Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Minyak Esensial Lavender dan Manfaatnya bagi Keseharian

Minyak Esensial Lavender dan Manfaatnya bagi Keseharian

Aroma lavender sangat populer bagi masyarakat masa kini. Aroma ini kerap digunakan untuk berbagai kebutuhan, misalnya parfum, sabun mandi, pengharum ruangan, pengharum pakaian, bahkan obat nyamuk

Ada pula minyak esensial yang terbuat dari tanaman lavender. Manfaatnya bagi kesehatan tubuh tak perlu lagi diragukan. Minyak esensial adalah ekstrak tanaman yang diproduksi melalui proses distilasi. Hasilnya adalah cairan dengan konsentrat yang tinggi.

Mengenal Tumbuhan Lavender

minyak atsiri lavender
Sumber : Envato.com

Lavender atau Lavandula termasuk dalam suku Lamiaceae. Ada lebih dari 30 spesies yang termasuk dalam genus tumbuhan berbunga itu. Lavender berasal dari wilayah selatan Laut Tengah hingga Afrika tropis dan India. Tanaman ini juga bisa ditemukan di Eropa bagian selatan seperti Prancis.

Lavender merupakan jenis rumput-rumputan. Bunga lavender (Lavandula angustifolia) memiliki bentuk yang kecil dan berjumlah banyak serta berwarna ungu kebiruan. Tinggi tanaman ini bisa mencapai 72 cm.

Lavender dapat tumbuh dengan baik pada lahan dataran tinggi. Ketinggian ideal untuk menanam tumbuhan ini berkisar 600-1.350 meter dari permukaan laut. Cara mengembangkannya adalah menyemai biji yang sudah tua. Bila telah tumbuh sekitar 15-20 cm, tumbuhan bisa dipindah di pot atau halaman rumah.

Lavender dikembangkan secara komersial sebagai bahan kuliner, tanaman hias, atau untuk ekstrak minyak esensial. Namun, di daerah asalnya, lavender biasanya tumbuh secara liar. Kamu bisa mendapatkan manfaat lavender hanya dengan menanamnya di halaman.

Kandungan dalam Tumbuhan Lavender

manfaat minyak esential lavender
Sumber : Envato.com

Mengapa tumbuhan lavender sangat populer? Sekilas, tumbuhan ini terlihat unik karena warnanya yang ungu dan aromanya yang khas. Namun, bukan hanya itu saja yang bisa ditemukan dari tumbuhan yang satu ini. Pada zaman dahulu, lavender ternyata memiliki sejarah panjang dalam pengobatan herbal.

Nama lavender diambil dari bahasa Latin dengan asal kata “lavera” yang berarti “menyegarkan”. Tanaman ini telah mulai digunakan pada zaman Mesir Kuno. Minyak atsiri lavender ternyata berperan penting dalam proses mumifikasi atau membuat mumi.

Selanjutnya, lavender sering digunakan sebagai zat tambahan saat mandi, seperti yang dilakukan di Persia, Roma, atau Yunani Kuno. Dalam budaya yang mereka anut, lavender bermanfaat untuk memurnikan tubuh maupun pikiran.

Dalam sebuah penelitian yang mengungkap komposisi kimia pada tanaman lavender, ditemukan fakta bahwa terdapat sangat banyak senyawa di dalam tumbuhan ini. Kandungan utamanya adalah linalyl asetat dan linalool (C10H18O).

Manfaat Tumbuhan Lavender

kegunaan minyak esential lavender
Sumber : Envato.com

Hingga saat ini, lavender telah digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti masalah kesehatan mental, kecemasan, insomnia, depresi, sakit kepala, iritasi kulit, jerawat, sakit gigi, hingga mual.

Berdasarkan penelitian medis, lavender memang dapat membantu meringankan gejala depresi. Penelitian yang dilakukan pada 2010 menjelaskan bahwa 80 mg ekstrak lavender yang digunakan tiap hari bisa memiliki efek yang tak kalah dengan obat tidur dari dokter.

