Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Mengapa Perlu Melakukan Aroma Terapi Ruangan? Ini Alasannya

Mengapa Perlu Melakukan Aroma Terapi Ruangan? Ini Alasannya

Aromaterapi adalah treatment yang dilakukan untuk kebutuhan penyembuhan holistik dengan menggunakan ekstrak tumbuhan alami dalam bentuk minyak esensial. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesehatan fisik maupun emosional.

Ada berbagai cara aromaterapi yang bisa dilakukan. Ada yang dihirup secara langsung maupun dioleskan pada kulit. Pada masa kini, aroma terapi ruangan bisa dilakukan dengan bantuan diffuser. Diffuser adalah alat yang bisa digunakan untuk mengubah minyak esensial menjadi uap sehingga lebih mudah dihirup.

Alasan Melakukan Aromaterapi Ruangan

manfaat aroma terapi ruangan
Sumber : Envato.com

Aromaterapi di dalam ruangan adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menikmati manfaat minyak esensial. Hal ini penting dilakukan apalagi jika ruangan menjadi tempat beraktivitas sehari-hari. Ketika minyak esensial berubah menjadi uap, pengguna akan menghirup aroma yang menenangkan.

1. Membuat Ruangan Lebih Wangi

Secara umum, manfaat aroma terapi ruangan adalah membuat udara di dalam ruangan terasa lebih segar dan bersih. Beberapa jenis minyak esensial juga dapat menghilangkan bau tidak enak yang tercium di dalam ruangan. Bau tidak enak bisa timbul dari berbagai benda yang lembap atau kotor.

Sebagian orang mengatasi bau tidak enak di dalam ruangan dengan menyemprotkan pewangi ruangan. Dari segi komponennya, pewangi ruangan tidak sama dengan minyak esensial. Pewangi ruangan telah dikombinasikan dengan bahan-bahan kimia sehingga harus diperhatikan penggunaannya.

2. Bermanfaat bagi Kesehatan

Manfaat lainnya adalah membuat orang yang menghirup uap dari diffuser menjadi lebih nyaman dan sehat. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa aromaterapi dengan menggunakan minyak esensial memberikan manfaat yang nyata bagi kesehatan manusia jika dilakukan setiap hari.

Salah satu manfaat yang paling banyak diketahui adalah dapat meringankan stres. Tekanan ini berasal dari beban dan tuntutan yang dialami seseorang. Kelelahan akibat bekerja keras juga bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman. Nah, dengan aromaterapi ruangan, stres bisa dikurangi secara perlahan.

Bukan hanya saat tertekan, kamu juga dapat memasang alat aroma terapi ruangan saat ingin mendongkrak semangat. Beberapa jenis minyak esensial seperti rosemary dapat meningkatkan mood. Selain itu, kamu bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi dengan bantuan aroma terapi ruangan. Jenis aromaterapi ini cocok digunakan di ruang kerja.

Di ruang tidur, kamu pun bisa melakukan tindakan aromaterapi. Tujuannya untuk menciptakan rasa nyaman sehingga kualitas tidur lebih baik. Beberapa jenis minyak esensial seperti lavender dan chamomile dapat memberi rasa nyaman sehingga dipercaya berhasil mengatasi insomnia.

Menariknya, aromaterapi juga bisa dilakukan di ruangan perawatan. Ada jenis minyak esensial yang bermanfaat untuk meredakan nyeri seperti nyeri setelah tindakan operasi. Sakit kepala juga ternyata bisa berkurang dengan bantuan aromaterapi menggunakan minyak esensial peppermint.

Apabila kamu tak merasa sakit, tetapi ingin meningkatkan kekebalan tubuh, aromaterapi juga bisa dilakukan. Akan lebih baik jika hal ini dilakukan secara rutin. Efek antijamur, antibakteri, dan antimikroba yang berasal dari minyak esensial dapat diandalkan untuk melindungi kamu dari penyakit.

