Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Manfaat Thieves Essential Oil dan Cara Menggunakannya

manfaat thieves essential oil dan cara menggunakannya

Thieves essential oil adalah campuran beberapa jenis minyak esensial, yaitu ekstrak kayu manis, cengkeh, kayu putih, lemon, dan rosemary. Karena kombinasi tersebut, kandungan dalam essential oil ini pun sangat kompleks.

Para peneliti menyebutkan bahwa thieves oil bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran. Manfaat tersebut bisa didapatkan dengan menghirup aromanya. Namun, kamu juga bisa mengaplikasikan thieves essential oil di bagian tubuh tertentu, baik untuk meredakan nyeri maupun merawat luka.

Kegunaan Thieves Essential Oil

thieves essential oil untuk apa
Sumber : Youngliving.com

Mengapa kamu perlu menggunakan thieves essential oil spray? Yuk, ketahui kegunaan minyak esensial tersebut berikut ini.

●              Meningkatkan Mood

Salah satu keuntungan menggunakan thieves oil adalah meningkatkan mood. Aroma yang terpancar dari kombinasi ekstrak tumbuhan ini, khususnya rosemary, dapat menimbulkan efek stimulasi positif bagi orang yang menghirupnya. Dampak minyak rosemary terhadap mood dapat diukur secara jelas dari peningkatan laju pernapasan, detak jantung, serta tekanan darah.

●              Bersifat Antimikroba

Antimikroba adalah kemampuan untuk membunuh bakteri, jamur, maupun virus, saat digunakan pada kulit atau luka. Beberapa jenis minyak yang terdapat di thieves oil memiliki sifat antimikroba tersebut.

Salah satu contohnya, minyak kayu putih. Para peneliti menemukan bahwa minyak kayu putih dapat mengatasi masalah yang disebabkan Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Selain itu, minyak cengkeh dan kayu manis berperan dalam penyembuhan penyakit lyme yang disebabkan bakteri Borrelia burgdorferi.

Minyak kayu manis yang diubah menjadi uap juga dipercaya dapat menghentikan berkembangnya sel Haemophilus influenzae serta Sreptococcus pneumoniae. Sementara itu, lemon memiliki sifat antibakteri sekaligus antioksidan. Bahkan, ekstrak lemon dipercaya mencegah penyakit bawaan makanan.

●              Merawat Luka

Salah satu jenis minyak yang berperan dalam merawat luka adalah minyak kayu putih. Selain itu, ekstrak kayu manis juga dipercaya dapat membantu penyembuhan luka. Menariknya, kedua jenis minyak ini bisa ditemukan dalam thieves essential oil.

●              Meredakan Rasa Nyeri

Manfaat thieves oil lainnya adalah dapat meredakan nyeri yang dirasakan pengguna. Hal ini dimungkinkan oleh kandungan minyak kayu putih di dalamnya. Caranya adalah dengan menghirup aroma minyak esensial yang khas, baik secara langsung maupun menggunakan diffuser.

●              Melawan Kanker

Kanker adalah sel abnormal yang hidup dalam tubuh manusia dan menyebabkan terjadinya penurunan kesehatan. Sel kanker harus dilawan agar tidak menyebar ke seluruh tubuh. Thieves essential oil disebut dapat melawan sel kanker tersebut, khususnya kanker payudara.

Cara Penggunaan Thieves Essential Oil

thieves essential oil manfaat
Sumber : Pureprescriptions.com

Selain mengetahui thieves essential oil untuk apa, kamu juga perlu memahami cara menggunakannya. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan, yaitu:

●              Sebagai minyak untuk memijat

Thieves essential oil bisa kamu gunakan sebagai minyak untuk memijat bagian tubuh. Sebelum memijat, tambahkan thieves essential oil pada minyak pelarut. Gunakan campuran ini untuk memijat kaki atau bagian tubuh lain yang memerlukan.

