Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Harum dan Membuat Relaks, Inilah 7 Resep Pengharum Ruangan Aroma Terapi

Harum dan Membuat Relaks, Inilah 7 Resep Pengharum Ruangan Aroma Terapi

Saat ini, banyak jenis pengharum ruangan aroma terapi yang dijual di pasaran. Namun, pilihan aroma serta manfaat yang diperoleh belum tentu sesuai dengan kebutuhan. Kabar baiknya, kamu kini bisa membuat sendiri aroma terapi dari minyak esensial. Dengannya, jenis aroma yang tepat dapat dipilih sesuai dengan tujuan aroma terapi.

Mengenal Minyak Esensial dan Manfaatnya

diffuser aroma terapi
Sumber : Envato.com

Minyak esensial merupakan minyak nabati kental yang juga dikenal sebagai minyak asiri atau minyak aromatik. Minyak ini sangat mudah menguap dengan menghasilkan bau-bauan khas yang kuat sehingga sering dijadikan sebagai bibit minyak wangi.

Susunan senyawa dari komponen pembentuk minyak esensial menimbulkan aroma yang sangat memengaruhi saraf bagian hidung manusia. Akibatnya, aroma minyak ini dapat menimbulkan efek psikologis tertentu sesuai dengan bahan pembuatnya. Oleh karena itu, minyak esensial sering juga digunakan sebagai diffuser aroma terapi.

Minyak esensial memiliki sejumlah manfaat yang diakui sejak masa lampau:

1. Pereda stres

Aroma yang tepat dapat merangsang saraf melalui indra penciuman dan memberikan efek relaks yang meredakan ketegangan pikiran.

2. Membantu tidur lebih lelap

Efek menenangkan dari harum aroma terapi dapat membantu kamu tidur lebih lelap dan bangun kembali dalam keadaan bugar.

3. Meningkatkan mood

Ketika mood terasa kacau, menghirup harum aroma terapi dapat membantu kamu kembali menata perasaan dan kembali produktif dalam berbagai aktivitas.

4. Meredakan rasa sakit pada tubuh

Selain sebagai pengharum ruangan aroma terapi, minyak esensial juga dapat dioleskan pada bagian tubuh yang terasa sakit. Minyak esensial dapat membantu meredakan rasa sakit dan membantu memulihkan peradangan.

5. Memulihkan energi dengan cepat

Rasa relaks dan bugar setelah menghirup harum aroma terapi dapat membantu memulihkan energi dengan cepat. Selamat tinggal perasaan lelah dan tidak berdaya!

Memilih Minyak Esensial yang Tepat untuk Aroma Terapi

aroma terapi ruangan yang bagus
Sumber : Envato.com

Tidak seluruh minyak esensial bisa digunakan begitu saja untuk beragam manfaat. Agar bisa memperoleh manfaat yang diharapkan, beberapa tips memilih minyak esensial ini dapat dicoba.

1. Pilih hanya minyak esensial murni

Pastikan bahwa minyak esensial yang digunakan merupakan minyak esensial murni, bukan minyak esensial sintetis ataupun hasil campuran dengan bahan lain. Minyak esensial yang tidak lagi murni dapat mengurangi manfaat ataupun efektivitas minyak. Harga pengharum ruangan aroma terapi dari minyak esensial murni pun biasanya lebih tinggi daripada diffuser aroma terapi yang dicampur bahan lain.

2. Ketahui manfaat dari jenis-jenis minyak esensial

Setiap minyak esensial memiliki manfaat tersendiri. Tidaklah pas jika dikatakan bahwa sebuah minyak esensial dapat digunakan untuk meredakan segala macam keluhan. Sebaliknya, terdapat manfaat khusus dari setiap jenis minyak esensial sesuai bahan penyusunnya. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk terlebih dahulu memahami fungsi serta manfaat berbagai jenis minyak esensial. Dengan demikian, kamu dapat memilih minyak esensial yang paling tepat sesuai manfaat yang diharapkan.

3. Pilih minyak esensial sesuai kegunaan

Setelah mengetahui manfaat dari beberapa jenis minyak esensial, tentu saja langkah berikutnya yaitu memilih minyak sesuai kegunaan yang diharapkan. Kurang tepat jika seseorang ingin meredakan stres menggunakan minyak esensial peningkat energi.

