Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Selalu Rewel Saat Malam Hari? Gunakan Aromaterapi untuk Bayi Ini!

Selalu Rewel Saat Malam Hari Gunakan Aromaterapi untuk Bayi Ini!

Beberapa waktu belakangan penggunaan minyak essensial untuk aromaterapi cukup populer di berbagai kalangan. Apalagi banyak penelitian menyebutkan bahwa selain memberi efek relaksasi, beberapa essential oil juga memiliki efek positif pada kesehatan serta kecantikan.

Mungkin hal inilah yang membuat beberapa orang tua menggunakan minyak aromaterapi untuk menenangkan bayi yang rewel. Tapi sebaiknya langkah ini dilakukan dengan aturan khusus. Tidak seperti orang dewasa, penggunaan minyak essensial pada bayi yang sembrono justru akan menimbulkan masalah kesehatan.

Menurut American Association of Naturopathic Physicians, minyak essensial sebaiknya tidak digunakan untuk bayi di bawah usia tiga bulan. Penyebabnya ada dua, pertama, minyak essensial dapat memengaruhi kemampuan bayi dalam mengeksplorasi indra penciuman mereka.

Pada umur tersebut sebaiknya bayi mencium aroma yang familier seperti ASI ibunya. Kedua, minyak essensial yang terkandung pada kebanyakan aromaterapi dapat merusak kulit bayi baru lahir atau bahkan menimbulkan alergi karena pada umur tersebut kulit bayi masih lembut dan rapuh.

Jadi sebelum menggunakan aromaterapi untuk bayi, pastikan usia buah hati telah melewati angka tiga bulan.

Manfaat Minyak Essensial dan Aromaterapi untuk Bayi

aromaterapi untuk bayi tidur nyenyak
Sumber : Sehatq.com

Pada orang dewasa, minyak essensial memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan fisik ataupun psikis. Lalu, apa saja manfaat aromaterapi untuk bayi? Berikut ulasannya,

1. Membunuh Bakteri dan Kuman

Bayi cukup rentan terserang penyakit dan infeksi akibat bakteri atau kuman. Untuk meminimalisasi dampak negatifnya, kamu bisa memanfaatkan larutan minyak essensial dan air bersih untuk membersihkan peralatan dan menyemprot bantal, pakaian, serta selimut yang digunakan oleh bayi.

2. Membantu Bayi Tidur Lebih Nyenyak

Saat malam hari bayi juga mudah gelisah dan tidak nyaman karena berbagai faktor. Untuk menenangkan mereka, kamu bisa menggunakan diffuser yang telah ditetesi minyak essensial atau aromaterapi agar tidur bayi lebih nyenyak dan lelap.

3. Mencegah Gigitan Nyamuk dan Serangga

Saat tidur bayi kerap menjadi korban gigitan nyamuk dan serangga. Untuk mencegahnya, gunakan minyak essensial lavender yang tidak hanya dapat membuat segala jenis serangga menjauh tetapi juga memberikan efek relaksasi sehingga tidur bayi lebih tenang.

4. Meredakan Nyeri Otot pada Bayi

Meskipun gerakannya terbatas, bayi juga bisa mengalami nyeri otot loh. Biasanya hal itu disebabkan oleh kesalahan posisi saat menggendong atau ketika mereka melakukan gerakan yang belum bisa dilakukan. Biasanya bagian yang nyeri akan hangat dan menimbulkan demam yang tentu saja membuat tidur bayi kurang nyaman.

Jika hal ini terjadi, jangan ragu untuk mengoleskan campuran minyak essensial dan minyak kelapa pada bagian yang sakit sambil melakukan pijatan lembut. Hal ini dilakukan agar bayi lebih tenang dan bisa berfungsi juga sebagai aromaterapi untuk bayi tidur nyenyak.

