Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Rambut Panjang dan Sehat dengan 7 Racikan Minyak Esensial untuk Rambut

Rambut Panjang dan Sehat dengan 7 Racikan Minyak Esensial untuk Rambut

Memiliki rambut panjang dan sehat menjadi salah satu hal yang selalu diinginkan kaum hawa. Persepsi rambut sebagai mahkota wanita agaknya menjadi alasan utama banyak perempuan merawat dan menjaga kesehatan serta keindahan rambutnya. Berbagai cara pun kerap dicoba untuk mendapatkan rambut cantik nan sehat yang diinginkan.

Namun, apakah kamu pernah mencoba menggunakan minyak esensial untuk rambut? Popularitas likuid yang terbuat dari ekstrak tumbuhan herbal dan bunga-bungaan ini memang tengah menanjak naik selama beberapa tahun belakangan. Publik pun berbondong-bondong menggunakannya untuk tujuan yang beragam.

Selain menghadirkan efek aromaterapi dan mengatasi sejumlah gejala penyakit ringan, minyak esensial ternyata punya khasiat untuk kecantikan. Salah satunya menjaga rambutmu terlihat indah, panjang, dan sehat.

Manfaat Minyak Esensial untuk Rambut

manfaat minyak esensial untuk rambut
Sumber : Envato.com

Manfaat minyak esensial untuk rambut cukup bervariasi. Tak hanya menyehatkan dan mengurangi kerusakan, penggunaan essential oil secara rutin juga akan membuat rambutmu terlihat lebih indah. Berikut adalah beberapa manfaat yang dimiliki minyak esensial bagi mahkota para wanita.

  • Melembutkan rambut kering, kasar, dan sering kusut
  • Mengatasi rambut lepek dan berminyak
  • Menghitamkan rambut yang telah beruban
  • Mengurangi ketombe
  • Mengobati jerawat di kepala
  • Mengurangi rambut rontok dengan menguatkan akar rambut
  • Melancarkan aliran darah di kulit kepala
  • Mencegah dan mengatasi rambut bercabang
  • Menyuburkan rambut
  • Mengobati kulit kepala kering dan sering mengelupas

Tips Aman Menggunakan Minyak Esensial untuk Rambut

minyak esensial untuk rambut panjang
Sumber : Envato.com

Saat menggunakan minyak esensial untuk rambut, kamu juga harus memastikan setiap langkah penggunaannya terjamin aman dan tidak membahayakan, apalagi sampai merusak rambutmu. Ikuti beberapa tips praktis berikut agar kamu bisa memakai essential oil pada rambut secara lebih aman.

  1. Kamu dapat menggunakan minyak esensial pada rambut dengan beberapa cara, yakni dipijat, dioleskan, maupun dicampurkan dengan sampo atau kondisioner. Pilihlah cara yang sesuai dengan kebutuhan serta kerusakan rambut yang ingin diperbaiki.
  2. Minyak esensial dengan kadar kemurnian yang tinggi harus dicampur dengan minyak pelarut atau carrier oil. Jadi, pastikan kamu memilih varian essential serta carrier oil yang bahan utamanya aman bagi kulit kepala.
  3. Beberapa varian minyak esensial dapat menimbulkan gejala alergi seperti gatal-gatal, kemerahan, hingga ruam dan bengkak. Untuk menghindari gejala-gejala tersebut, kamu bisa mengecek minyak yang akan digunakan di punggung tangan sebelum mengaplikasikannya ke kulit kepala. Oleskan sedikit minyak yang akan dites di area punggung tangan dan tunggu selama 24 jam. Jika tidak terjadi reaksi apa pun, minyak tersebut aman untuk perawatan kulit kepala dan rambutmu.

Racikan Minyak Esensial agar Rambut Panjang dan Sehat

minyak untuk rambut kering
Sumber : Envato.com

Dari sekian banyak varian yang tersedia di pasaran, memilih minyak esensial untuk rambut panjang bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Namun, jangan khawatir dulu, kamu bisa mulai dengan menggunakan sejumlah pilihan racikan minyak esensial di bawah ini. Rekomendasinya dibuat khusus untuk menyehatkan, memperindah, serta mengatasi berbagai masalah rambut.

