Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Terbukti Ampuh, Ini Rekomendasi 9 Varian Essential Oil untuk Flu!

terbukti ampuh ini rekomendasi 9 varian essential oil untuk flu

Flu tergolong penyakit umum yang pernah dirasakan oleh hampir semua orang. Gejala berupa hidung tersumbat yang disertai batuk-batuk kecil atau demam ringan membuat siapa pun yang terkena penyakit ini merasa tak nyaman. Namun, sebelum meminum obat khusus atau memeriksakan diri ke dokter, kamu bisa mencoba cara yang lebih praktis dengan beristirahat dan mengandalkan pengobatan alami dengan essential oil.

Terbuat dari berbagai jenis tumbuhan dan bunga-bungaan herbal, essential oil untuk flu dapat meningkatkan imunitas sekaligus meredakan gejala flu yang menyerang. Simak cara menggunakan minyak esensial yang tepat agar khasiatnya dalam mengatasi flu bisa kamu rasakan segera!

Varian Essential Oil Terbaik untuk Redakan Flu

essential oil untuk flu dan batuk
Sumber : Envato.com

Untuk menggunakan minyak esensial sebagai pereda gejala flu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih varian yang tepat. Berikut adalah beberapa rekomendasi varian essential oil terbaik yang memiliki kandungan berkhasiat untuk meredakan flu dan sederet gejalanya.

1. Oregano

Tak hanya difungsikan sebagai bumbu masak, oregano juga termasuk essential oil untuk flu yang terbilang efektif. Kandungan antioksidan yang dimiliki varian ini dapat mengatasi gangguan pernapasan yang dirasakan saat flu sekaligus melindungi diri dari virus patogen.

2. Peppermint

Kamu mungkin sudah mengenal permen atau obat sirup yang melibatkan peppermint sebagai komposisi utamanya. Ternyata, ekstrak dari salah satu jenis tanaman mint ini dapat pula digunakan sebagai minyak esensial pereda flu dan batuk. Kandungan menthol yang dimilikinya membuat varian ini efektif menghilangkan hidung tersumbat dan menyegarkan saluran pernapasan. Dalam kadar aman, peppermint juga menjadi essential oil untuk flu bayi yang bisa diandalkan.

3. Sandalwood

Aroma sandalwood yang menguar kesan harum dan hangat sering digunakan sebagai campuran utama dalam berbagai jenis parfum. Jenis kayu yang banyak ditemukan di hutan-hutan Asia Tenggara dan Australia ini ternyata juga dapat diekstrak menjadi minyak esensial yang ampuh meredakan flu. Dengan kandungan antiseptik, astringen, dan antiradang, sandalwood langsung melegakan hidung tersumbat dan dada yang terasa sesak saat gejala flu menyerang.

4. Eucalyptus

Essential oil untuk flu dan batuk lainnya adalah eucalyptus. Pada tahun 2017, sebuah studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Mikrobiologi Internasional menemukan kandungan antivirus, antibakteri, dan antijamur dalam tiga campuran essential oil—salah satunya adalah eucalyptus. Menghirup ekstrak eucalyptus dalam botol minyak esensial tidak hanya mampu meredakan flu, tetapi juga bisa mencegah bronkitis dan sejumlah gangguan pernapasan lain yang lebih kronis.

5. Lemon

Aroma kuat yang ditimbulkan minyak esensial dengan ekstrak lemon terbukti dapat meningkatkan mood dan energi. Saat terserang flu, kamu bisa menggunakan varian essential oil ini untuk menghilangkan rasa lelah yang terkadang muncul bersamaan dengan gejala penyakit flu lainnya.

6. Lavender

Batuk dan hidung tersumbat yang dirasakan ketika flu sering membuat penderitanya kesulitan tidur. Jika hal ini terjadi, kamu bisa menggunakan lavender essential oil yang menciptakan efek nyaman dan relaks untuk beristirahat. Lavender juga bisa digunakan sebagai essential oil untuk flu anak karena khasiatnya yang cepat dirasakan.

