Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Manfaat Bergamot Essential Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat bergamot essential oil untuk kesehatan dan kecantikan

Ingin minyak esensial yang aromanya segar sekaligus membangkitkan semangat? Bergamot essential oil bisa jadi pilihan. Aromanya yang elegan tetapi tidak terlalu “manis” membuatnya populer sebagai wewangian untuk pria dan wanita. Akan tetapi, kamu juga bisa mendapat manfaat lain dari minyak bergamot, termasuk untuk kesehatan dan kecantikan.

Sejarah Pemakaian Bergamot Essential Oil

bergamot essential oil young living
Sumber : Healthline.com

Minyak bergamot terbuat dari olahan kulit jeruk, tetapi bukan sembarang jeruk! Minyak bergamot yang kita kenal sekarang terbuat dari ekstrak kulit Citrus bergamia dan pertama kali ditanam sebagai bahan parfum di Italia pada abad ke-17. Francis Procopius pertama kali menciptakan sari kulit bergamot pada tahun 1686 sebagai penambah aroma parfum.

Kebun bergamot komersial pertama akhirnya hadir di Reggio Calabria pada tahun 1750. Minyak bergamot menjadi terkenal dan bahkan identik dengan kota tersebut. Selain untuk pewangi produk seperti parfum dan sabun, minyak bergamot juga menjadi salah satu bahan pengobatan tradisional di Mediterania.

Manfaat Bergamot Essential Oil untuk Kesehatan

bergamot essential oil manfaat
Sumber : Bulgarianoils.com

Bicara soal khasiat bergamot essential oil, manfaat minyak ini ternyata bukan hanya untuk pewangi. Minyak sari kulit jeruk ini memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan dan bahkan kecantikan. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari minyak ini.

1.    Mengurangi Stres

Stres sangat mudah menyerang di masa pandemi dan bahkan bisa menurunkan daya tahan tubuhmu. Pastikan kamu mengurangi pengaruh stres dengan minyak bergamot! Ketika kamu menghirup aromanya, minyak bergamot akan mendorong otak untuk memproduksi serotonin dan dopamin, hormon yang menciptakan perasaan bahagia.

2.    Melembutkan Rambut

Lembutkan rambutmu dengan minyak bergamot yang dicampurkan pada sampo. Kandungannya mampu menambah kemilau rambut dan menjinakkan rambut kering atau yang susah diatur. Jika rambutmu cenderung mudah kusut, minyak bergamot bisa membantu memudahkan penataannya.

3.    Mempercepat Penyembuhan Jerawat

Ingin jerawatmu cepat sembuh? Gunakan bergamot essential oil mix untuk mempercepat penyembuhan jerawat, terutama yang memerah atau meradang. Sari kulit bergamot mengandung manfaat antibakterial dan antiradang yang membuat jerawat cepat kempis. Kamu tidak boleh mengoleskan minyak bergamot langsung ke kulit karena bisa menyebabkan iritasi.

4.    Meredakan Iritasi Kulit Kepala

Iritasi kulit kepala sangat menyebalkan karena bisa menciptakan rasa gatal berkepanjangan. Kamu juga jadi kesulitan menata rambut atau menggunakan produk rambut karena berisiko memperparah iritasi tersebut. Untuk meredakannya, coba gunakan minyak bergamot pada kulit kepala, misalnya dengan cara mencampurkannya pada tonik atau minyak rambut.

Alasan Memilih Bergamot Oil Young Living

bergamot essential oil mix
Sumber : Uncategory.com

Young Living adalah pilihan tepat jika kamu mencari merek minyak esensial bergamot berkualitas. Bergamot Essential Oil Young Living terkenal akan aromanya yang menyegarkan tetapi tetap berciri khas. Minyak bergamot Young Living terbuat dari 100 persen hasil ekstraksi kulit Citrus bergamia sehingga memberi khasiat dan aroma khas maksimal.

