Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Lekas Sembuh dari Flu dengan Essential Oil untuk Flu

Lekas Sembuh dari Flu dengan Essential Oil untuk Flu

Akhir-akhir ini, flu semakin meresahkan masyarakat. Pasalnya, banyak orang mengira, pengidap flu pasti positif COVID-19. Padahal, keduanya memiliki penyebab dan gejala klinis berbeda. Kendati demikian, cara penyembuhan masing-masing penyakit tersebut hampir sama.

Sebagian orang percaya, bahwa flu dapat disembuhkan dengan minyak esensial. Asalkan diimbangi dengan olahraga dan makanan bergizi, essential oil untuk flu bisa berfungsi optimal dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Lalu, adakah korelasi antara flu dan imunitas tubuh? Apa saja manfaat minyak esensial jika digunakan secara rutin? Yuk, cari tahu informasi selengkapnya pada ulasan berikut ini.

Sekilas tentang Flu dan Imunitas Tubuh

esensial oil untuk anti virus
Sumber : Ceknricek.com

Flu merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Biasanya, penularan virus berlangsung cepat pada hari ketiga hingga keempat. Karena itu, pengidap flu disarankan tidak berinteraksi dengan orang lain dalam kurun waktu tersebut.

Gejala flu diawali dengan badan pegal, sakit tenggorokan, pilek, batuk, sakit kepala, hingga demam tinggi. Pada kondisi tertentu, pengidap flu bisa kehilangan nafsu makan. Semua gejala tersebut terjadi selama 2—4 hari. Selanjutnya, kesehatan pengidap flu berangsur pulih.

Lalu mengapa seseorang bisa terkena flu?

Penyebab utama flu adalah menurunnya imunitas tubuh. Meski penurunan itu tidak dapat diketahui secara pasti, tanda klinisnya bisa dirasakan, seperti mudah lelah dan sakit.

Karena itulah, kamu harus menghindari hal-hal yang menurunkan kekebalan tubuh. Contohnya, makan tidak teratur, gaya hidup buruk, dan kurang istirahat.

Kamu juga harus lebih menjaga imunitas saat musim hujan atau pancaroba. Pasalnya, jumlah mikroorganisme penyebab penyakit meningkat sepanjang musim tersebut.

Menjaga imunitas bisa dengan cara menghindari stres. Hal itu karena stres dapat mengakibatkan rasa gelisah berlebihan, tegang, dan nyeri di dada. Dampak yang lebih serius, kamu akan mengalami sakit kepala yang mengancam kesehatan tubuh.

Selain menghindari stres, kamu dapat menjaga kekebalan dengan berolahraga secara teratur. Menurut riset, olahraga bisa membantu meningkatkan fungsi neutrofil. Sel ini mampu membunuh mikroorganisme berbahaya bagi tubuh.

Terakhir, kamu dapat mencegah flu dengan menghindari media penularannya. Flu menular melalui udara, yakni percikan air liur ketika bersin maupun batuk. Jadi, upayakan memakai masker saat flu agar orang-orang di sekitarmu tidak tertular.

Manfaat Essential Oil untuk Imunitas Tubuh

aromaterapi untuk flu
Sumber : Notetotrash.com

Segala upaya sudah dilakukan, tetapi imunitas tetap menurun hingga kamu terserang flu? Tenang saja; kini ada essential oil yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Berikut ini cara essential oil menaikkan imunitas tubuh kamu.

1. Mengurangi Stres

Stres muncul karena produksi hormon kortisol dalam tubuh berlebihan. Karena itu, tubuh membutuhkan minyak esensial untuk menurunkan kadar kortisol.

Bahan minyak esensial yang dapat mengurangi kadar kortisol, antara lain bunga lavendel dan melati. Berdasarkan penelitian, aromaterapi untuk flu berbahan lavendel mampu menurunkan tingkat kecemasan dan mengontrol emosi. Sementara itu, minyak melati bisa merelaksasi tubuh ketika dihirup.

2. Memperbaiki Mood

Suasana hati yang tidak baik bisa membuat seseorang mudah marah dan cemas. Jika diteruskan, perasaan tersebut memicu depresi hingga berimbas pada kekebalan tubuh. Karena itu, kamu perlu menghirup minyak esensial dengan efek menenangkan saat mood menurun.

