Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Inilah Khasiat Minyak Esensial yang Perlu Kamu Tahu

Inilah Khasiat Minyak Esensial yang Perlu Kamu Tahu

Penggunaan minyak esensial (essential oil) dalam keseharian makin populer beberapa tahun terakhir. Alasan yang paling masuk akal adalah karena manfaatnya yang baik bagi kesehatan dan kecantikan. Siapa yang tidak ingin terlihat sehat dan cantik setelah melakukan aromaterapi yang menyenangkan?

Saat ini, ada berbagai merek produk minyak esensial bisa ditemukan di pasaran. Jenis aroma yang ditawarkan pun sangat beragam. Pengguna dapat memilih berdasarkan manfaat yang ingin didapatkan. Tiap jenis minyak esensial memang memiliki khasiat yang berbeda-beda tergantung kandungan di dalamnya.

Memilih Minyak Esensial Terbaik

minyak esensial young living
Sumber : Envato.com

Minyak esensial merupakan minyak yang didapatkan melalui proses distilasi dan kondensasi. Distilasi adalah memanaskan benda cair atau benda padat sehingga berubah menjadi uap, sedangkan kondensasi adalah perubahan uap air menjadi benda cair pada suhu di bawah titik embun.

Hasil proses tersebut kemudian dikemas menjadi produk minyak esensial yang bisa digunakan setiap hari. Cara penggunaannya bisa dengan dihirup langsung, melalui diffuser, atau dioleskan pada kulit.

Nah, salah satu produk minyak esensial terbaik yang bisa kamu gunakan adalah Young Living. Mengusung standar yang ketat, produk Young Living tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Meskipun harga minyak esensial yang ditawarkan tak terlalu murah, manfaatnya sangat sebanding.

Karena berbagai keunggulan minyak esensial dari Young Living tersebut, tak ada alasan untuk tidak mencobanya. Supaya tak bingung memilih dari banyaknya koleksi yang tersedia, kenali berbagai manfaatnya terlebih dahulu.

Khasiat Minyak Esensial bagi Tubuh

 

harga minyak esensial
Sumber : Envato.com

Penggunaan minyak esensial dalam aromaterapi ternyata bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Ada sejumlah penelitian yang mendukung pernyataan tersebut. Karena itu, tak perlu ragu lagi menggunakannya. Yuk, simak di sini apa saja kelebihan minyak esensial bagi tubuh.

1. Membangkitkan Semangat

Apakah kamu pernah merasa kurang merasa bersemangat untuk beraktivitas saat bangun di pagi hari? Penyebabnya bisa jadi karena kurang tidur atau terlalu lelah pada hari sebelumnya. Tanpa semangat, produktivitas tentu tak akan optimal.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membangkitkan semangat adalah menghirup aroma minyak esensial. Ada beberapa jenis aroma yang disarankan, yaitu rosemary, chamomile, dan peppermint.

Kandungan dalam rosemary dapat meningkatkan fokus. Chamomile bisa kamu gunakan untuk meredakan rasa gelisah dan tertekan karena beban pekerjaan. Peppermint bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit kepala.

2. Menyegarkan Kulit

Kulit yang terasa kusam dan tidak segar dapat mengurangi kesempurnaan penampilan. Untuk mengatasinya, ada berbagai cara yang bisa ditempuh, antara lain rajin mengonsumsi buah dan sayur, berolahraga, atau menggunakan produk perawatan kulit.

Namun, ada satu lagi cara yang bisa kamu lakukan, yaitu melakukan aromaterapi dengan minyak esensial. Jenis minyak esensial yang cocok adalah jasmine. Saat digunakan, minyak esensial jasmine akan menghidrasi kulit kering dan menyembuhkan eksim.

Bukan hanya itu, minyak esensial jasmine juga dapat membantu meningkatkan pergantian sel sehingga lebih mudah mencerahkan kulit, terutama bekas luka. Fungsi dari dalam adalah menyeimbangkan kadar hormon dan mengurangi stres.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Apakah kamu bermasalah dengan insomnia? Kesulitan untuk mengatur pola tidur seperti seharusnya merupakan masalah sebagian orang. Padahal, istirahat pada malam hari yang tidak berkualitas dapat berdampak buruk terhadap kesehatan fisik maupun mental.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan minyak esensial lavendel. Di kalangan pecinta aromaterapi, jenis aroma ini sangat populer. Sejumlah studi menyatakan bahwa lavendel bisa meningkatkan kualitas tidur serta mengatasi insomnia.

4. Mengurangi Kecemasan

Banyak orang mengalami kecemasan pada situasi tertentu atau karena sebab tertentu. Berbagai cara dilakukan untuk mengurangi kecemasan agar kualitas hidup membaik. Langkah pertama tentu mengenali sumber kecemasan dan kemudian mencari solusi terbaik untuk mengatasinya.

Sambil menyelesaikan masalah yang dihadapi, kamu juga bisa membantu mengurangi kecemasan dengan melakukan aromaterapi di ruangan. Minyak esensial yang cocok digunakan pada kondisi cemas adalah lemon.

Kandungan dalam lemon dapat mendorong produksi serotonin dan dopamin. Menghirup aroma lemon juga dapat meningkatkan mood dan menciptakan rasa relaks.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba minyak esensial sandalwood. Minyak esensial ini diambil dari kayu dan akar Santalum album. Berdasarkan penelitian, penggunaan sandalwood untuk aromaterapi dapat mengurangi kecemasan berlebih.

5. Meredakan Nyeri

Khasiat minyak esensial lainnya adalah meredakan rasa nyeri yang dialami. Sebuah penelitian tentang manfaat mawar dilakukan oleh para peneliti di Isfahan University of Medical Sciences pada 2013. Respondennya adalah anak-anak yang baru saja menjalani operasi.

Hasil dari penelitian menyebutkan bahwa pasien yang menghirup aroma mawar mengalami rasa sakit yang lebih sedikit daripada yang lain. Para peneliti menduga aroma minyak mawar tersebut mendorong otak untuk menciptakan endorfin atau dikenal dengan istilah hormon “perasaan senang”.

Karena itu, aromaterapi dengan menggunakan minyak esensial rose dapat dilakukan, terutama bagi mereka yang baru menjalani operasi. Dengan manfaat yang terkandung di dalamnya, rasa sakit akan berkurang dan diganti oleh rasa senang.

6. Membersihkan Udara

Aromaterapi dengan minyak esensial juga dapat kamu gunakan untuk membuat udara dalam ruangan lebih bersih dan segar. Jenis minyak esensial yang bisa kamu coba adalah lemongrass. Aroma segar dari lemongrass akan mendukung kualitas istirahat yang baik.

Minyak esensial lemongrass bisa kamu gunakan dengan cara pijat maupun diffuse. Supaya hasilnya lebih optimal, kamu juga dapat menyemprotkan minyak esensial yang dicampur air ke seluruh ruangan. Jika diaplikasikan pada benda, aroma lemongrass dapat menghilangkan bau tidak sedap.

Masih ada berbagai manfaat penggunaan minyak esensial berdasarkan jenisnya. Metode penggunaannya pun berbeda-beda. Kamu bisa memilih mana yang paling cocok dan praktis untuk dilakukan.

Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan minyak esensial berkualitas, pilih Young Living. Hasil yang akan kamu dapatkan pasti optimal karena produknya pun terjamin.

Best Seller

Related Article