Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Kombinasi Essential Oil untuk Tidur Nyenyak

Kombinasi Essential Oil untuk Tidur Nyenyak

Bagi manusia, kebutuhan akan tidur sama pentingnya dengan kebutuhan makan dan minum. Ibarat gawai, tubuh manusia kembali mengisi energi saat tidur. Itulah mengapa kamu siap memulai hari baru setelah bangun di pagi hari. Namun, apa jadinya jika proses pengecasan tersebut terganggu, misalnya sering terbangun tengah malam atau jam tidur cenderung larut. Tubuhmu tentu akan menghadapi masalah serius, mulai dari tidak bersemangat hingga terserang penyakit.

Segera atasi jika kamu mengalami kondisi di atas! Salah satu cara terbaik untuk dicoba adalah menggunakan essential oil untuk tidur nyenyak.

Dampak Buruk dari Kualitas Tidur yang Jelek

resep essential oil untuk tidur nyenyak
Sumber : Cnnindonesia.com

Banyak ahli yang selalu menekankan pentingnya tidur berkualitas, setidaknya 7 hingga 8 jam per hari. Hal ini semata-mata untuk menghindari dampak buruk yang akan terjadi pada tubuh, antara lain:

1. Memiliki Risiko Penyakit Serius Lebih Besar

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa 9 dari 10 penderita gangguan tidur lebih rentan menderita penyakit serius, seperti jantung, diabetes, obesitas, kanker, tekanan darah tinggi, dan stroke.

2. Mengalami Penuaan Dini

Penderita gangguan tidur lebih rentan mengalami mata bengkak, kulit kusam, dan kerutan. Hal ini dikarenakan oleh adanya peningkatan hormon kortisol dalam tubuh. Kelebihan hormon ini merusak kinerja kolagen sehingga elastisitas dan kelembutan kulit tidak terjaga.

3. Menghadapi Masalah Kesehatan Mental

Kurang tidur menyebabkan suasana hati menjadi tidak nyaman. Sebab itulah, penderita insomnia selalu dilanda kecemasan dalam kesehariannya.

4. Menurunnya Sistem Kekebalan Tubuh

Mudah terserang penyakit dan lambat dalam proses penyembuhan adalah dampak buruk lain dari jeleknya kualitas tidur. Hormon sitokin berfungsi sebagai perisai tubuh untuk melawan infeksi, peradangan, dan stres. Akan tetapi, terganggunya waktu tidur bisa menyebabkan berkurangnya produksi hormon ini.

Melihat keempat dampak buruk di atas, kamu harus mengambil tindakan bila mengalami gangguan tidur. Aroma essential oil yang menenangkan akan membantumu lelap sepanjang malam.

Manfaat dan Kegunaan Essential Oil

essential oil untuk menghilangkan stress
Sumber : Envato.com

Bersumber dari bahan alami tanpa campuran kimia menjadikan essential oil populer di kalangan pencinta pengobatan herbal. Bahkan, saat ini, minyak aromaterapi sudah mulai digandrungi masyarakat umum. Kebanyakan dari mereka menggunakan essential oil sebagai produk kesehatan, bibit parfum, campuran produk kecantikan, dan media aromaterapi.

Beberapa manfaat nyata yang sudah dirasakan konsumen essential oil, adalah mengobati batuk pilek, menghaluskan kulit, mengurangi kecemasan, menjaga imunitas, mengatasi insomnia, menghilangkan ketombe, dan sebagainya.

9 Varian Young Living Essential Oil untuk Tidur Nyenyak

essential oil untuk bayi tidur nyenyak
Sumber : Atsirich.com

Jadikan aromaterapi sebagai ritual awalmu sebelum pergi tidur di malam hari! Sembilan varian berikut ini merupakan pilihan populer essential oil untuk bayi tidur nyenyak sekaligus dewasa.

1. Lavender

Lavender menjadi salah satu pilihan populer sebagai essential oil untuk menghilangkan stres. Aroma dari satu tetes minyak Lavender mampu memberikan ketenangan pikiran dan jiwa ketika dihirup.

2. Bergamot

Bergamot Essential Oil dihasilkan dari buah bitter orange, atau disebut juga Citrus bergamia. Oleh sebab itulah, wewangian khas kulit jeruk akan lebih dominan tercium dari minyak ini. Tidak ada yang lebih menenangkan saat menjelang tidur selain menghirup aroma yang segar.

