Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Lemon Essential Oil, Varian Populer yang Kaya Khasiat

lemon essential oil varian populer yang kaya khasiat

Lemon essential oil memiliki kandungan natural yang membuatnya cocok dijadikan sebagai bahan pengobatan ala rumahan. Kamu bisa mengandalkan varian populer ini untuk berbagai keadaan, dari menghilangkan bau tak sedap di ruangan hingga meredakan gejala flu yang mulai menyerang. Yuk, kenalan lebih jauh dengan ekstrak buah cerah beraroma menyegarkan yang kaya khasiat!

Mengenal Lemon Essential Oil

lemon essential oil
Sumber : Shape.com

Lemon essential oil dihasilkan melalui proses ekstraksi kulit lemon segar dengan menggunakan teknik cold-pressing. Dengan teknik tersebut, kulit-kulit lemon yang terkumpul akan ditusuk, diputar, dan diperas dalam mesin khusus hingga minyak yang terkandung di dalamnya terkumpul sempurna. Proses ini menyebabkan khasiat yang dimiliki buah lemon tetap dapat dipertahankan dalam minyak esensial hasil ekstraksi.

Menjadi salah satu varian populer membuat minyak esensial lemon dapat digunakan dengan berbagai cara, termasuk dijadikan campuran aromaterapi dan diaplikasikan pada kulit. Penggunaannya terbilang aman bagi semua usia tanpa menimbulkan efek samping berbahaya.

Manfaat dan Khasiatnya

lemon essential oil manfaat
Sumber : Healthline.com

Puluhan manfaat lemon essential oil telah dirasakan oleh pencinta minyak esensial di berbagai belahan dunia. Manfaat yang ditawarkan oleh varian ini bahkan telah banyak dibuktikan oleh penelitian ilmiah dan klinis.

Dari berbagai efek positif yang dimilikinya, berikut adalah lima khasiat paling signifikan yang bisa kamu rasakan saat menggunakan minyak esensial dari ekstrak buah lemon.

1.    Mengurangi Kecemasan

Aroma natural dari buah lemon dapat menimbulkan perasaan menenangkan yang dapat mengurangi kecemasan. Efek yang sama juga berlaku saat kamu menggunakan minyak esensial yang terbuat dari ekstrak kulitnya.

Sebuah studi komparatif yang dipublikasikan dalam jurnal National Library of Medicine membuktikan hal ini. Penelitian tersebut membandingkan efek antistres pada tiga jenis minyak esensial, yakni lemon, mawar, dan lavendel. Temuan yang didapatkan menunjukkan bahwa minyak esensial lemon menghasilkan efek paling besar; efeknya bahkan bisa dirasakan sejak proses pre-treatment.

Oleh karena itu, minyak esensial lemon banyak direkomendasikan oleh tenaga medis dan ahli kejiwaan untuk menenangkan pasien yang memiliki diagnosis ansietas dan depresi. Melarutkan varian ini dalam air diffuser akan menghilangkan gejala kecemasan yang kerap mengganggu.

2.    Mempercantik dan Menyehatkan Kulit

Campurkan beberapa tetes lemon essential oil pada produk skin care rutin milikmu agar kecantikan dan kesehatan kulit bisa lebih maksimal. Minyak esensial lemon disarankan untuk digunakan sebagai campuran krim malam atau masker wajah yang digunakan pada malam hari. Hasilnya, kamu akan bangun dengan kulit wajah yang terasa lebih halus dan tampak bercahaya.

Kamu juga bisa membuat masker wajah sendiri dengan mencampurkan setetes minyak lemon, satu sendok teh madu, dan satu sendok teh minyak kelapa. Aplikasikan pada wajah selama 15 menit, lalu bilas perlahan dengan air hangat. Campuran tersebut dapat menghidrasi kulit dan membuat wajahmu lebih cerah.