3. Menciptakan Suasana Baru

Selanjutnya, manfaat melakukan aromaterapi pada ruangan juga dapat menciptakan suasana yang baru. Aroma yang ditimbulkan dari penggunaan minyak esensial secara tidak langsung ternyata bisa mengubah suasana ruangan. Jadi, jika kamu bosan dengan suasana ruangan yang itu-itu saja, menggunakan minyak esensial yang berbeda dapat menjadi solusinya.

Suasana baru dalam ruangan dapat meningkatkan mood. Karena itu, kamu bisa menerapkannya di berbagai ruangan di dalam rumah maupun tempat kerja. Sesuaikan jenis minyak esensial yang digunakan dengan kebutuhan maupun kepribadianmu.

Metode Aromaterapi Ruangan

Alat Aroma Terapi Ruangan
Sumber : Envato.com

Bagaimana melakukan aromaterapi di dalam ruangan? Cara yang paling umum adalah menggunakan diffuser. Maraknya tren aromaterapi membuat penggunaan diffuser makin populer. Alat ini bermanfaat untuk mengubah minyak esensial menjadi uap sehingga dapat menyebar dengan mudah di dalam ruangan.

Ada banyak jenis diffuser yang bisa dijumpai di pasaran saat ini. Yuk, kenali jenis-jenisnya berikut ini.

1. Candle Diffuser

Candle diffuser merupakan alat yang paling tradisional untuk kegiatan aromaterapi di dalam ruangan. Harganya terbilang terjangkau. Untuk mengubah minyak esensial menggunakan uap, diffuser mengandalkan suhu panas.

Cara melakukan aromaterapi dengan candle diffuser adalah menempatkan beberapa tetes minyak esensial di wadah, kemudian nyalakan lilin di bawahnya. Sayangnya, karena suhu panas tersebut, struktur dalam minyak esensial bisa berubah sehingga fungsinya kurang efektif.

2. Ceramic Diffuser

Jenis diffuser lain adalah ceramic diffuser, yaitu alat yang terbuat dari tanah liat. Cara kerja ceramic diffuser dalam mengubah minyak esensial menjadi uap adalah dengan memanfaatkan gelombang suara ultrasonik.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu memasukkan minyak esensial dalam diffuser. Kemudian, uap pun akan menyebar di udara. Gunakan ceramic diffuser pada ruangan berukuran kecil.

3. Reed Diffuser

Pilihan alat lain adalah reed diffuser. Biasanya alat ini dijual sepaket dengan minyak esensial. Cara kerjanya sangat unik, yaitu dengan memanfaatkan batang rotan, bukan suhu panas atau listrik.

Batang rotan dapat menyerap minyak esensial yang tersimpan di dalam botol. Kemudian secara alami akan melepaskannya kembali ke udara di dalam ruangan. Aroma wangi dari minyak esensial pun akan langsung tercium.

4. Electric Diffuser

Gunakan pula electric diffuser untuk mendapatkan manfaat nyata dari minyak esensial. Caranya yaitu meneteskan minyak esensial ke dalam air kemudian menempatkan campuran tersebut dalam wadah diffuser. Selanjutnya, kipas listrik yang terdapat pada diffuser akan menghasilkan uap dan menyebarkannya ke udara.

5. Ultrasonic Diffuser

Ultrasonic diffuser akan menghasilkan kabut halus yang dilepaskan ke udara. Diffuser ini biasanya digunakan untuk melembapkan udara di dalam ruangan. Jenis alat aroma terapi ruangan ini cukup canggih karena dapat mati otomatis setelah jumlah minyak esensial yang tersebar dianggap cukup.

Nah, itulah sejumlah alat yang umum digunakan dalam aromaterapi ruangan. Namun, jangan hanya mempertimbangkan alatnya, pilih juga minyak esensial yang berkualitas agar dampaknya optimal. Kamu bisa menggunakan produk minyak esensial Young Living yang menawarkan berbagai jenis pilihan. Selamat mencoba.

Best Seller

Related Article