Aroma minyak bergamot Young Living memiliki sedikit aksen wangi bunga, lengkap dengan sedikit aksen aroma hutan (woody) sebagai dasarnya. Paduan aroma ini membangkitkan semangat sekaligus membuatmu merasa santai. Bergamot essential oil dari Young Living bisa kamu campurkan dengan minyak beraroma lain seperti beragam bunga untuk menciptakan wewangian baru.

Young Living menjamin semua produk minyaknya berasal dari bahan terbaik serta diolah dan dikemas secara higienis. Setiap bahan, termasuk kulit bergamot, berasal dari lahan pertanian pilihan yang telah menjadi rekan resmi Young Living. Kamu bisa menggunakan minyak ini tanpa rasa khawatir soal kualitas maupun keamanannya.

Tips Menggunakan Bergamot Essential Oil Young Living

bergamot pure essential oil
Sumber : Holisticlatina.com

Kamu bisa mendapatkan manfaat terbaik minyak bergamot Young Living jika menggunakannya dengan benar. Berikut beberapa tips menggunakan bergamot essential oil produksi Young Living.

1.    Campurkan dengan Pelembap Kulit

Punya bercak-bercak atau warna kulit tidak merata akibat sinar matahari? Coba campurkan beberapa tetes minyak bergamot ke pelembap kulitmu. Gunakan di kulit yang sudah bersih sebelum tidur. Selain membuat kulit lembut dan wangi, campuran ini juga bisa mengurangi tampilan warna kulit tidak merata atau bercak membandel.

2.    Gunakan dalam Rutinitas Perawatan Kulit Wajah

Jika kamu punya produk untuk rutinitas perawatan kulit wajah, misalnya toner, serum, dan pelembap wajah, kamu bisa meningkatkan khasiatnya dengan menambahkan minyak bergamot. Cukup tambahkan beberapa tetes dan kocok atau aduk hingga merata. Selain menambah wangi produk serta membuatmu relaks, minyak bergamot juga bisa meredakan jerawat membandel dan mengurangi bintik membandel.

3.    Campurkan dengan Sampo

Ingin menggunakan bergamot essential oil di rambut tanpa risiko iritasi? Campurkan beberapa tetes minyak ini ke sampo dan pelembut rambut favoritmu. Selain mendapat wanginya, rambutmu juga akan terasa lebih lembut dan mudah diatur.

4.    Padukan dengan Aroma Lain

Minyak bergamot Young Living ternyata cocok dipadukan dengan aroma lain! Kamu bisa mencampurnya dengan minyak ylang-ylang, geranium, atau lavender dengan merek yang sama. Paduan ini akan memperkuat aksen bunga di dalam minyak bergamot Young Living tanpa menghilangkan ciri khas aroma kulit jeruknya.

5.    Gunakan untuk Membangkitkan Semangat

Aroma minyak bergamot cenderung membuat semangat. Gunakan oil diffuser dan letakkan di tempat-tempat yang menuntutmu untuk lebih kreatif atau bersemangat, misalnya di ruang kerja, meja belajar, atau kantor. Kamu juga bisa menggunakan wewangian ini pada pagi hari untuk membuatmu lebih bersemangat menghadapi hari.

6.    Jadikan Campuran Parfum

Suka membuat parfum sendiri? Minyak bergamot cocok untuk menciptakan paduan aroma yang segar tetapi elegan, cocok untuk pria dan wanita. Kamu bisa mencampurnya dengan base yang pekat seperti cendana dan kenanga serta middle nota bunga eksotis seperti melati atau mawar.

7.    Hindari Pemakaian Langsung

Pastikan kamu tidak meneteskan minyak esensial bergamot langsung ke kulit. Minyak ini dapat menimbulkan iritasi jika kulitmu sensitif. Selain itu, minyak bergamot bisa meningkatkan sensitivitas terhadap sinar matahari. Pastikan kamu hanya menggunakannya pada malam hari dan hindari keluar rumah saat matahari terik jika kulitmu baru tersentuh minyak ini.

Bergamot essential oil menawarkan manfaat kesehatan dan kecantikan serta aroma kulit jeruk menyegarkan. Gunakan produk minyak esensial berkualitas seperti Young Living untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Best Seller

Related Article