4. Membuat racikan kombinasi sesuai rekomendasi

Kamu dapat mencampur beberapa jenis minyak esensial untuk memperoleh manfaat tertentu. Namun, tentunya bukan asal campur ya! Ikutilah resep kombinasi minyak yang direkomendasikan oleh produk minyak esensial pilihan kamu. Aroma terapi ruangan yang bagus biasanya juga menyediakan produk blend, yaitu campuran dari beberapa jenis minyak esensial murni.

5. Memilih minyak esensial sesuai usia pengguna

Perhatikanlah bahwa tidak semua minyak esensial cocok untuk segala usia. Jika ingin menggunakan minyak esensial untuk bayi, pilihlah bahan-bahan yang jelas aman untuk bayi. Minyak esensial dari kayu cedar, lavender, lemon, dan kemenyan dari Young Living terbukti aman digunakan untuk bayi sekalipun.

Resep Pengharum Ruangan Aroma Terapi

harga pengharum ruangan aroma terapi
Sumber : Envato.com

Young Living memberikan beberapa resep kombinasi yang dapat dipilih untuk berbagai manfaat. Bukan hanya untuk orang dewasa, beberapa kombinasi juga cocok digunakan untuk anak-anak bahkan bayi.

1. Energize Me

Dapatkan asupan aroma terapi pemompa energi dengan mengombinasikan 3 tetes Young Living Lavender, 2 tetes Geranium, 1 tetes Rosemary, dan 1 tetes Tea tree. Paduan aroma segar dari tumbuhan tersebut bermanfaat meningkatkan gairah dan energi kamu setiap hari.

2. Pay Attention!

Kemampuan untuk dapat fokus ketika bekerja dapat sangat membantu meningkatkan produktivitas kerja. Salah satu upaya untuk memfokuskan pikiran dapat dengan menyebarkan difusser aroma terapi dari minyak esensial. Coba kombinasikanlah 4 tetes minyak aroma Lavender, 2 tetes Vetiver, dan 1 tetes Cedarwood.

3. Peaceful Night

Dapatkan istirahat malam yang tenang dan berkualitas dengan menyebarkan pengharum ruangan aroma terapi di kamar tidur kamu. Untuk itu, Young Living merekomendasikan pencampuran 4 tetes Lavender, 1 tetes Bergamot, 1 tetes Patchouli, dan 1 tetes Ylang Ylang.

4. Chill Pill

Segarkan kembali diri kamu setelah penat beraktivitas dengan ramuan Chill Pill pada diffuser aroma terapi. Campurkan 3 tetes Grapefruit, 3 tetes Orange, 2 tetes Lemon, serta 1 tetes Bergamot dari produk Young Living.

5. Sleep Well

Bagi kamu yang sulit tidur sehingga istirahat malam terasa tidak mencukupi, tidak ada salahnya mencoba racikan pengantar tidur dari Young Living ini. Kombinasi 4 tetes Lime, 2 tetes Lavender, dan 2 tetes Cedarwood akan membantu kamu tidur dengan lebih baik sehingga bangun pagi terasa lebih bugar. Kamu pun siap menghadapi hari dengan penuh semangat.

6. Calm Baby

Bantu bayi kamu untuk dapat tidur dengan tenang menggunakan pengharum ruangan aroma terapi. Kombinasi 2 tetes Lavender dan 1 tetes Stress Away dari Young Living aman digunakan untuk bayi dan menimbulkan efek menenangkan sehingga bayi tidak rewel.

7. Sweet Dream

Aroma yang manis dari campuran 2 tetes Lavender serta 2 tetes Cedarwood dapat digunakan pula sebagai diffuser aroma terapi sebelum tidur. Kombinasi kedua bahan tersebut dapat terasa menyenangkan dan mengantarkan bayi kamu tidur diiringi mimpi manis yang indah.

Sekarang, kamu tidak lagi bingung memilih jenis minyak esensial mana yang cocok untuk kamu. Di antara pengharum ruangan aroma terapi di atas, racikan mana yang menjadi favorit kamu?

Best Seller

Related Article