Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Tips Mudah dan Cepat Menghilangkan Stretch Mark

tips mudah dan cepat menghilangkan stretch mark

Stretch mark atau gurat peregangan merupakan masalah kulit yang kerap dialami wanita. Biasanya, gangguan kesehatan ini terjadi pada wanita baru melahirkan, kelebihan berat badan, atau remaja putri di masa pubertas.

Gurat peregangan muncul di beberapa bagian tubuh, seperti paha, payudara, dan perut. Seiring waktu, gurat-gurat halus tersebut makin memudar. Namun, wanita sering kali merasa kurang percaya diri dengan adanya garis beruntai pada kulit.

Lalu, apa penyebab munculnya gurat peregangan di kulit dan bagaimana menghilangkan stretch mark parah? Simak pembahasannya di bawah ini!

Penyebab Stretch Mark

penyebab stretch mark saat hamil
Sumber : Gooddoctor.co.id

Penyebab stretch mark saat hamil adalah pengenduran pada kulit. Level keparahannya ditentukan oleh faktor genetik dan kadar hormon kortisol.

Hormon kortisol merupakan hasil produksi kelenjar adrenal. Jika produksinya berlebihan, kulit akan kehilangan elastisitas.

Sementara itu, stretch mark pada remaja disebabkan oleh pertumbuhan terlalu cepat di masa pubertas. Dalam kondisi tersebut, kulit di bagian paha, pinggul, dan pantat mengalami peregangan.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami

apakah stretch mark yang sudah lama bisa hilang
Sumber : Spadibali.com

Beberapa jenis bahan alami dapat membantu menyamarkan gurat peregangan walaupun tidak cepat seperti krim dari dokter. Namun, proses ini tergolong aman dan tanpa efek samping.

Berikut ini beberapa tips menghilangkan gurat peregangan di kulit yang mengganggu penampilan kamu.

Oleskan Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung zat polifenol yang dapat meregenerasi kulit secara cepat. Selain itu, dalam minyak zaitun terkandung linoleic acid untuk mempertahankan kadar air pada kulit.

Dengan kelebihan tersebut, minyak zaitun efektif menghilangkan gurat peregangan pada kulit jika digunakan secara rutin. Kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok makan minyak zaitun dengan madu. Kemudian, oleskan ramuan itu ke bagian tubuh yang memiliki gurat-gurat peregangan.

Kompres dengan Madu

Madu alami mempunyai sifat menghidrasi kulit sekaligus melembapkan. Dalam madu juga terdapat antiseptik yang mampu mempercepat regenerasi sel. Itulah sebabnya, madu ampuh menyamarkan gurat-gurat peregangan di tubuh kamu.

Madu diaplikasikan dengan cara mengompreskan ke bagian tubuh yang terdapat gurat peregangan. Untuk meningkatkan fungsinya, kamu bisa mencampurkan madu dengan garam dan gliserin. Lalu, oleskan pada bagian gurat peregangan dan diamkan sampai kering.

Lakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan proses membuang sel kulit mati di permukaan terluar. Cara ini dianggap paling efektif menyamarkan gurat peregangan di kulit dalam waktu cepat.

Jika ingin terhindar dari efek samping, pastikan eksfoliasi dilakukan secara alami. Kamu bisa menggunakan alat pengangkat sel kulit mati, seperti sponge ataupun sikat.

Untuk bahan eksfoliasi, dapat menggunakan gula. Caranya, ambil satu sendok teh gula, lalu campurkan dengan minyak esensial. Kemudian, berikan beberapa tetes perasan lemon pada campuran bahan tersebut. Setelah tercampur rata, gosokkan ramuan ke bagian tubuh yang terdapat gurat peregangan.

Rawat dengan Krim Topikal

Fungsi utama krim topikal adalah menyembuhkan penyakit kulit yang disebabkan oleh gigitan serangga, dermatitis, atau eksim. Krim topikal juga dapat mengatasi gatal pada organ intim.

