Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Rekomendasi Populer: Essential Oil untuk Tidur Nyenyak

rekomendasi populer essential oil untuk tidur nyenyak

Kualitas tidur bisa memengaruhi kesehatan dan suasana hati. Oleh sebab itu, menjaga agar senantiasa mendapatkan kualitas tidur yang baik adalah salah satu cara untuk menciptakan hidup sehat nan bahagia. Lantas, bagaimana jika kamu mengalami gangguan tidur, seperti jam tidur tidak teratur atau cenderung larut, sering terbangun, dan lainnya. Maka, kamu wajib mencari langkah penanganannya segera.

Salah satu cara terbaik buat meningkatkan kualitas tidur yang sudah ada sejak berabad-abad dahulu adalah dengan memanfaatkan essential oil. Nah, mau tahu varian essential oil untuk tidur nyenyak? Mari lanjutkan membaca!

Mengenal Essential Oil

essential oil untuk bayi tidur nyenyak
Sumber : Envato.com

Bila ini kali pertama bagi kamu buat mencoba essential oil, ada baiknya mengetahui apa pengertian dan manfaatnya. Sehingga, kamu bisa benar-benar yakin bahwa produk yang akan kamu coba ini aman dan bermanfaat buat kesehatan.

Pengertian

Essential oil (atau juga dikenal dengan istilah minyak asiri) merupakan minyak dengan aroma wewangian khas yang dihasilkan dari proses pengolahan mekanis atau distilasi uap bahan-bahan alami, seperti bunga, rempah, daun, kulit kayu, akar, buah dan sebagainya. Sehingga, boleh dikatakan kalau pemakaian minyak ini 100% aman buat manusia.

Melimpahnya keanekaragaman tumbuhan di alam memberikan peluang diciptakannya lebih banyak varian minyak esensial. Contohnya saja, Young Living sebagai salah satu produsen sekaligus distributor essential oil tersohor dunia telah memasarkan setidaknya 86 varian oil, misal Angelica, Basil, Bergamot, dan lainnya.

Manfaat dan Kegunaan

Tergolong sebagai bahan herbal membuat essential oil sangat digandrungi banyak orang. Umumnya, mereka menggunakan minyak asiri ini sebagai bibit parfum, media aromaterapi, dan bahan dasar produk kecantikan.

Bukan hanya itu, ragam manfaat yang ditawarkannya pun sungguh menggiurkan. Namun, tentunya manfaat ini didapatkan dengan cara berproses atau dengan kata lain tidak secara instan. Lantas, apa saja khasiatnya?

  1. Mengurangi rasa cemas atau stres.
  2. Menghadirkan rasa tenang sehingga meningkatkan
  3. Mengatasi insomnia (penyakit gangguan tidur).
  4. Mengobati gejala batuk dan pilek.
  5. Melembapkan kulit.
  6. Membasmi ketombe.
  7. Meningkatkan konsentrasi.
  8. Meredakan inflamasi otot.
  9. Menghilangkan bau mulut.
  10. Memperbaiki masalah pencernaan.

Sebenarnya, masih banyak lagi manfaat dari essential oil bagi penggunanya. Namun, mesti diingat bahwa kebaikan-kebaikan tersebut tidak hanya didapat dari satu varian minyak saja ya. Mengapa? Karena masing-masing varian minyak asiri memiliki karakter, aroma, dan khasiat berbeda-beda. Untuk itu, kamu perlu mempelajarinya lebih lanjut.

Jadi, apa saja varian dan resep essential oil untuk tidur nyenyak?

Ini Dia, 10 Varian Essential Oil buat Kamu Tidur Nyenyak!

campuran essential oil untuk tidur nyenyak
Sumber : Envato.com

Penuhi ruanganmu dengan aroma manis dari pilihan minyak esensial berikut sebelum pergi tidur di malam hari.

Lavender

Aromanya yang khas wewangian bunga Lavender (Lavandula angustifolia) menyebarkan kesegaran, keindahan, sekaligus ketenangan ketika kamu menghirupnya. Itulah mengapa Lavender menjadi pilihan minyak esensial paling populer buat penderita gangguan tidur.

Cedarwood

Pilihan berikutnya adalah minyak ekstraksi dari kayu cedar. Minyak ini telah terbukti sebagai bahan aromaterapi terbaik buat mengatasi masalah tidur dalam banyak jurnal penelitian, seperti Journal of Physiological Anthropology, Evidence-based and Complementary Alternative Medicine, dan sebagainya.

