Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Wajib Punya! Deretan Essential Oil untuk Batuk Pilek

wajib punya deretan essential oil untuk batuk pilek

Batuk pilek (common cold) bisa menyerang siapa saja, mulai dari usia bayi, anak-anak, remaja, dewasa, pun lansia. Meski terlihat ringan, penyakit ini harus segera ditangani karena keterlambatan dalam penanganan bisa meningkatkan risiko penyakit tertentu, seperti asma, sinusitis, sakit tenggorokan, otitis media, bahkan pneumonia.

Nah, bagi kamu yang menghindari konsumsi obat-obatan kimia, varian essential oil untuk batuk pilek berikut bisa jadi alternatif awal buat dicoba.

Kenalan Lebih Dekat dengan Essential Oil

minyak essential oil untuk batuk pilek bayi
Sumber : Envato.com

Cari tahu definisi, manfaat, dan cara pemakaian essential oil terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Definisi Essential Oil

Merujuk ISO (International Organization for Standardization), essential oil diartikan sebagai sebuah cairan beraroma khas yang didapat dari hasil pengolahan bagian-bagian tumbuhan, seperti bunga, akar, batang, buah, dan daun, melalui proses distilasi atau penguapan.

Essential oil juga dikenal oleh masyarakat dengan berbagai istilah, meliputi minyak atsiri, minyak terbang, atau minyak aromatik.

Cara Pemakaian Essential Oil

Umumnya, terdapat lima cara aman memakai minyak ini, antara lain:

  1. Menghirup aromanya secara langsung. Ini adalah cara paling sederhana. Kamu cukup menghirup essential oil secara langsung dari botolnya. Namun, pastikan oil-nya tidak mengenai kulit hidung atau bibirmu.
  2. Menggunakan kapas atau kain lembut. Proses ini disebut juga proses evaporasi kering. Kamu hanya perlu menambahkan dua hingga tiga tetes oil ke kapas atau kain. Lalu, hiruplah dalam-dalam.
  3. Mengaplikasikan ke kulit. Cara ini biasanya diiringi dengan penggunaan carrier oil sekaligus pijatan-pijatan ringan saat pemakaian. Menariknya, cara ini juga ampuh buat aplikasi essential oil untuk batuk pilek bayi juga essential oil untuk batuk pilek anak loh. Namun, untuk mengikutinya, kamu perlu melakukan patch test terlebih dahulu untuk melihat reaksi pada kulit. Aman atau malah alergi?
  4. Menggunakan Gunakan alat bantu khusus yang bisa menyebarkan aroma oil ke udara di dalam ruangan, disebut diffuser. Pemakaian alat ini sangat mudah karena kamu akan mendapatkan panduan penggunaan lengkap saat pembelian.
  5. Mencampurkan ke produk perawatan tubuh. Tidak jarang orang menambahkan essential oil ke dalam produk kecantikan dan perawatan tubuh, seperti toner, serum, sabun, kondisioner, dan sebagainya. Namun, kamu harus memastikan dosis dan komposisi essential oil secara tepat jika ingin melakukan cara ini.

Sebaiknya, baca dan ikuti petunjuk pemakaian essential oil pada botol kemasan terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Manfaat Essential Oil bagi Kesehatan

Sejatinya, setiap varian essential oil memberikan manfaat yang berbeda-beda bagi kesehatan penggunanya. Pun begitu dengan pemakaian minyak atsiri yang dikombinasikan. Akan tetapi, bila ditarik kesimpulan secara umum, kebaikan essential oil bagi kesehatan adalah:

  1. Meredakan rasa sakit.
  2. Meningkatkan kualitas tidur.
  3. Mengurangi rasa cemas berlebihan dan stres.
  4. Meredakan nyeri sendi.
  5. Mengobati sakit kepala juga migrain.
  6. Meringankan efek samping dari kemoterapi.
  7. Melawan bakteri, virus, dan jamur.
  8. Memperbaiki pencernaan.
  9. Menjaga sistem kekebalan tubuh.
  10. Melegakan pernapasan.

Lantas, bagaimana bisa essential oil meredakan batuk pilek? Batuk pilek biasanya disebabkan oleh infeksi virus ringan pada saluran pernapasan. Nah, berkaitan dengan manfaat nomor 7 dan 10, minyak atsiri bisa jadi pilihan tepat sebagai alternatif pengobatan awal.