Kamu juga bisa memanfaatkan krim topikal ketika kulit tubuh memerah dan terasa gatal. Selain itu, krim topikal ampuh menyembuhkan stretch mark secara cepat.

Apakah stretch mark yang sudah lama bisa hilang hanya dengan mengoleskan krim topikal? Tentu saja; gurat peregangan parah sekalipun dapat disembuhkan menggunakan krim topikal. Pasalnya, krim ini mengandung bahan kortikosteroid, asam salisilat, dan retinoid yang mempercepat regenerasi kulit.

Oleskan Lidah Buaya

Sejak ratusan tahun lalu, lidah buaya digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Tanaman ini mudah ditemukan di Jazirah Arab, kawasan beriklim tropik, semi subtropik, dan kering.

Ciri utama lidah buaya, yaitu memiliki daging tebal dan berduri di tepinya. Jika tumbuh subur, lidah buaya berwarna hijau atau hijau keabuan. Namun, beberapa varietas lidah buaya diselimuti bintik putih pada batangnya.

Umumnya, tanaman lidah buaya tumbuh hingga ketinggian 60—100 cm. Sementara tinggi bunga lidah buaya mencapai 90 cm pada musim panas. Kamu bisa membudidayakan tanaman tersebut di dalam pot atau langsung di tanah.

Bagian lidah buaya yang sering dipakai untuk pengobatan adalah gelnya. Tekstur gel cenderung kenyal dan elastis. Warnanya putih bening—mirip cairan putih telur.

Gel lidah buaya itulah yang dapat digunakan untuk menghilangkan gurat peregangan. Caranya; keruk gel lidah buaya bagian tengah memakai sendok. Kemudian, oleskan ke kulit sampai merata. Agar nutrisinya terserap, diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas kulit yang diolesi lidah buaya hingga bersih.

Gosok dengan Perasan Air Lemon

Satu kerabat dengan keluarga sitrus, buah lemon memiliki kandungan vitamin C yang relatif tinggi. Namun, buah lemon kurang disukai untuk konsumsi langsung karena rasanya masam.

Buah lemon dibalut kulit berwarna kuning cerah. Biasanya, buah ini tumbuh subur di wilayah beriklim subtropik. Dengan pemeliharaan intensif, pohon buahnya dapat mencapai ketinggian enam meter.

Kamu bisa menemukan lemon dengan mudah di negara sekitar Laut Tengah, Spanyol, Portugal, Amerika Serikat, dan Argentina. Pasalnya, negara-negara tersebut memiliki suhu ideal sekitar 15—30 derajat Celsius. Menurut riset, suhu tersebut mendukung pertumbuhan pohon buah lemon secara maksimal.

Jika ingin memanfaatkan lemon untuk menghilangkan gurat peregangan, cukup oleskan air perasannya. Sebagian orang yang menggunakan ramuan ini merasakan perih saat kulitnya terkena air lemon. Namun, tenang saja; rasa perih tersebut pertanda zat-zat dalam lemon bekerja efektif.

Bagi kamu yang ingin cara praktis, coba gunakan minyak esensial lemon dari Young Living. Untuk menghilangkan gurat-gurat peregangan, oleskan 1—2 tetes minyak esensial lemon. Sambil mengoleskan, lakukan pemijatan kecil dan lembut di area yang terkena stretch mark, misalnya di perut dan paha.

Itulah beberapa cara menghilangkan stretch mark dengan bahan-bahan alami. Kendati tidak berbahaya, gurat peregangan dapat meninggalkan bekas di tubuh kamu—jika penanganannya kurang tepat. Karena itu, rawat tubuh kamu menggunakan minyak esensial mulai dari sekarang.

Kamu bisa memanfaatkan minyak esensial dari Young Living yang terbukti berkualitas. Yuk, beli essential oil Young Living sekarang dan segera pulihkan kulit sehatmu!

Best Seller

Related Article