Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Manfaat Lemongrass Young Living; untuk Kecantikan sampai Redakan Sakit Kepala

manfaat lemongrass young living untuk kecantikan sampai redakan sakit kepala

Lemongrass atau serai dikenal sebagai bumbu dapur untuk menambah cita rasa dan aroma pada masakan. Selain itu, air rebusan serai juga bisa memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Pemanfaatan lainnya yakni dengan mengolahnya menjadi minyak asiri atau yang familier dengan sebutan essential oil.

Essential oil beraroma serai yang patut kamu miliki adalah Lemongrass Young Living. Wanginya yang tajam dan menyegarkan serasa menjernihkan pikiran. Kemurniannya juga terjaga, mengingat Young Living senantiasa menggunakan metode penyulingan khusus yang tidak melibatkan unsur kimiawi.

Mengenal Lemongrass/Serai

lemongrass young living manfaat
Sumber : Kurio.id

Kamu pasti tidak asing lagi dengan bentuk serai. Masuk dalam golongan grass/rumput, herbal ini tumbuh memanjang tetapi memiliki batang daun yang keras dan agak tajam. Bagian dasar berwarna putih, sedangkan ujungnya berwarna hijau. Jika daunnya diremas, tercium wangi yang khas.

Lemongrass terdiri dari senyawa geraniol, eugenol, methylpheptenone, kadinol, dan limonen. Di samping khasiatnya dalam mengatasi kondisi tertentu, masyarakat kerap menggunakannya untuk mengusir nyamuk.

Adapun jenis serai yang menjadi bahan baku Lemongrass Young Living Indonesia adalah Cymbopogon flexuosus. Tanaman tersebut tumbuh secara alami di wilayah India, Sri Lanka, Burma, dan Thailand.

Lemongrass Young Living Manfaat

lemongrass young living untuk nafsu makan
Sumber : Recipeswithessentialoils.com

Setiap tetes lemongrass essential oil mengandung banyak khasiat yang sayang jika kamu lewatkan, mulai dari merawat kesehatan kulit sampai meredakan sakit kepala. Inilah uraian selengkapnya.

1.      Merawat kesehatan kulit

Siapa pun pasti menginginkan kulit yang halus berseri. Namun, faktor-faktor tertentu terkadang menimbulkan kondisi sebaliknya sehingga membuatmu merasa tidak percaya diri. Jangan khawatir. Kamu bisa memanfaatkan minyak esensial serai karena kandungannya berpotensi mengatasi masalah kulit di bawah ini.

·  Jerawat

Pada bagian daun lemongrass, terdapat senyawa citral yang bersifat antijamur dan antibakteri. Senyawa tersebut mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Terlepas dari perkara jerawat, kemampuan lemongrass dalam mengatasi jamur, khususnya Candida albicans yang memicu seriawan, terbukti lewat sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014.

·  Peradangan

Kulit wajahmu meradang akibat jerawat atau ruam? Selain terasa perih, peradangan yang dibiarkan berlarut-larut bisa merusak jaringan kulit, bahkan memicu penuaan dini. Untungnya, kondisi tersebut bisa diatasi dengan lemongrass essential oil yang bekerja sebagai antiinflamasi.

·  Pori-pori besar

Minyak esensial serai berfungsi laiknya astringent, yakni larutan yang membersihkan dan mengurangi produksi minyak berlebih. Kamu bisa membersihkan wajah dengan campuran toner dan lemongrass essential oil. Hasilnya, pori-pori terlihat lebih kecil dan kulit terasa kencang untuk sementara.

·  Penuaan dini

Riset menunjukkan, lemongrass essential oil memiliki kadar antioksidan yang tinggi. Antioksidan sendiri berfungsi memperlambat kerusakan sel-sel tubuh yang disebabkan paparan radikal bebas. Hal ini akan mengurangi risiko penuaan dini serta kemunculan penyakit degeneratif.

Perawatan antiaging diibaratkan sebagai investasi. Jadi, tidak ada salahnya melengkapi perawatan antiaging-mu dengan Lemongrass Young Living.

2.      Mengusir serangga

Aroma lemongrass memang menyenangkan, tetapi tidak demikian bagi serangga. Dilansir dari oneessentialcommunity, senyawa citronella pada serai bekerja secara efektif dalam mengusir serangga, termasuk nyamuk dan semut. Kamu bisa membuat DIY semprotan menggunakan campuran air dan tetesan essential oil.