●              Sebagai bahan untuk diffuser

Cara lain mendapatkan manfaat dari thieves essential oil adalah dengan menggunakan diffuser. Caranya, masukkan 6-8 tetes minyak esensial pada diffuser untuk membantu suasana ruangan terasa lebih tenang dan segar. Kamu juga bisa menambahkan essential oil jeruk, tangerine, pala, atau lemon myrtle.

Manfaat lainnya menggunakan thieves essential oil dengan diffuser adalah meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan mood karena suasana ruangan yang nyaman. Supaya hasilnya optimal, ikuti panduan menggunakan diffuser dengan benar.

Kamu bisa menggunakan diffuser dengan thieves essential oil di ruang kelas atau ruang bermain. Aroma minyak esensial ini akan menetralkan bau yang menyebar di udara. Pakai juga untuk menyegarkan suasana di ruang tamu atau dapur yang identik dengan aroma yang kuat. Kamu juga bisa meletakkan diffuser di meja kerja, bahkan di dekat tempat sampah, untuk menciptakan udara yang segar.

●              Sebagai bahan pembersih

Gunakan thieves essential oil untuk membersihkan beberapa bagian dalam rumah. Salah satunya, membersihkan dan menyegarkan karpet. Pada umumnya, karpet yang lama tidak dicuci akan menimbulkan bau apek yang tidak enak dihirup.

Untuk mengurangi bau tersebut, kamu bisa menggunakan thieves essential oil. Caranya, tambahkan 5 tetes ke dalam secangkir soda kue. Kemudian, aduk hingga rata, diamkan satu malam hingga minyak esensial terserap semua. Selanjutnya, taburkan campuran tersebut ke karpet dan sedot debu hingga bersih.

Kamu juga bisa mengaplikasikan thieves essential oil pada sabun mandi, sabun cuci piring, dan produk pembersih lain, untuk mendapatkan manfaat antibakteri.

Kenali Risikonya dan Gunakan dengan Bijak

thieves essential oil
Sumber : Homemadelovely.com

Penting untuk mengetahui risiko apa pun yang dilakukan, termasuk menggunakan minyak esensial. Yuk, lakukan beberapa hal berikut ini.

●              Coba terlebih dahulu

Hal yang perlu disadari adalah bahwa minyak kayu manis dan cengkeh berpotensi menimbulkan iritasi pada kulit. Karena itu, kamu harus memperhatikan jika terjadi kemerahan, bengkak, atau gatal di bagian tubuh saat menggunakan thieves essential oil.

Untuk mencegah, aplikasikan pada kulit lengan bawah dalam jumlah kecil terlebih dahulu. Tutup dengan perban atau kain kasa. Setelah 24 jam, lakukan pengecekan bagian tersebut. Jika tidak terlihat tanda iritasi, kamu bisa melanjutkan penggunaannya.

●              Waspada fotosensitivitas

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan reaksi penggunaan lemon yang dapat menyebabkan fotosentivitas. Ini adalah kondisi ketika kulit terbakar atau mengalami pigmentasi karena terkena paparan sinar matahari.

●              Gunakan di tempat yang tepat

Hal lain yang harus dilakukan adalah menggunakan minyak esensial pada tempat yang tepat. Jika di ruangan tersebut ada anak-anak, ibu hamil, atau ibu menyusui, sebaiknya lebih berhati-hati. Jangan lupa, pastikan ruangan tempat menghidupan diffuser memiliki ventilasi yang baik.

●              Bukan untuk dikonsumsi

Jangan meminum atau memasukkan minyak esensial dalam makanan. Bilas segera jika thieves essential oil masuk ke area mata.

Nah, inilah beberapa manfaat thieves essential oil yang perlu kamu ketahui beserta cara menggunakannya. Untuk hasil terbaik, kamu bisa mencoba thieves essential oil Young Living. Semoga bermanfaat!

Best Seller

Related Article