7. Cinnamon Leaf

Yang tak kalah ampuh sebagai essential oil untuk flu adalah daun kayu manis atau cinnamon leaf. Varian ini memiliki kandungan phenylpropanoids yang cukup tinggi sehingga dapat berperan sebagai antivirus, antiradang, antibakteri, dan antispasmodic secara bersamaan. Saat dimasukkan ke dalam air diffuser, minyak esensial cinnamon leaf juga akan membunuh mikroba dan bakteria yang berkeliaran di udara.

8. Ginger Root

Ekstrak akar jahe atau ginger root yang terdapat di dalam kandungan essential oil merupakan bahan alami pereda flu dan sakit tenggorokan. Efek yang ditimbulkan saat kamu menghirup varian minyak esensial ini hampir sama ketika meminum ramuan tradisional pereda flu yang terbuat dari campuran lemon, madu, dan akar jahe.

9. Rosemary

Rosemary tidak hanya berguna sebagai pelengkap beberapa sajian beraroma rempah. Tumbuhan ini juga dapat diekstrak menjadi minyak esensial yang berkhasiat meredakan gejala flu. Ketika dihirup, rosemary essential oil akan segera bekerja untuk menyegarkan saluran pernapasan, melegakan hidung tersumbat, dan meningkatkan sistem imun di dalam tubuh.

Tips Penggunaan Essential Oil untuk Atasi Gejala Flu

essential oil untuk flu bayi
Sumber : Envato.com

Agar tepat guna, pemakaian essential oil untuk flu harus mengikuti prosedur yang dianjurkan. Dalam hal ini, ada tiga cara efektif yang bisa kamu pilih:

·  Melarutkan ke dalam diffuser

Menghirup essential oil melalui air diffuser dapat menetralkan saluran pernapasan sekaligus membunuh virus-virus penyebab flu yang bersarang di sana. Cara ini juga terbilang paling efektif karena aerosol minyak esensial yang keluar dari diffuser dapat berperan sebagai antiseptik yang membersihkan udara di dalam ruangan.

·  Menghirup langsung dari botolnya

Jika tidak memiliki diffuser, khasiat essential oil dalam meredakan flu juga bisa diperoleh dengan menghirup secara langsung dari botolnya. Cara ini cocok digunakan untuk varian beraroma lembut dan tidak terlalu tajam, seperti lavender dan cinnamon.

·  Meneteskan ke bak mandi

Sambil beristirahat dan menenangkan diri, kamu bisa mandi air hangat dan memasukkan beberapa tetes minyak esensial pilihan ke dalam bak mandi. Perpaduan efek essential oil dan air hangat yang menenangkan akan bisa meredakan gejala flu yang kamu rasakan. Namun, jika memilih cara ini, pastikan dulu jika kulitmu bukan termasuk jenis kulit sensitif yang mudah memerah atau terkena iritasi.

Info Tambahan: Efek Samping dan Hal Lain yang Harus Diperhatikan

essential oil untuk flu anak
Sumber : Envato.com

Terkait efek samping dan petunjuk penggunaan yang aman, berikut adalah beberapa poin penting yang harus diperhatikan ketika kamu menggunakan essential oil untuk flu batuk:

  1. Jika kamu memiliki kulit sensitif, mengoleskan minyak esensial langsung pada kulit mungkin akan menimbulkan efek terbakar atau iritasi. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa mengakalinya dengan melarutkan essential oil terlebih dahulu dengan minyak pelarut atau carrier oil.
  2. Menghirup aroma essential oil secara berlebihan dan dalam waktu yang lama bisa membuatmu merasa pusing. Jadi, pastikan untuk menggunakan minyak esensial dalam waktu terbatas dan dengan takaran secukupnya.
  3. Beberapa jenis essential oil tidak cocok digunakan untuk meredakan flu dan batuk yang diderita bayi atau anak-anak. Tanyakan hal ini pada praktisi kesehatan anak atau ahli aromaterapi sebelum kamu menggunakan minyak esensial untuk mengobati gejala flu si kecil.

Demikian informasi mengenai serba-serbi essential oil untuk flu, mulai dari varian yang direkomendasikan hingga petunjuk penggunaan yang aman. Dengan beragam khasiat yang ditawarkan, minyak esensial bisa menjadi alternatif pencegahan dan pengobatan flu secara alami. Jika lain kali kamu terserang flu, metode pengobatan natural dengan essential oil tentu menjadi hal yang patut dicoba.

Best Seller

Related Article