Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Mengenal RC Essential Oil dan Manfaatnya untuk Kesehatan

mengenal rc essential oil dan manfaatnya untuk kesehatan

Menjaga kesehatan tidak bisa hanya dilakukan dengan satu cara saja. Selain konsumsi makanan bergizi, olahraga dan istirahat yang cukup, penggunaan essential oil juga perlu dipertimbangkan untuk mendukung kualitas kesehatan kamu sekeluarga.

Salah satu produk yang semakin banyak dicari saat ini adalah RC Essential Oil Young Living. Minyak esensial yang mereknya digagas oleh D. Gary Young ini secara khusus diformulasikan untuk kesehatan pernapasan. Sebagai organ yang penting dilindungi terutama selama pandemi, pemanfaatan minyak esensial ini bisa menjadi pilihan yang layak dicoba.

Apa Itu RC Essential Oil?

rc essential oil untuk apa
Sumber : Riuusa.com

RC Essential Oil merupakan singkatan dari Respiratory Congestion. Seperti namanya, minyak esensial ini dibuat untuk memperlancar saluran pernapasan. RC sendiri diracik dengan kombinasi ekstrak berbagai jenis tanaman. Mulai dari spruce, cypress hingga 3 jenis minyak Eucalyptus (E. citriodora, E. globulus, E. radiata).

Pertanyaan selanjutnya yang mungkin ingin kamu tanyakan adalah: RC Essential oil untuk apa? Dengan aroma sejuk yang menyegarkan, minyak esensial ini akan memberikan sensasi bernapas yang lega dan normal. Selain membantu kamu untuk tidur lebih nyenyak, RC bisa memberikan aroma yang santai di tengah-tengah lingkungan yang pengap.

RC Essential Oil manfaat dan kegunaannya tidak hanya itu. Kamu bisa menambahkannya ke dalam bak mandi atau pancuran untuk pengalaman mandi yang lebih menyegarkan. Saat berolahraga, aroma yang keluar dari minyak ini bisa membantu kamu bernapas dengan lebih baik.

Apa Saja Kandungan RC Essential Oil dan Manfaatnya untuk Kesehatan?

rc essential oil manfaat
Sumber : theoilacademy.com

RC Essential Oil Young Living mengandung beberapa jenis ekstrak tumbuhan yang dipadukan menjadi satu. Masing-masing tumbuhan ini memberikan manfaat yang berbeda-beda untuk kesehatan. Apa saja?

  1. Eucalyptus globulus
    Minyak yang banyak digunakan dalam produk perawatan tubuh ini memiliki aroma earthy yang menyegarkan. Tidak hanya bisa membantu membersihkan lendir dan meredakan infeksi tenggorokan, tanaman ini juga memiliki sifat anti bakteri, anti-virus dan anti kuman
  2. Myrtus communis
    Tanaman yang juga dikenal dengan nama myrtle ini sudah sejak lama digunakan sebagai bagian dari pengobatan herbal. Selain dipakai mengobati infeksi paru-paru seperti bronkitis, tumbuhan ini juga bisa membantu melegakan pernapasan.
  3. Eucalyptus radiata
    Seperti Eucalyptus globulus, Eucalyptus radiata juga memiliki kandungan anti bakteri, virus dan anti radang. Untuk kamu yang memiliki masalah sinusitis atau bronkitis, minyak esensial ini bisa berguna sebagai expectorant atau pengencer dahak.
  4. Marjoram
    Marjoram atau yang dalam bahasa latin disebut dengan Origanum majorana selain bisa merelakskan tubuh juga bisa melemaskan otot yang tegang.
  5. Lavender
    Lavender merupakan salah satu tanaman yang banyak dipakai sebagai minyak esensial. Manfaatnya antara lain sebagai penghilang rasa sakit, mengurangi rasa tidak nyaman di tubuh serta menghilangkan otot tegang
  6. Cypress
    Minyak cypress adalah minyak esensial yang dibuat dengan mengekstrak batang, daun dan ranting pohon cemara. Minyak ini memiliki manfaat anti jamur, antibakteri dan antimikroba.
  7. Peppermint
    Memiliki aroma yang menyegarkan, minyak peppermint banyak dipakai untuk bahan essential oil karena bisa memberikan efek melegakan dan membuka sistem pernapasan. Kandungan anti inflamasi dan anti nyeri juga bisa membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan lain yang berhubungan dengan radang.

Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, RC bisa membantu meringankan berbagai keluhan seperti hidung tersumbat, gangguan tidur, mendengkur karena masalah sistem pernapasan sampai asma.

Cara Penggunaan RC Essential Oil Young Living

rc essential oil young living
Sumber : Recipeswithessentialoils.com

Seperti kebanyakan produk Young Living, RC Essential Oil bisa digunakan dengan dua cara yakni aplikasi secara topikal ke permukaan kulit dan dihirup langsung atau dengan menggunakan diffuser.

Untuk pengaplikasian di permukaan kulit, kamu bisa menggunakan salah satu dari beberapa cara berikut:

  • Gosokkan minyak esensial di bagian dada dan di belakang leher sebelum berolahraga agar pernapasan kamu lebih dalam
  • Campurkan RC dengan V-G Vegetable Oil Complex dan gunakan untuk memijat kaki atau punggung. Ini bisa memberikan perasaan lega dan menghilangkan lelah setelah kamu selesai latihan dari gym, pulang travelling atau sehabis beryoga
  • Tambahkan beberapa tetes minyak ke dalam bak mandi atau pancuran air panas. Air hangat akan menenangkan tubuh dan minyak yang menyebar bersama uap akan memberikan pengalaman mandi yang lebih menyegarkan
  • Untuk aktivitas di pagi hari, oleskan RC ke dada dan pergelangan tangan untuk mendapatkan semangat positif
  • Agar tidur lebih nyenyak dan pernapasan lega, oleskan minyak RC ke dada sebelum tidur.

Selain penggunaan topikal, menyebarkan aroma RC juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan diffuser. Diffuse hingga 30 menit sebanyak 3 kali dalam sehari. Kamu bisa meletakkannya di berbagai tempat seperti:

  • Di dalam rumah untuk memberikan sensasi segar seperti berada di dalam hutan
  • Aroma eukaliptus akan membuat aktivitas olahraga indoor kamu semakin menyenangkan
  • Biarkan aroma RC menyebar di dalam kamar mandi selama kamu berendam. Hirup dalam-dalam untuk menghilangkan penat akibat aktivitas harian
  • Menghirup aroma RC sebelum tidur akan memberikan perasaan relaks, nyaman dan membuat tidur kamu lebih nyenyak
  • Setelah membersihkan rumah, aroma RC bisa membantu menyingkirkan bau apek dan aroma debu. Membuat ruangan yang pengap menjadi segar kembali.

Itulah beberapa cara penggunaan RC Essential Oil yang bisa kamu pertimbangkan. Secara umum, penggunaan minyak esensial sangat aman selama mengikuti anjuran yang tertera pada kemasan. Hanya saja untuk anak-anak, kamu perlu memberikan perhatian lebih.

Anak-anak bisa jadi sangat sensitif sehingga penggunaan minyak esensial bisa jadi memicu reaksi alergi. Kamu disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan atau melakukan uji tempel sebelum mengoleskan RC Essential Oil Young Living ke area kecil kulit. Pastikan kamu menggunakan minyak esensial sesuai dengan petunjuk agar hasilnya maksimal, ya!

Best Seller

Related Article