru hebat. Pastikan orang tua melakukan kebiasaan sehat agar anak bisa dengan cepat menirunya, demi kesehatan tubuh mereka.

Kesehatan Pikiran? Penting Juga

pengertian kesehatan tubuh
Sumber : Tribunnews.com

Pengertian kesehatan tubuh tidak hanya mencakup fungsi fisik badan, tetapi juga otak. Pandemi menciptakan kecemasan, kekhawatiran, dan stres terus-menerus; sesuatu yang membuat tubuh terpengaruh dan daya tahan menurun. Bagaimana kita bisa mengatasinya?

Inilah beberapa cara menjaga kesehatan pikiran dan mengurangi stres.

1.    Bersosialisasi dan Jaga Koneksi

Atasi rasa terasing selama pandemi dengan bersosialisasi, walau hanya lewat telepon atau video. Berbagi cerita dengan orang yang memahamimu cukup ampuh dalam mengatasi stres dan membuatmu merasa tidak sendirian.

2.    Beri Diri Sendiri Waktu Istirahat

Jika sebelumnya kamu terlalu sibuk, pandemi mungkin bisa menjadi kesempatan untuk lebih memperhatikan diri sendiri. Luangkan waktu sekitar satu jam per hari untuk melakukan apa saja yang kamu suka, mulai dari membaca, merajut, mendengarkan musik, dan sebagainya.

3.    Aromaterapi

Aromaterapi bisa menjadi menjadi salah satu faktor pemberi ketenangan batin selama pandemi. Kamu bisa memilih aroma yang menenangkan seperti lavender, aroma kayu, dan melati, atau yang cenderung “membangkitkan” seperti jeruk dan lemon.

Menjaga kesehatan tubuh dan pikiran wajib menjadi prioritas selama pandemi. Pastikan kamu mengikuti langkah-langkah di atas agar kondisi tetap prima dan daya tahan tubuh terjaga.

Best Seller

Related Article