Bergamot

Bergamot atau bitter orange punya nama ilmiah Citrus bergamia. Jadi, tidak mengherankan jika kamu akan mencium aroma citrus yang segar sekaligus menenangkan saat menggunakan Bergamot essential oil ini. Apa yang lebih menenangkan dibanding tidur sambil menghirup aroma segar jeruk?

Roman Chamomile

Varian selanjutnya adalah hasil penyulingan dari tumbuhan Roman chamomile atau dikenal juga dengan Anthemis nobilis, English chamomile, dan ground apple. Wewangian utama yang bakal tercium saat menggunakan Roman chamomile ini adalah aroma herba percampuran kesegaran apel. Raksi ini, kemudian, menciptakan kehangatan dan kelembutan suasana sekitar.

Sacred Sandalwood

Pemakaian aroma kayu cendana (sandalwood) sudah menjadi tradisi keagamaan bagi masyarakat di beberapa negara, khususnya India. Wewangian khas yang dikeluarkan oleh Sacred Sandalwood Essential Oil ini menawarkan relaksasi, penjernihan pikiran, dan kehangatan. Itulah mengapa menjadi opsi terbaik sebagai aromaterapi untuk tidur.

Marjoram

Dihasilkan dari daun origanum majorana—tanaman asli dari negara-negara Mediterania yang tumbuh subur di Turki dan Siprus—memberikan efek relaksasi kepada penggunanya saat difungsikan sebagai media pijat ataupun aromaterapi. Ya, aroma segarnya memang tak tergantikan.

Ylang Ylang

Aroma Ylang Ylang (bunga kenanga) yang romantis bisa memperbaiki mood, meredakan emosi, dan meningkatkan aliran darah. Jadi, hadirkan suasana manis nan hangat di kamar kamu dengan aroma floral-nya sehingga kamu bisa tidur dengan lebih baik lagi.

Frankincense

Frankincense Essential Oil terbuat dari getah pohon Boswellia (boswellia carterii) yang terkenal dengan resin harumnya. Aromanya mampu meringankan kecemasan yang umumnya diderita oleh si penderita gangguan tidur. Oleh karena itulah, frankincense menjadi pilihan tepat buat meningkatkan kualitas tidur yang buruk.

Valerian

Varian selanjutnya adalah Valerian Essential Oil, produk yang dihasilkan dari proses distilasi uap akar valerian (Valeriana officinalis). Aroma alaminya menjernihkan pikiran dan menciptakan suasana damai. Sangat cocok sebagai pengantar tidur, bukan?

Lime

Varian terakhir adalah Lime Essential Oil. Meski sama-sama menyebarkan aroma citrus, pilihan lime ini berbeda dengan Bergamot Essential Oil sebelumnya. Wewangian segar jeruk nipis bakal mengisi ruang tidur kamu dengan nuansa hangat nan energik. Selain itu, senyawa citrus-nya juga ampuh digunakan sebagai antivirus. Itulah mengapa varian ini cocok dipakai sebagai essential oil untuk bayi tidur nyenyak.

Kombinasi Essential Oil Paling Mujarab buat Tidur Makin Nyenyak

resep essential oil untuk tidur nyenyak
Sumber : Envato.com

Agar kesepuluh pilihan aroma di atas bekerja maksimal, kamu sebaiknya menggunakannya sebagai aromatik ruangan. Tidak hanya menggunakan single oil saja, kamu juga harus pintar mengombinasikan aroma dari pilihan-pilihan di atas.

Beberapa campuran essential oil untuk tidur nyenyak berikut bisa jadi pedoman.

Resep 1

  • 2 tetes Roman Chamomile
  • 4 tetes Cedarwood
  • 4 tetes Lavender

Resep 2

  • 3 tetes Lavender
  • 3 tetes Cedarwood

Resep 3

  • 3 tetes Lavender
  • 3 tetes Bergamot
  • 1 tetes Valerian

Resep 4

  • 3 tetes Marjoram
  • 3 tetes Bergamot
  • 3 tetes Cedarwood

Resep 5

  • 4 tetes Lime
  • 2 tetes Lavender
  • 2 tetes Cedarwood

Resep 7

  • 2 tetes Ylang Ylang
  • 2 tetes Frankincense
  • 2 tetes Bergamot
  • 2 tetes Valerian
  • 2 tetes Marjoram

Diffuse resep tertera selama tiga puluh menit, tiga kali sehari buat hasil optimal.

Itulah tadi rekomendasi populer essential oil untuk tidur nyenyak yang wajib dicoba bagi kamu si penderita insomnia.

Best Seller

Related Article