Bukan hanya ketika diminum, efeknya pun sama saat digunakan untuk aromaterapi ruangan. Ibu yang mengalami depresi setelah melahirkan dapat memanfaatkan aromaterapi ini agar lekas membaik. Bukan hanya itu, aroma dari minyak esensial lavender bisa meredakan nyeri.

Fungsi lain dari tumbuhan lavender adalah meningkatkan fungsi kognitif. Dampaknya akan terasa setelah aromaterapi dilakukan secara rutin selama 3 bulan terus-menerus. Hasilnya adalah kemampuan memori dan performa meningkat.

Minyak Esensial Lavender

harga minyak esential lavender
Sumber : Envato.com

Pengolahan bunga lavender menghasilkan minyak esensial lavender. Ada sejumlah manfaat minyak esensial lavender yang telah dikenal oleh masyarakat. Tak heran jika jenis minyak esensial yang satu ini juga sangat banyak digunakan.

Pengolahan minyak esensial lavender dilakukan dengan proses penyulingan atau distilasi. Ada beberapa metode penyulingan yang bisa dilakukan, tergantung pada volume bahan dan alat pendukungnya.

Namun, ada beberapa tahap yang harus dilewati sebelum lavender melalui proses penyulingan. Pertama, memotong bunga lavender menjadi kecil agar kelenjar minyak dapat terbuka.

Tahap selanjutnya adalah mengeringkan bunga lavender di tempat tertutup. Lamanya sekitar dua hari. Tujuan melakukan ini adalah agar proses penyulingan berjalan lebih cepat. Meskipun demikian, ada baiknya tidak mengeringkan lavender di bawah sinar matahari karena minyak bisa menguap. Proses pengeringan juga bisa lebih cepat daripada yang diinginkan.

Adapun teknik distilasi yang bisa dilakukan adalah dengan direbus (penyulingan dengan air), dikukus (penyulingan dengan air dan uap), atau diuapkan (penyulingan dengan uap).

Di antara ketiganya, teknik uap dapat menghasilkan minyak esensial berkualitas terbaik. Namun, diperlukan biaya yang besar dalam melakukan proses distilasi karena tahapan yang harus dilewati dan alat yang digunakan.

Cara Memanfaatkan Keunggulan Lavender

minyak esential lavender
Sumber : Envato.com

Setelah menjadi minyak esensial, bagaimana cara memanfaatkan lavender agar berguna bagi kesehatan? Minyak esensial lavender dapat dioleskan ke kulit untuk mendapatkan manfaat langsung.

Zat yang terdapat dalam minyak esensial ini akan masuk ke dalam otot dan menciptakan fungsi relaksasi. Apabila ada keluhan nyeri, memijat dengan minyak esensial lavender akan sangat berguna.

Selain itu, cara yang juga biasa dilakukan adalah melalui proses aromaterapi. Aromaterapi merupakan teknik pengobatan holistik yang menggunakan ekstrak tanaman.

Alat yang lazim digunakan untuk aromaterapi adalah diffuser. Kini ada berbagai jenis diffuser yang bisa dipilih. Cara kerjanya berbeda-beda, tetapi menghasilkan bentuk yang sama yaitu berupa uap dari minyak esensial yang digunakan.

Nah, kamu dapat memasukkan beberapa tetes minyak esensial lavender pada diffuser. Kemudian, tempatkan lavender di dalam ruangan untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Produk minyak esensial lavender yang wajib kamu pilih adalah dari Young Living. Produk ini menawarkan jaminan kualitas dan keaslian. Karena prosesnya yang rumit dan menggunakan bahan terbaik, tak heran jika harga minyak esensial lavender cukup mahal. Namun, hal ini sebanding dengan manfaat yang akan kamu dapatkan.

Nah, tunggu apa lagi? Segera coba minyak esensial lavender Young Living dan nikmati berbagai manfaatnya.

 

Best Seller

Related Article