1. Lavendel dan Minyak Zaitun

Dalam kasta varian essential oil, bunga lavendel menempati posisi teratas. Jenis minyak esensial ini dikenal dengan efeknya yang menenangkan dan dapat mengurangi stres maupun ansietas.

Lavendel juga bisa menjadi pilihan untuk menjaga kecantikan rambutmu, terutama jika kamu menginginkan rambut yang panjang dan lebat. Campuran minyak lavendel dan minyak zaitun sebagai carrier oil dipercaya dapat mempercepat pertumbuhan rambut baru. Kandungan antibakteri dan antimikroba yang dimilikinya juga akan menyehatkan kulit kepala.

2. Rosemary

Ingin rambut yang tebal dan sehat? Gunakan saja racikan rosemary sebagai minyak esensial untuk rambut indah impianmu. Varian essential oil ini memiliki kandungan serupa layaknya minoxidil, komposisi utama produk penebal serta penumbuh rambut. Penggunaan minyak rosemary selama dua kali sepekan efektif menebalkan rambutmu tanpa ada efek gatal pada kulit kepala.

3. Tea Tree Oil

Tea tree oil merupakan varian minyak esensial yang dikenal sebagai senjata ampuh untuk mengobati dan menenangkan kulit berjerawat. Ternyata, khasiatnya juga dapat bekerja dengan baik saat diaplikasikan di kulit kepala.

Kamu hanya perlu mencampurkan 10 tetes tea tree oil ke dalam sampo yang biasa digunakan. Penggunaan rutin setiap kali keramas akan membersihkan area kulit kepala dengan lebih menyeluruh. Folikel-folikel pun akan terbuka sumbatannya sehingga pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat.

4. Cendana dan Bunga-Bungaan

Jika memiliki rambut yang cenderung kering dan kasar, kamu bisa menggunakan racikan minyak untuk rambut kering. Varian minyak yang ampuh atasi masalah ini adalah minyak cendana atau sandalwood. Kamu juga bisa mengombinasikannya dengan beberapa varian yang terbuat dari ekstrak bunga-bungaan, seperti mawar atau geranium.

5. Bergamot

Bergamot adalah minyak esensial untuk rambut yang memiliki beragam kegunaan. Salah satu khasiat utamanya adalah mempercepat pertumbuhan rambut secara alami. Dengan menggunakan racikan dari minyak esensial ini, rambutmu akan terlihat panjang dan tebal dalam waktu yang relatif lebih singkat dari pertumbuhan rambut biasanya.

Khasiat bergamot tak cukup sampai di situ. Ekstrak buah yang masuk ke dalam keluarga jeruk ini juga mengandung senyawa antimikroba yang dapat mengurangi iritasi kulit kepala dan menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan.

6. Cedarwood

Racikan cedarwood bekerja menyehatkan rambutmu dengan cara menyeimbangkan intensitas produksi kelenjar minyak. Hasilnya, pertumbuhan rambut dapat berjalan lebih cepat, kerontokan pun dapat dicegah secara lebih efektif.

Cedarwood juga memiliki kandungan antibakteri yang dapat mengurangi ketombe. Jadi, beberapa masalah rambut yang umum terjadi bisa diatasi dengan meracik cedarwood dan carrier oil untuk memijat kulit kepala.

7. Peppermint

Varian lain yang memiliki kemampuan memanjangkan dan menebalkan rambut adalah peppermint. Kamu bisa menggunakan dua tetes peppermint dan carrier oil untuk memijat-mijat kulit kepala sebelum keramas. Diamkan lima menit, lalu bilas sisa-sisa minyak di kepala dengan sampo dan kondisioner seperti keramas biasa. Penggunaan jenis minyak ini dapat merangsang pertumbuhan rambut sekaligus memperdalam folikel di kulit kepala.

Sejumlah rekomendasi racikan minyak esensial untuk rambut di atas bisa menjadi salah satu alternatif untuk dapatkan tampilan mahkota wanita yang cantik tanpa cela. Dengan begitu, keindahan rambut panjang dan sehatmu bisa lebih terpancar dengan lebih sempurna. Selamat mencoba!

Best Seller

Related Article