Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Mengenal Frankincense Essential Oil dari Kandungan hingga Manfaatnya

mengenal frankincense essential oil dari kandungan hingga manfaatnya

Telah digunakan selama berabad-abad, Frankincense dipercaya sebagai damar berkhasiat yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, mempercantik kulit, dan meninggikan tingkat spiritualitas dalam kebudayaan Arab dan Afrika kuno. Di masa modern seperti saat ini, Frankincense essential oil juga menawarkan khasiat yang tak kalah bermanfaat. Simak ulasan berikut untuk berkenalan lebih jauh dengan minyak esensial ini.

Sekilas tentang Frankincense Essential Oil

frakincense essential oil untuk apa
Sumber : dontmesswithmama.com

Frankincense merupakan getah dari pepohonan berdamar yang termasuk ke dalam famili Burseraceae. Tanaman ini umumnya ditemukan di dataran Afrika dan Timur Tengah dalam bentuk pohon atau semak tropis yang memiliki damar beraroma harum. Boswellia sacra atau Boswellia carterii menjadi beberapa tanaman utama yang menghasilkan getah frankincense.

Menurut catatan sejarah, frankincense telah digunakan sejak tahun 1500 sebelum masehi di masa peradaban Mesir Kuno. Pada masa itu, frankincense dipakai sebagai balsam dalam proses mumifikasi. Getahnya juga sering dibakar untuk mengasapi berbagai ritual keagamaan. Seiring perkembangan zaman, getah frankincense dibekukan sebelum melalui proses distilasi untuk menghasilkan minyak esensial berkonsentrasi tinggi.

Frankincense memiliki aroma yang cukup tajam dengan perpaduan aroma manis seperti madu dan aroma kayu yang khas. Saat dimasukkan ke dalam botol menjadi frankincense essential oil, wanginya cenderung lebih lembut. Meski demikian, kamu masih akan mencium aroma kayu yang menyegarkan. Karena aromanya ini, frankincense menjadi salah satu pilihan favorit untuk mengiringi sesi yoga atau meditasi.

Manfaat Frankincense bagi Kesehatan

frakincense essential oil manfaat
Sumber : Youngliving.com

Manfaat frankincense essential oil bisa dirasakan bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Konon, di masa lampau, getah frankincense kerap diramu dan digunakan para wanita sebagai krim wajah yang dapat menyehatkan sekaligus meratakan warna kulit.

Di masa sekarang, minyak esensial frankincense banyak digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh minyak esensial ini.

1.    Mengurangi Gejala Artritis

Salah satu kandungan aktif yang dimiliki frankincense adalah senyawa anti-peradangan. Kandungan ini dapat membantu mengurangi gejala nyeri sendi yang disebabkan oleh artristis atau rematik. Senyawa tersebut juga bekerja memperbaiki persendian, otot, dan sistem gerak manusia sehingga dapat mencegah terjadinya peradangan tulang atau osteoarthritis.

2.    Menyehatkan Pencernaan

Senyawa antiradang yang terkandung di dalam frankincense essential oil bermanfaat pula dalam menyehatkan sistem pencernaan, terutama membersihkan usus dan saluran cerna. Menurut sebuah penelitian, menghirup aroma frankincense dapat membuat saluran pencernaan lebih relaks. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari rasa mual, peradangan usus, bahkan risiko terkena penyakit usus kronis seperti Chron’s disease.

3.    Meredakan Asma

Frankincense di masa lampau digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah pernapasan, termasuk asma dan bronkitis. Saat ini pun kamu bisa menggunakan minyak esensial frankincense sebagai solusi alternatif bagi penderita asma menahun yang sering kambuh.

Larutkan beberapa tetes frankincense essential oil Young Living ke dalam diffuser dan hirup aromanya selama 1-2 jam jika kamu merasakan kesulitan bernapas akibat asma.

4.    Mencegah Kanker

Meski belum dibuktikan oleh studi yang lebih luas, minyak esensial frankincense dipercaya dapat mengurangi risiko berkembangnya sejumlah jenis sel kanker, seperti kanker usus, kanker payudara, dan kanker otak.

Hal ini berdasar pada penelitian test-tube yang dilakukan oleh University of Oklahoma Health Sciences Center, Amerika Serikat, pada tahun 2009 serta University of Life Sciences, Polandia pada tahun 2016. Kedua penelitian tersebut menyimpulkan temuan yang sama, yakni kemampuan frankincense dalam menahan pembentukan DNA berisiko kanker dan membunuh sel-sel kanker yang ditemukan.

Cara Penggunaan yang Tepat

frakincense essential oil young living
Sumber : theoilyhomecompanion.com

Frankincense essential oil dapat digunakan dengan cara dioleskan langsung pada kulit atau dilarutkan dalam diffuser untuk dinikmati aromanya. Penggunaan frankincense secara topikal dipercaya dapat membuat kulit terlihat lebih sehat dan tampak cerah. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menambahkan beberapa tetes minyak esensial frankincense ke dalam krim wajah atau pelembap yang biasa digunakan.

Minyak esensial frankincense bisa pula digunakan sebagai minyak untuk memijat. Aroma yang alami serta sensasi yang hangat akan membuat tubuhmu menjadi lebih relaks dan terbebas dari rasa pegal. Gunakan 2-4 tetes minyak frankincense untuk memijat bagian tubuh yang diinginkan. Jika memiliki kulit sensitif, kamu juga bisa mencampurkannya dengan carrier oil seperti minyak kelapa agar konsentrasinya tidak terlalu tinggi.

Nikmati nuansa nostalgia bersama aroma hangat frankincense dengan cara melarutkannya di dalam diffuser. Kamu bisa menguarkan aroma dari minyak esensial frankincense di beberapa titik rumah yang memerlukan sensasi tenang nan menyegarkan, seperti kamar tidur, ruang keluarga, atau ruangan khusus yang digunakan sebagai tempat bermeditasi. Lama penggunaan yang disarankan saat melarutkan frankincense dalam diffuser adalah 1-3 jam.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan

frakincense essential oil
Sumber : Esensialam.com

Setelah mengetahui untuk apa frankincense essential oil dan bagaimana cara penggunaannya yang tepat, jangan lupa untuk memperhatikan sejumlah hal penting berikut saat memakai minyak esensial ini.

  • Frankincense merupakan jenis minyak esensial yang mudah terbakar. Oleh karena itu, minyak esensial ini tidak boleh digunakan dekat sumber api maupun pemanas ruangan. Penyimpanannya pun harus selalu berada dalam suhu ruang yang tidak terlalu tinggi.
  • Meski aman diaplikasikan langsung pada kulit, frankincense hanya disarankan untuk penggunaan eksternal. Hindari terkena mata saat menggunakan minyak esensial ini sebagai campuran krim wajah. Pastikan pula larutannya tidak tertelan atau terhirup langsung.
  • Jika kamu tengah menjalani pengobatan atau mengalami kondisi medis tertentu, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan frankincense sebagai pengobatan rumahan. Hal yang sama juga perlu dilakukan oleh wanita hamil dan menyusui.

Itulah beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang Frankincense essential oil. Mengingat manfaatnya yang besar bagi tubuh, minyak esensial ini bisa menjadi salah satu solusi alternatif untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Namun, pastikan kamu telah mengikuti langkah yang tepat dalam penggunaannya agar hasilnya pun bisa dirasakan secara maksimal.

Best Seller

Related Article