3. Mengatasi Insomnia

Apakah kamu pernah kesulitan tidur pada malam hari? Minyak esensial bisa memberikan efek positif pada tubuh dan pikiran. Dengan demikian, kualitas tidur seseorang bisa meningkat meski menghadapi masalah kehidupan yang cukup berat.

4. Meningkatkan Nafsu Makan

Penurunan imunitas tubuh biasanya disertai berkurangnya nafsu makan. Padahal, makanan yang masuk bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh seseorang.

Jadi, solusinya, kamu harus menghirup aroma minyak esensial ketika merasa lelah. Setelah itu, cobalah mengonsumsi beberapa makanan yang disukai untuk membantu kerja esensial dan memancing selera makan.

5. Mencegah Infeksi

Infeksi bakteri yang menyerang kulit kerap membuat tidak nyaman. Perasaan itu dapat mengganggu pikiran karena kamu takut mendapatkan komentar negatif dari orang lain.

Solusi terbaiknya adalah pulihkan infeksi yang menyerang dengan minyak esensial. Pilihlah minyak dengan kandungan antibakteri, antiseptik, dan antijamur.

Pilihan Young Living Oil untuk Imunitas

young living oil untuk imunitas
Sumber : Unsplash.com

Dahulu, untuk mendapatkan minyak esensial, seseorang harus meraciknya sendiri dari bahan-bahan alami. Tentu prosesnya cukup lama dan tidak mudah dilakukan oleh awam.

Karena itu, Young Living Oil membuat terobosan dengan menciptakan essential oil terbaik dalam kemasan. Sebagai rekomendasi, berikut ini ada empat minyak esensial dari Young Living Oil yang bisa kamu gunakan.

1. Lemon Essential Oil

Lemon Essential Oil efektif memicu sistem limfatik penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Pasalnya, minyak ini termasuk ke dalam keluarga sitrus dengan kandungan antimikroba yang kuat.

Banyak riset yang membuktikan, bahwa Lemon Essential Oil mampu membunuh berbagai macam jamur. Minyak tersebut juga dapat melindungi tubuh dari bakteri berbahaya, seperti Salmonella dan E.coli.

2. Ginger Essential Oil

Secara alami, jahe mampu memulihkan imunitas tubuh yang melemah. Rempah ini juga dapat membantu mempercepat respons antibodi di dalam tubuh. Dengan demikian, antibodi efektif menghentikan serangan virus maupun bakteri.

Berdasarkan penelitian, jahe juga bekerja efektif pada pasien kanker. Studi tersebut berhasil membuktikan adanya peningkatan sel darah putih sebanyak 11 persen di tubuh pasien. Fungsi sel darah putih adalah membentuk antibodi untuk melawan virus.

Karena itu, Young Living Oil untuk imunitas mengeluarkan produk Ginger Essential Oil. Produk ini mengandung 100% minyak esensial jahe murni yang bermanfaat bagi tubuh.

3. Thyme Essential Oil

Salah satu tanda menurunnya kekebalan tubuh, yakni tingkat konsentrasi antibodi berkurang. Itulah sebabnya, kemampuan sel kekebalan tubuh dalam menghancurkan patogen ikut melemah.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Young Living mengeluarkan essential oil untuk antivirus berbahan timi. Tanaman timi di alam memiliki tinggi hingga 30 cm, tumbuh tegak, dan bercabang banyak.

Oleh Young Living, timi dikemas menjadi produk Thyme Essential Oil. Minyak ini terbukti ampuh melawan mikroorganisme berbahaya yang resisten antibiotik.

4. Rosemary Essential Oil

Keberadaan patogen berbahaya dalam tubuh kerap tidak disadari. Karena itu, tubuh bisa langsung melemah ketika mendapat serangan patogen.

Untungnya, sebuah riset membongkar khasiat minyak rosemary yang efektif melawan bakteri dan jamur berbahaya. Bahkan, mampu membunuh mikroorganisme yang resisten terhadap obat tertentu, misalnya, jamur Candida dan E.coli.

Itulah ulasan singkat seputar essential oil untuk flu maupun meningkatkan imunitas. Kekebalan tubuh merupakan modal utama untuk hidup sehat. Mulai sekarang, ayo, gunakan minyak esensial secara rutin agar kekebalan tubuh tetap terjaga.

Best Seller

Related Article