Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Sehatkan Tubuh dan Kulit dengan Lavender Essential Oil

sehatkan tubuh dan kulit dengan lavender essential oil

Lavender essential oil merupakan salah satu varian minyak esensial yang paling banyak digunakan karena memiliki beragam khasiat. Manfaat yang ditawarkan varian ini tidak hanya berdampak positif pada kesehatan tubuh, tetapi juga pada kecantikan dan kesehatan kulit. Bahkan, saat digunakan sebagai campuran aromaterapi, minyak esensial lavender efektif menghilangkan rasa cemas bagi pengidap ansietas maupun depresi.

Kandungan Lavender Essential Oil

lavender essential oil beli dimana
Sumber : Verywellmind.com

Lavender essential oil dihasilkan dari tanaman lavender atau lavendel (Lavandula angustifolia) yang melalui proses distilasi hingga membentuk minyak esensial. Minyak esensial lavender dipercaya dapat menjadi solusi alternatif untuk berbagai masalah kesehatan, mulai dari insomnia, alergi, hingga depresi. Efek relaksasi yang dimilikinya dapat pula meringankan rasa sakit saat menstruasi.

Keamanan lavender essential oil untuk rambut dan kulit juga membuat varian minyak esensial ini sering menjadi campuran dalam produk kosmetik. Menurut berbagai penelitian, lavender dalam bentuk minyak esensial memiliki kemampuan untuk menyehatkan kulit, meredakan gejala alergi, dan membantu penyembuhan penyakit eksim.

Segudang khasiat yang dimiliki minyak esensial lavender tak dapat dipisahkan dari kandungannya yang kaya manfaat. Minyak esensial yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan ini mengandung zat antiradang, antiseptik, antimikroba, antibakteri, dan antidepresan. Penggunaan lavender sebagai aromaterapi juga akan menciptakan efek sedatif, analgesik, dan detoksifikasi yang dapat membuat tubuh menjadi lebih relaks dan sehat.

Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

lavender essential oil manfaat
Sumber : Utamaspicebali.com

Ada banyak manfaat lavender essential oil yang dapat kamu rasakan, terutama dalam hal meningkatkan kesehatan tubuh dan kulit. Berikut adalah beberapa manfaat yang ditawarkan minyak esensial ini saat kamu menggunakannya secara rutin.

1.    Mengatasi Insomnia dan Meningkatkan Kualitas Tidur

Jika kamu sering sulit tidur di malam hari dan merasa kelelahan saat terbangun di pagi hari, menghirup minyak esensial lavender di waktu tidur bisa dijadikan salah satu solusi. Lavender yang dilarutkan di dalam diffuser dapat membantumu tidur lebih cepat, meningkatkan kualitas tidur, serta mengoptimalkan waktu istirahatmu. Kamu pun akan terbangun dengan kondisi yang lebih segar dan semangat saat keesokan harinya,

2.    Meredakan Rasa Cemas dan Stres Berlebih

Berbagai studi yang dilakukan oleh banyak pihak menunjukkan bahwa lavender essential oil mampu meredakan rasa cemas dan menghilangkan stres yang berlebihan. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah bidang Physiology and Behavior membuktikan hal ini.

Penelitian yang terbilang unik tersebut melibatkan kurang lebih 200 orang partisipan yang mengunjungi ruang tunggu sebuah klinik dokter gigi. Penggunaan minyak esensial lavender di ruangan yang diteliti menghasilkan suatu temuan positif. Faktanya, sebagian besar partisipan yang menghirup aroma lavender merasakan kecemasan yang berkurang dan mood yang meningkat meskipun mereka harus menunggu dalam waktu yang cukup lama.

Sejumlah penelitian klinis maupun psikologis mengenai minyak esensial lavender bermuara pada satu simpulan: minyak esensial ini memang terbukti memiliki efek terapeutik yang menenangkan. Oleh karena itu, penggunaannya sering direkomendasikan untuk mengurangi rasa cemas, stres, dan gelisah pada pasien pengidap depresi.