3. Patchouli

Siapa sangka semak bisa menjadi produk andalan? Di tangan para ahli Perusahaan Young Living, Patchouli atau Pogostemon cablin—tanaman semak dari wilayah Asia Tenggara—berubah menjadi minyak asiri berkualitas premium. Aroma khas Patchouli dapat ditemukan pada berbagai produk, seperti parfum, sabun, dan sebagainya.

4. Ylang Ylang

Meningkatkan mood, menurunkan tekanan darah tinggi, menghilangkan kecemasan, menangkal radikal bebas, mengusir serangga, dan membunuh bakteri adalah sedikit dari banyaknya khasiat Ylang Ylang.

5. Cedarwood

Varian selanjutnya adalah oil yang diekstrak dari kayu, yakni pohon cedar. Hangat, santai, dan nyaman merupakan ciri khas utama aroma Cedarwood Essential Oil. Oleh karena itu, varian ini selalu hadir dalam resep essential oil untuk tidur nyenyak.

6. Frankincense

Insomnia biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki rasa kecemasan yang tinggi. Nah, salah satu khasiat Frankincense Essential Oil adalah meredakan rasa cemas berlebih saat dijadikan aromaterapi. Itulah mengapa minyak asiri ini sangat cocok buat penderita gangguan tidur, seperti insomnia.

7. Valerian

Berikutnya adalah varian yang diambil dari bagian akar tanaman Valeriana officinalis, dipasarkan dengan nama produk Valerian Essential Oil. Jika membaca ulasan pengguna terdahulu, kamu akan tahu alasan produk ini jadi idola bagi penderita insomnia.

8. Marjoram

Marjoram Essential Oil sering digunakan sebagai campuran media pijat. Aromanya yang khas bisa memberikan efek relaksasi otot bagi penggunanya. Makin ringan ketegangan otot, makin stabil emosimu. Kondisi ini mengakibatkan tidur lebih nyenyak.

9. Copaiba

Varian oil terakhir adalah Copaiba. Minyak ini berfungsi untuk menjaga noda pada kulit, menyegarkan tubuh, mengatasi rambut rontok, dan sebagainya. Kamu hanya memerlukan satu tetes Copaiba setiap malamnya agar tidurmu jadi lebih nyaman.

Kumpulan Resep Essential Oil untuk Tidur Nyenyak

Kombinasikan beberapa varian di atas untuk menciptakan aroma essential oil untuk tidur nyenyak di malam hari. Gunakan diffuser sebagai alat bantu dan lakukan setidaknya 2 kali sehari agar hasil lebih optimal!

1. Resep Tidur Nyenyak buat Dewasa

Kombinasi 1 : 4 tetes Lavender, 1 tetes Bergamot, 1 tetes Patchouli, 1 tetes Ylang Ylang.

Kombinasi 2 : 3 tetes Copaiba, 3 tetes Frankincense, 3 tetes Lavender.

Kombinasi 3 : 3 tetes Lavender, 3 tetes Cedarwood.

Kombinasi 4 : 3 tetes Lavender, 3 tetes Bergamot, 1 tetes Valerian.

Kombinasi 5 : 2 tetes Ylang Ylang, 2 tetes Frankincense, 2 tetes Bergamot, 2 tetes Valerian, 2 tetes Marjoram

2. Resep Tidur Nyenyak buat Bayi/Anak-Anak

Kombinasi 1 : 2 tetes Lavender, 2 tetes Cedarwood.

Kombinasi 2 : 2 tetes Lavender, 2 tetes Frankincense.

Tips Aman Memakai Essential Oil

Meski terlihat gampang, penggunaan minyak asiri haruslah sesuai dengan prosedur keamanan. Salah dalam pemakaian bisa berakibat buruk pada tubuhmu. Berikut ini beberapa tips buat kamu yang baru mulai menggunakan essential oil.

  • Selalu gunakan diffuser dan carrier oil.
  • Bila ingin memakai oil dengan cara oles, pastikan kamu sudah melakukan tes alergi dan sensitivitas kulit terlebih dahulu.
  • Pilih varian oil yang disarankan sesuai usia dan kondisi kesehatan, contohnya ibu hamil disarankan untuk tidak menggunakan Lemongrass Essential Oil.

Jadi, tidak usah ragu lagi buat menggunakan minyak asiri. Sepanjang kamu mengikuti prosedur pemakaian, kamu tidak akan mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagaimana, siap menggunakan essential oil untuk tidur nyenyak?

Best Seller

Related Article