3.      Meningkatkan nafsu makan

Benarkah salah satu kegunaan Lemongrass Young Living untuk nafsu makan? Nyatanya, beberapa ulasan menyampaikan bahwa lemongrass oil ampuh dalam menjaga nafsu makan anak. Berdasarkan pengalaman para bunda, cairan tersebut bisa dioleskan langsung ke telapak kaki anak sebanyak 1-2 kali sehari.

4.      Menurunkan kadar kolesterol

Lemongrass Young Living untuk kolesterol, bisakah? Berdasarkan hasil studi tahun 2007, minyak esensial serai dapat menurunkan level kolesterol pada tikus, yang sebelumnya diberi makanan berkolesterol tinggi selama 14 hari. Memang, penelitian tersebut tidak dilakukan pada manusia, tetapi setidaknya memberikan secercah keyakinan.

5.      Mengurangi stres

Terkadang, kamu harus dihadapkan dengan masalah-masalah yang membuatmu stres. Kondisi penuh tekanan ini bisa menaikkan tekanan darahmu. Cobalah relaks sejenak sambil memijat bagian tubuhmu dengan campuran lemongrass oil.

Sebuah studi yang dilakukan tahun 2015 bermaksud mengevaluasi efek pemijatan yang menggunakan lemongrass oil dan minyak almond. Hasilnya, partisipan yang dipijat selama setidaknya satu kali dalam tiga minggu, mengalami penurunan tekanan darah diastolik.

6.      Meredakan sakit kepala

Kamu sering mengalami sakit kepala, atau justru migrain? Mulai sekarang, Lemongrass Young Living bisa menjadi sahabat setiamu. Pasalnya, sebuah riset mengungkapkan bahwa serai mampu meredakan nyeri yang disebabkan oleh sakit kepala dan migrain. Peneliti meyakini kalau eugenol yang terkandung di dalamnya, mempunyai kemampuan serupa aspirin.

Lemongrass Young Living Cara Pakai

lemongrass young living cara pakai
Sumber : Envato.com

Bagaimana cara memakai Young Living Lemongrass secara benar dan aman? Berikut ini pilihannya.

  • Cara paling mudah adalah menghirup aromanya langsung dari botol. Kamu juga bisa meneteskan essensial oil ke dalam wadah berisi air hangat, lalu hirup uapnya yang wangi.
  • Cara kedua membutuhkan bantuan alat yang bernama diffuser. Tambahkan 8-10 tetes Lemongrass Young Living ke dalam diffuser, sesuai petunjuk yang tertera. Biarkan aromanya menyebar ke seisi ruangan.
  • Topikal berarti mengoleskan minyak esensial ke bagian tubuhmu. Namun, kamu wajib mengencerkannya dengan minyak pelarut terlebih dahulu, seperti V6, EVCO, olive oil, dll.
  • Kamu bisa membuat semprotan DIY Lemongrass untuk menghilangkan bau tidak sedap pada karpet dan furnitur lainnya. Cukup tambahkan 10 tetes essential oil serai ke dalam botol semprotan yang berisi air.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Lemongrass Young Living

lemongrass young living untuk indonesia
Sumber : Recipeswithessentialoils.com

Manfaat lemongrass tidak berlaku bagi sebagian orang. Beberapa di antaranya justru rentan mengalami iritasi dan risiko lainnya. Karena itu, perhatikan hal-hal ini sebelum kamu mencoba menggunakan lemongrass essential oil.

  • Jika kamu memiliki jenis kulit sensitif, kamu akan rentan mengalami iritasi saat menggunakan minyak esensial. Sebaiknya, uji reaksi alergi terlebih dahulu. Olesi lenganmu dengan sedikit essential oil yang sudah diencerkan, tutup dengan perban, kemudian tunggu efeknya dalam 24 jam.
  • Menderita diabetes, liver, asma; menjalani kemoterapi; hamil atau menyusui, merupakan kondisi-kondisi yang tidak disarankan kontak dengan essential oil. Kecuali, kamu melakukannya di bawah arahan dan pengawasan dokter.

Pada dasarnya, Lemongrass Young Living memiliki aroma unik serta manfaat yang tidak bisa disepelekan. Jadi, pastikan kamu mengoleksinya, ya.

Best Seller

Related Article