Cara Aman Menggunakan Essential Oil untuk Bayi

aromaterapi untuk bayi
Sumber : Moslemlifestyle.com

Untuk mendapatkan manfaat maksimal aromaterapi dan minyak essensial, berikut tips menggunakan essential oil yang aman,

  1. Jangan gunakan diffuser apabila sejak lahir bayi telah didiagnosa memiliki penyakit pernafasan bawaan seperti asma atau bronkitis.
  2. Jumlah aman penggunaan minyak essensial untuk bayi menurut NAHA (National Association for Holistic Aromatherapy) adalah 0,5% hingga 2,5%.
  3. Pastikan agar minyak essensial atau aromaterapi tidak terhirup apalagi termakan oleh bayi.
  4. Sebaiknya hindari penggunaan aromaterapi untuk bayi yang mengandung thyme, oregano, serai, kayu manis, jintan, dan lemon.
  5. Jangan oleskan minyak essensial langsung ke kulit bayi. Kamu bisa mencampurkannya terlebih dahulu dengan minyak dari bunga matahari atau kelapa untuk mencegah efek alergi pada kulit bayi.

Aromaterapi Young Living untuk Bayi

penggunaan aromaterapi untuk bayi
Sumber : Youtube.com

Di Indonesia, salah satu produsen minyak essensial berkualitas adalah Young Living. Perusahaan ini telah mengeluarkan banyak sekali produk yang terbuat dari 100% bahan alami dan memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan orang dewasa ataupun bayi.

Setidaknya ada tiga produk Young Living yang bisa dipakai dan cocok untuk anak-anak termasuk yang berusia di bawah satu tahun atau masih bayi. Berikut ulasannya,

1. RC Young Living Essential Oil

RC Young Living merupakan minyak essensial blend atau memiliki kandungan beberapa bahan alami seperti eucalyptus gabulus, myrtle, pine, marjoram, lavender, cypress, peppermint, dan masih banyak lagi. Semua bahan terjamin keamanannya untuk digunakan pada bayi.

Kandungan yang melimpah tentu saja membuat minyak essensial Young Living ini memiliki manfaat yang melimpah pula. RC Essential Oil dikenal sangat berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit seperti batuk dan pilek yang kerap dialami bayi dan anak-anak.

Agar hasilnya maksimal, aplikasikan RC Young Living Essential Oil pada telapak kaki setelah sebelumnya dilarutkan dulu bersama carrier oil agar aman untuk kulit bayi. Hindari daerah hidung dan mulut supaya bayi bisa terhindar dari risiko terhirup atau termakan.

2. Lavender Essential Oil

Sebuah studi menyebutkan bahwa selain bisa mencegah gigitan serangga, lavender juga dapat meredakan kolik, ruam akibat popok, hingga mengurangi nyeri ketika bayi selesai disuntik atau diambil darahnya. Sama seperti RC Young Living, Lavender Essential Oil juga butuh carrier oil ketika akan dioleskan ke kulit bayi.

Selain efek fisik, lavender juga dapat menenangkan psikis anak sehingga ketika malam hari tidur mereka kurang nyaman, aroma yang dihasilkan minyak aromaterapi ini dapat membuat bayi lebih tenang dan lelap tidurnya.

3. Chamomile Essential Oil

Sejak dulu chamomile memang dikenal sebagai salah satu ramuan tradisional yang dapat mengobati insomnia baik pada bayi maupun orang dewasa. Untuk menggunakannya, kamu bisa mencampurkan beberapa tetes Chamomile Young Living Essential Oil pada air yang digunakan untuk memandikan bayi.

Kamu juga bisa memanfaatkan diffuser untuk menghadirkan ruangan yang nyaman sekaligus bebas bakteri serta virus menggunakan campuran air dan beberapa tetes Chamomile. Tapi jika menggunakan diffuser, pastikan bayi tidak memiliki penyakit asma dan jarak diffuser dengan tempat tidur mereka cukup jauh.

Seperti halnya orang dewasa, bayi juga membutuhkan tidur cukup agar perkembangan otak serta fisiknya maksimal. Jadi meskipun bayi rewel saat malam hari adalah hal lumrah, jangan biarkan hal tersebut terjadi setiap malam dengan cara menggunakan minyak aromaterapi untuk bayi sebagaimana ulasan di atas.

Semoga bermanfaat.

Best Seller

Related Article