Tak hanya mempercantik kulit, minyak esensial lemon juga dapat membuat kulit lebih sehat karena kandungan aktifnya ampuh membunuh bakteri jahat yang bersarang di kulit. Antioksidan yang dimiliki lemon menghasilkan senyawa protektif yang akan melindungi kulit dari infeksi dan mengurangi risiko kanker kulit akibat eksposur sinar UV.

3.    Menyehatkan Rambut

Lemon terkenal akan aroma sitrun yang khas serta kandungan antiseptik yang menawarkan beragam manfaat. Kedua kualitas tersebut membuat minyak esensial lemon dapat digunakan sebagai solusi untuk mengatasi berbagai masalah rambut.

Kamu bisa menggunakan lemon essential oil untuk rambut yang berminyak serta kulit kepala yang mudah terkena jerawat. Kandungan yang dimiliki minyak esensial jenis ini akan menyeimbangkan kadar minyak di rambut sekaligus mencegah infeksi pada kulit kepala. Jika digunakan secara rutin, minyak esensial lemon juga dapat membersihkan kulit kepala dengan menghilangkan debu, ketombe, dan sel kulit mati.

4.    Mengatasi Gejala Flu

Ketika gejala flu mulai menyerang dan kamu merasakan sakit tenggorokan atau kesulitan bernapas, lemon essential oil bisa diandalkan sebagai pertolongan pertama. Cobalah beristirahat sejenak dan campurkan beberapa tetes ekstrak lemon pada diffuser. Efeknya yang menenangkan akan membuatmu merasa lebih relaks. Otot-otot pada sistem pernapasan yang terganggu pun akan dapat bekerja kembali seperti semestinya.

Khasiat lemon dalam meredakan gejala flu lagi-lagi datang dari kandungan antioksidan dan vitamin C yang dimilikinya. Kedua kandungan ini bisa membantu memudahkan jalan pernapasan yang terhalang oleh dahak maupun lendir. Namun, pastikan untuk tidak menghirupnya secara langsung. Menggunakan minyak esensial di dalam diffuser merupakan cara yang dianggap paling aman untuk mengatasi flu dan sakit tenggorokan.

Cara Penggunaan yang Tepat

lemon essential oil young living
Sumber : Spoilmypets.com

Agar kamu dapat merasakan khasiatnya secara lebih maksimal, lemon essential oil Young Living harus digunakan dengan cara yang tepat. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakannya dengan melarutkan beberapa tetes ke dalam diffuser atau mengoleskannya pada kulit.

Larutkan 3-4 tetes minyak esensial lemon ke dalam diffuser untuk menghirup udara segarnya yang menenangkan. Namun, pastikan jika diffuser diletakkan di dalam ruangan dengan sistem ventilasi udara yang baik. Kamu dapat menikmati sesi aromaterapi dan menghirup uap yang dihasilkan dalam batasan waktu 30 menit sebagai penggunaan yang dianjurkan.

Sementara itu, jika akan diaplikasikan pada kulit, minyak esensial lemon perlu dicampurkan dengan carrier oil, seperti minyak kelapa, almon, atau jojoba. Jika memiliki kulit sensitif, kamu bisa mengoleskan campuran minyak tersebut pada sedikit area kulit.

Tunggulah selama 24 jam untuk memastikan tidak ada tanda iritasi atau kemerahan yang merupakan efek samping umum dari penggunaan topikal. Jika kulitmu baik-baik saja setelah dibiarkan selama sehari semalam, penggunaan dapat dilanjutkan pada area kulit yang lebih luas.

Dengan segudang khasiat yang dimilikinya, lemon essential oil layaknya seorang sahabat yang selalu bisa kamu andalkan kapan pun serta dalam situasi apa pun. Setelah mengenal lebih jauh tentang manfaat dan cara menggunakan varian ini dengan tepat, jangan lupa untuk selalu menghadirkan minyak esensial lemon di rumah, ya!

Best Seller

Related Article