Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Manfaat dan Cara Penggunaan Ylang Ylang Essential Oil Lengkap

manfaat dan cara penggunaan ylang ylang essential oil lengkap

Ylang Ylang Essential Oil merupakan salah satu produk andalan dari Young Living. Harganya memang cukup mahal, di kisaran Rp800 ribuan, tetapi Anda dapatkan dengan banderol lebih murah kalau menjadi member dari Young Living. Namun, apakah EO ini mampu memberi manfaat sesuai dengan harganya?

Untuk menjawab keraguan kamu tentang produk yang satu ini, informasi mengenai Ylang Ylang essential oil review sangat penting. Artikel ini bisa memberi kamu pengetahuan secara lebih lengkap mengenai Ylang Ylang. Kamu tak hanya memperoleh pengetahuan tentang Ylang Ylang essential oil manfaat, tetapi juga kandungan di dalamnya.

Apa Itu Ylang Ylang Essential Oil?

ylang ylang essential oil young living
Sumber : Yledclub.com

Sesuai dengan namanya, minyak esensial Ylang Ylang dibuat dari bunga ylang ylang. Kamu akan mendapati kalau bunga ylang ylang sangat mirip dengan kenanga. Hal ini lumrah karena keduanya berasal dari spesies yang sama, yakni Cananga odorata. Hanya saja, kedua jenis bunga ini mempunyai perbedaan pada formanya.

Bunga kenanga atau Cananga odorata fa. macrophylla bisa tumbuh sampai 12 meter. Sementara itu, ylang ylang punya ketinggian yang relatif lebih rendah. Bunga kenanga biasa diolah menjadi cananga oil yang harum, sedangkan ylang ylang dibuat sebagai bahan utama ylang ylang essential oil.

Young Living menggunakan bunga ylang ylang yang dibudidayakan secara khusus di area perkebunan di Ekuador. Proses pembuatan EO Ylang Ylang melalui distilasi uap. Hasilnya, essential oil memiliki aroma yang sangat harum. Oleh karena itu, tidak heran kalau ada banyak produk parfum terkemuka seperti Chanel Number Five.

Manfaat Ylang Ylang Essential Oil

ylang ylang essential oil manfaat
Sumber : Orami.co.id

Pemanfaatan Ylang Ylang Essential Oil Young Living sangat banyak. Beberapa manfaat tersebut di antaranya adalah:

  1. Meningkatkan mood. Dalam sebuah penelitian terungkap kalau penggunaan minyak esensial ylang ylang dapat membantu mengurangi kecemasan. Cara penggunaan untuk peningkatan mood ini bisa kamu dapatkan dengan cara mengoleskannya ke bagian tubuh tertentu atau menggunakannya sebagai aromatherapy.
  2. Menurunkan tekanan darah. Penelitian lain memperlihatkan kalau Ylang Ylang essential oil bermanfaat dalam menjaga tekanan darah. Studi tersebut menunjukkan kalau menghirup aroma minyak esensial ylang ylang dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.
  3. Antibakteri. Pemanfaatan ylang ylang juga berguna untuk perawatan kulit. Minyak esensial ini punya kandungan linalool yang merupakan senyawa antibakteri, antifungi, serta antiradang.
  4. Membantu mengatasi asma. Di beberapa wilayah tertentu, bunga ylang ylang kerap digunakan untuk meredakan asma. Caranya, cukup dengan menghirup aroma wangi dari minyak esensial ini.
  5. Merawat rambut dan kulit kepala. Dalam beberapa Ylang Ylang essential oil review, terungkap kalau minyak esensial ini dapat membantu melakukan perawatan rambut.