Pilihan Essential Oil untuk Batuk Pilek

essential oil untuk batuk pilek dewasa
Sumber : Envato.com

Selalu sedia delapan varian ini di rumahmu ya! Sehingga, kamu bisa segera menggunakannya seketika batuk pilek menyerang.

RC

Dalam satu produk RC, kamu akan menemukan gabungan antara Spruce, Cypress, dan tiga jenis Eucalyptus (Eucalyptus citriodora, Eucalyptus globulus, & Eucalyptus radiata). Dengan segala kebaikan sumber alami tersebut, RC bermanfaat buat mengencerkan dahak dan melegakan tenggorokan saat menderita sakit batuk pilek. Itulah mengapa varian ini menjadi populer sebagai pilihan minyak essential oil untuk batuk pilek bayi.

Tahukan bagaimana susahnya bayi bernapas kalau ada dahak yang tidak bisa dikeluarkan?

Lavender

Diproses dari sumber alami, yakni bunga Lavender (Lavandula angustifolia), menjadikan minyak ini memiliki banyak kegunaan. Apa saja?

  • Mengatasi flu, batuk, dan pilek.
  • Mengurangi rasa sakit.
  • Mengatasi kekakuan otot.
  • Mengurangi stres.

Ketenangan yang didapat dari Lavender bisa memicu kualitas tidur yang baik. Sehingga, kamu akan mendapatkan waktu istirahat yang cukup untuk membantu menghilangkan batuk pilek dengan cepat.

Frankincense

Varian ini berasal dari hasil distilasi getah pohon Boswellia. Sumber alam inilah yang kemudian membuat minyak atsiri varian Frankincense mengandung zat antiseptik, anti-inflamasi, dan ekspektoran alami. Dengan ketiga kandungan tersebut, Frankincense memiliki khasiat menyembuhkan penyakit yang luar biasa, termasuk batuk pilek, asma, bahkan bronkitis.

Lemon

Lemon, buahnya saja banyak manfaat, apalagi minyak hasil penyulingannya. Lemon essential oil sangat ampuh buat mengobati flu, demam, batuk, kelenjar bengkak, nyeri dan kongesti. Kamu bisa menggunakan minyak Lemon dengan cara oles atau aromatik buat meredakan batuk pilek.

Eucalyptus Radiata

Varian selanjutnya adalah hasil proses distilasi dari daun tanaman endemik Australia, yaitu Eucalyptus Radiata. Kamu akan mencium aroma segar dan bersih dari varian ini ketika di-diffuse. Selain itu, menurut sebuah penelitian dalam jurnal Alternative Medicine Review, tanaman Eucalyptus Radiata memiliki efek antimikroba, antivirus, dan antijamur yang baik bagi kesehatan.

Peppermint

Gabungkan Peppermint dengan Eucalyptus! Maka, kamu akan mendapatkan perfect combo buat melawan batuk pilek. Namun, Peppermint sendiri sebenarnya memiliki banyak khasiat, seperti menyegarkan napas, melegakan tenggorokan, mencegah batuk, menambah stamina, dan sebagainya.

Rosemary

Minyak atsiri dari tanaman rosemary mengandung senyawa cineole. Senyawa ini sangat bermanfaat untuk mengencerkan dahak, mengurangi peradangan, melegakan pernapasan, dan sebagainya.

Tea Tree

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi adalah kerja utama dari tea tree oil. Kandungan zat antibakteri dan antivirus dalam varian tea tree sangat ampuh mengobati batuk pilek.

Optimalkan Penggunaan Essential Oil buat Mengurangi Batuk Pilek

aroma essential oil untuk batuk pilek bayi
Sumber : Envato.com

Meski bisa menggunakan kedelapan minyak di atas secara tunggal, ada baiknya mengoptimalkan penggunaannya dengan resep berikut.

Resep 1

  • 10 tetes RC
  • 7 tetes Eucalyptus Radiata
  • 5 tetes Lemon
  • 3 tetes Frankincense
  • 3 tetes Lavender

Masukkan semuanya ke dalam botol roller ukuran 10ml. Kemudian, oleskan pada bagian dada dan pundak. Ini adalah resep essential oil untuk batuk pilek dewasa.

Resep 2

  • 1 tetes Lavender
  • 1 tetes RC

Resep kedua ini adalah pilihan aroma essential oil untuk batuk pilek bayi. Cukup oleskan ke dada.

Jadi, apakah kamu sudah punya stok essential oil untuk batuk pilek di atas?

Best Seller

Related Article