Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Jenis dan Manfaat Aromatherapy Diffuser yang Harus Kamu Ketahui

jenis dan manfaat aromatherapy diffuser yang harus kamu ketahui

Sejak ribuan tahun lalu, aromatherapy dimanfaatkan oleh bangsa Mesir Kuno, Yunan, hingga Asia untuk pengobatan. Mereka juga kerap menggunakan aromatherapy sebagai bahan wewangian tubuh maupun rambut.

Sementara di masa kini, penggunaan aromatherapy diffuser menjadi tren tersendiri di masa pandemi Covid-19. Sebagian masyarakat memercayai kandungan aromatherapy  dapat memberikan manfaat kesehatan untuk pikiran, tubuh, maupun jiwa.

Kamu ingin tahu apa itu diffuser aromaterapi, jenis, serta manfaatnya? Yuk, baca terus ulasan berikut!

Apa Itu Aromatherapy Diffuser?

essential oil diffuser
Sumber : Bukalapak.com

Aromaterapi merupakan cara terapi dengan memanfaatkan essential oil yang berasal dari sari-sari tumbuhan, pohon, maupun bunga. Agar menyebar ke seluruh ruangan, aromaterapi harus berbentuk uap. Alat pengubah minyak esensial menjadi uap itulah yang disebut diffuser.

Diffuser memudahkan penghuni rumah untuk menghirup uap aromaterapi. Ketika menghirup, sistem limbik dalam otak bekerja optimal. Dengan demikian, fungsi denyut jantung, ingatan, keseimbangan hormon, dan emosi menjadi lebih stabil.

Jenis-Jenis Diffuser

ragam jenis diffuser
Sumber : Wsj.com

Diffuser terdiri dari beberapa jenis dengan bahan, fungsi, dan kelebihan berbeda-beda. Berikut daftar diffuser yang direkomendasikan.

●     Ceramic

Jenis diffuser ini berbahan keramik sehingga cocok untuk kamu yang memiliki estetika tinggi. Bentuk diffuser beragam dengan motif berbeda-beda dan permukaan cenderung mengilap. Selain itu, diffuser keramik juga mudah dibersihkan.

Diffuser bekerja dengan memanfaatkan gelombang ultrasonik. Saat diaktifkan, gelombang tersebut mampu mengubah essential oil diffuser menjadi uap. Kamu bisa menghirup uap secara maksimal jika meletakkan diffuser di ruangan kecil.

●     Reed

Reed merupakan diffuser yang terbuat dari bahan kayu rotan berpori. Bahan tersebut berbentuk stik dupa. Kemudian, stik dupa menyerap essential oil untuk diubah menjadi uap.

Uap yang dihasilkan diffuser reed  menyebar rata ke seluruh ruangan. Karena itu, reed cocok diletakkan di ruangan berukuran luas.

Dibandingkan jenis diffuser lain, reed lebih tahan lama dengan intensitas aroma yang lembut. Selain itu, kamu bisa menghemat pengeluaran karena reed tidak menggunakan listrik.

●     Nebulizer

Nebulizer diffuser terbuat dari kombinasi bahan kayu dan kaca silinder berbentuk botol. Cara kerja nebulizer, yakni memecah essential oil menjadi molekul kecil. Kemudian, diffuser menyebarkan molekul ke seluruh ruangan.

Keunggulan nebulizer diffuser, yaitu mampu memiliki jangkauan luas. Jadi, kamu bisa meletakkan diffuser di ruangan berukuran besar, seperti ruang tamu. Kelebihan lainnya, molekul yang keluar dari diffuser relatif kecil sehingga mudah diserap tubuh.

Namun, nebulizer diffuser menimbulkan suara bising saat diaktifkan. Selain itu, diffuser lebih sulit dibersihkan dibandingkan jenis lain.

●     Ultrasonic

Ultrasonic diffuser memanfaatkan frekuensi elektronik untuk menghasilkan kabut halus dari energi gerak di dalam minyak esensial. Kemudian, kabut halus tersebut disebarkan ke ruangan melalui udara.

Salah satu fungsi ultrasonic diffuser adalah melembapkan ruangan. Karena itu, ruangan yang menggunakan diffuser tersebut bebas dari udara kering.

Harga diffuser jenis ultrasonic ini tergolong lebih murah daripada jenis lain. Kendati demikian, diffuser ini memiliki kualitas bagus. Bahkan, beberapa model ultrasonic diffuser bisa mati otomatis saat jumlah minyak yang dilepaskan sudah maksimal.