Efek Samping Penggunaan Ylang Ylang

efek samping ylang ylang essential oil
Sumber : Popbela.com

Sampai di sini, kamu jadi tahu ada banyak ylang ylang essential oil manfaat. Hanya saja, kamu juga harus mengetahui kalau pemakaian minyak esensial ylang ylang yang salah dan berlebihan berpotensi menimbulkan efek samping, di antaranya:

  • Berpotensi menimbulkan iritasi. Ylang ylang mempunyai kandungan beberapa jenis alergen, termasuk di antaranya adalah isoeugenol. Dalam beberapa kasus, alergen ini bisa menimbulkan iritasi kulit ketika dioleskan secara langsung.
  • Ylang ylang memiliki sifat beracun pada kucing dan anjing. Oleh karena itu, hindari pemakaian ylang ylang essential oil pada kulit hewan peliharaan.

Cara Penggunaan Ylang Ylang yang Benar

ylang ylang essential oil review
Sumber : Behance.net

Dengan memperhatikan efek samping dari penggunaan Ylang Ylang Essential Oil Young Living, kamu perlu tahu cara pemakaiannya yang benar. EO ylang ylang bisa kamu pakai dengan cara dioleskan ke bagian tubuh tertentu atau menggunakannya sebagai terapi aroma.

Hanya saja, jangan sembarangan dalam memakainya. Biar tidak ada kesalahan, pastikan kamu mengunduh aplikasi Reference Guide for Essential Oils. Sebagai tambahan, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan berkaitan dengan cara pemakaian minyak esensial ini, yaitu:

  • Selalu gunakan dengan campuran carrier oil. Setiap minyak esensial diracik bukan untuk penggunaan secara langsung. Kamu perlu melakukan proses dilute atau pengenceran dengan menambahkan carrier oil. Untuk pemakaian secara topikal, kamu bisa mencampurkan 1 tetes EO ylang ylang dengan 1 sendok carrier oil.

Selain menggunakan rasio tersebut, kamu bisa pula mencoba mengoleskan hasil campuran minyak esensial dan carrier oil pada bagian bagian bawah lengan. Lalu, biarkan selama 24 jam. Kalau kamu tak merasakan efek samping apa pun, maka kamu bisa mengoleskannya secara aman ke bagian tubuh lain.

  • Simpan dengan baik. Kamu sudah membeli Ylang Ylang Essential Oil Young Living dengan harga yang relatif mahal. Sayang kalau kamu menaruhnya di sembarang tempat, kan? Oleh karena itu, pastikan untuk menyediakan tempat khusus sebagai sarana penyimpanannya.
  • Gunakan secara rutin. Kalau kamu ingin memperoleh manfaat yang maksimal dari EO ylang ylang, usahakan untuk menggunakan minyak esensial ini secara rutin. Hanya saja, kamu juga perlu mengombinasikan pemakaiannya dengan EO lain.

Hal yang perlu kamu tahu, pemakaian satu jenis EO pada area yang sama secara terus-menerus bukanlah metode yang benar. Tindakan semacam ini akan membuat manfaat dari EO tidak maksimal.

  • Periksa kualitas sebelum dipakai. Minyak esensial ylang ylang punya daya tahan yang lama. Kamu bisa menyimpannya secara berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Namun, pastikan kamu melakukan pengecekan sebelum mencoba minyak esensial tersebut.

Hindari pemakaian EO yang sudah kedaluwarsa. Selain itu, cermati pula aromanya. Kalau kamu mendapati adanya bau tengik, sebaiknya buang minyak esensial tersebut. Alih-alih memberi manfaat, pemakaiannya malah membuat kulit kamu rusak.

  • Campurkan dengan air. Kalau kamu menggunakan EO ylang ylang sebagai terapi aroma, lakukan pencampuran minyak esensial dengan air. Selanjutnya, kamu bisa menempatkan campuran tersebut di diffuser

Demikianlah Ylang Ylang essential oil review lengkap yang bisa kamu ketahui. Sampai di sini, kamu jadi tahu apa itu EO Ylang Ylang dan cara pemakaiannya yang benar, kan? Semoga bermanfaat, ya.

Best Seller

Related Article