3.    Mengurangi Jerawat

Minyak esensial lavender memiliki kandungan antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi risiko penyebaran jerawat yang lebih luas di area wajah. Kandungannya bekerja dengan membuka pori-pori wajah sehingga menghindari penyumbatan sebum berlebih. Selain itu, kandungan antiradang yang dimiliki minyak esensial ini juga dapat mengurangi jerawat yang meradang atau kemerahan.

Untuk mencegah jerawat meluas, campurkanlah beberapa tetes minyak esensial lavender dengan minyak kelapa sebagai pelarut. Oleskan merata ke seluruh bagian wajah setelah kamu mencuci wajah di malam hari. Biarkan hingga mengering, lalu bilas dan keringkan dengan handuk bersih.

Sementara itu, untuk jerawat aktif yang membandel, kamu bisa mencampurkan minyak lavender dan minyak argan sebagai acne spot gel rumahan. Oleskan langsung pada jerawat dan gunakan dua kali sehari, umumnya saat pagi dan malam.

4.    Melembapkan Kulit Kering dan Eksim

Eksim dapat muncul di bagian kulit mana pun, terutama jika kamu memiliki kulit yang kering. Saat eksim menyerang, kulitmu akan terasa lebih kering, bahkan menjadi kasar dan gatal.

Di saat inilah lavender essential oil Young Living bisa kamu andalkan. Minyak esensial ini memiliki kandungan antifungal dan antiradang yang dapat mengurangi peradangan kulit akibat eksim.

Campurkan dua tetes minyak esensial lavender, dua tetes tea tree oil, dan dua sendok teh minyak kelapa sebagai obat oles. Gunakan campuran tersebut setiap hari dengan cara mengoleskannya pada bagian kulit yang terkena eksim. Kulit yang iritasi dan kemerahan akibat yang disebabkan alergi atau gejala psoriasis juga bisa diatasi dengan menggunakan campuran ini.

5.    Mengobati Sakit Kepala

Merasakan kepala berdenyut-denyut? Atau terganggu dengan sakit kepala sebelah? Cobalah untuk menenangkan diri dan menghirup uap lavender dari diffuser. Sebuah penelitian klinis yang dilakukan di Swiss pada tahun 2012 menemukan bahwa cara ini dapat menjadi pertolongan pertama bagi penderita sakit kepala.

Penelitian tersebut melibatkan 47 orang pasien penderita migrain yang ditangani dengan sesi aromaterapi menggunakan minyak lavender selama 15 menit. Efeknya ternyata cukup mengejutkan. Dapat disimpulkan jika menghirup aroma lavender selama 15-30 menit dapat menghilangkan rasa sakit kepala dan mengurangi kondisi yang lebih parah jika rasa sakitnya muncul kembali.

Cara Menggunakan Lavender Essential Oil

lavender essential oil young living
Sumber : Healthshot.com

Lavender essential oil lebih sering digunakan dalam diffuser sebagai campuran aromaterapi yang dapat menghasilkan efek relaksasi ketika dihirup. Namun, minyak esensial varian ini juga aman digunakan pada kulit untuk menyehatkan dan mengatasi berbagai masalah kulit yang kerap muncul.

Karena memiliki konsentrasi yang tinggi, pastikan untuk selalu mencampur minyak lavender dengan minyak pelarut sebelum menggunakannya pada kulit. Jika kamu ingin mengobati bagian kulit yang bermasalah—karena jerawat aktif maupun eksim—gunakanlah kapas sebagai media yang lebih higienis. Namun, untuk merawat atau melembapkan kulit normal, campuran minyak esensial dapat dioleskan langsung menggunakan tangan.

Demikian ulasan mengenai lavender essential oil beserta segudang manfaat dan cara yang tepat untuk menggunakannya. Setelah mengetahui khasiatnya yang beragam, jangan lupa selalu sedia minyak lavender di rumah, ya! Kamu bisa merasakan manfaat dari minyak beraroma khas ini untuk menyehatkan tubuh dan kulit atau sekadar menikmati efek relaksasi yang dihasilkannya.

Best Seller

Related Article