●     Candle

Candle diffuser berbentuk lilin yang mengandalkan suhu panas untuk menciptakan aromaterapi. Cara kerjanya, yakni dengan meneteskan essential oil dan air ke diffuser. Setelah itu, kamu bisa meletakkan lilin di bawah wadah diffuser.

Dilihat dari cara kerja, candle diffuser tergolong praktis. Namun, diffuser ini dapat mengubah struktur kimia essential oil. Jadi, aromaterapi yang dihasilkan tidak bisa bekerja efektif.

●     Electric

Electric diffuser tidak menggunakan listrik maupun energi panas dalam sistem kerjanya. Alat ini hanya memanfaatkan kipas di dalam diffuser untuk menghasilkan uap aromaterapi.

Untuk mengaktifkan fungsi diffuser, kamu harus meneteskan essential oil ke air. Kemudian, tempatkan kedua bahan tersebut ke wadah diffuser. Selanjutnya, alat akan bekerja mengubah minyak menjadi molekul-molekul kecil dan menyebarkan ke udara.

Manfaat Diffuser

jual aromatherapy diffuser
Sumber : Grid.id

Dengan menggunakan diffuser aromaterapi, kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat berikut ini.

●     Menghilangkan Stres

Stres dapat muncul ketika seseorang merasa batinnya tertekan. Saat berada dalam kondisi tersebut, tubuh mengeluarkan hormon kortisol. Kemudian, tubuh memunculkan gejala-gejala, seperti gemetar, kaki dan tangan dingin, serta telinga berdengung.

Karena itu, seseorang yang berada dalam kondisi stres membutuhkan relaksasi. Banyak riset membuktikan, relaksasi terbaik bisa didapatkan dengan menghirup essential oil diffuser.

Salah satu contoh minyak esensial yang dapat merelaksasi pikiran adalah aroma lavender. Jika seseorang menghirup aroma ini, sistem saraf simpatisnya akan memberikan perlawanan pada stres. Dengan demikian, mood kamu akan kembali baik, pikiran jernih, serta perasaan lebih tenang.

●     Membantu Mengatasi Insomnia

Kamu pernah kesulitan memejamkan mata di malam hari? Hati-hati; kamu bisa jadi terkena gejala insomnia. Salah satu penyebab insomnia adalah kecemasan berlebihan yang dapat memicu depresi.

Karena itu, pengidap insomnia membutuhkan diffuser aromaterapi untuk menenangkan hati. Dengan hati tenang, seseorang bisa tidur lebih cepat dan nyenyak.

Adapun pilihan minyak esensial yang direkomendasikan untuk insomnia, antara lain rose, bulgarian, lavender, dan kamomil. Kamu bisa memasang diffuser essential oil tersebut mulai sore hari untuk meningkatkan kualitas tidur.

●     Meningkatkan Konsentrasi

Sulit konsentrasi dapat disebabkan oleh kurang tidur, gangguan kecemasan, stres, serta kondisi lapar. Di samping itu, mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menjadi pemicu sulit konsentrasi.

Menggunakan diffuser aromaterapi adalah salah satu cara untuk mengembalikan konsentrasi seseorang. Pasalnya, minyak esensial dalam diffuser mengandung adaptogen—zat alami yang meningkatkan ketahanan tubuh.

●     Mengusir Lalat dan Nyamuk

Kamu ingin tidur nyenyak tanpa diganggu gigitan nyamuk? Memasang diffuser minyak esensial lavender adalah solusi terbaik. Pasalnya, bunga lavender menghasilkan aroma alami yang tidak disukai oleh serangga, termasuk lalat.

●     Mencegah Penyakit yang Disebabkan Virus

Beberapa jenis minyak esensial dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh, seperti tea tree, rosemary, dan clary sage. Dengan sistem imun kuat, maka tubuh mampu menangkal virus apa pun yang masuk. Jadi, kamu tetap sehat meskipun virus menginfeksi orang-orang terdekat.

Demikian pembahasan tentang aromatherapy diffuser beserta jenis dan manfaatnya bagi tubuh. Kini, kamu bisa mendapatkan diffuser melalui situs online yang jual diffuser aromatherapy. Tunggu apa lagi? Pilih diffuser favorit dan aktifkan aromaterapi sesuai kebutuhan kamu.

Best Seller

Related Article