Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Essential Oil untuk Hand Sanitizer, Begini Cara Buatnya!

essential oil untuk hand sanitizer begini cara buatnya

Semenjak COVID-19 ditetapkan sebagai pandemi global, hand sanitizer menjadi barang yang dibutuhkan oleh semua orang. Diklaim sebagai agen pembunuh virus dan bakteri di tangan, hand sanitizer dari berbagai merek dan label bermunculan di pasaran. Kamu dapat dengan mudah menemukannya dalam bentuk cairan atau gel. Kandungan yang dimiliki pun tak kalah beragam.

Namun, tahukah kamu? Ternyata, di samping membeli hand sanitizer di pasaran, kamu bisa meraciknya sendiri di rumah. Salah satu caranya adalah menggunakan essential oil untuk hand sanitizer dengan pilihan aroma yang dapat ditentukan sesuai keinginan.

Hand Sanitizer dari Essential Oil, Amankah?

essential oil untuk hand sanitizer jel
Sumber : Tribunnews.com

Saat membahas penggunaan essential oil untuk hand sanitizer, kamu mungkin bertanya-tanya apakah hal ini adalah pilihan yang aman atau tidak. Sebenarnya, jika dibandingkan dengan buatan pabrik, hand sanitizer rumahan tergolong lebih aman karena bahannya dapat dipilih sesuai kebutuhan dan kondisi kulitmu.

Hand sanitizer yang tersedia di pasaran umumnya dicampur dengan berbagai bahan kimia, seperti paraben, parfum sintetis, dan sodium lauryl sulfate. Kandungan tersebut memang dapat membersihkan tangan dan membunuh mikrob berbahaya, tetapi penggunaan yang terlalu sering dan dalam jangka panjang berisiko merusak jaringan kulit, terutama jika kamu memiliki tipe kulit sensitif.

Meracik hand sanitizer sendiri dengan bahan-bahan alami seperti minyak esensial adalah solusi alternatif. Perihal keamanan, kuncinya ada pada bahan yang digunakan. Jika kamu memilih varian yang tepat, hasil hand sanitizer racikan sendiri pun akan dapat digunakan dengan aman tanpa efek samping berbahaya dalam jangka panjang.

Rekomendasi Varian Essential Oil untuk Hand Sanitizer

eo hand sanitizer
Sumber : Griyahusada.id

Penggunaan essential oil untuk hand sanitizer dianggap dapat mempertahankan kelembapan kulit dan memberi nutrisi yang cukup di samping membunuh virus dan bakteri. Selain itu, beberapa minyak esensial memiliki kandungan antibakteri yang bisa membuat hand sanitizer bekerja lebih efektif. Efek aromaterapi yang dihasilkan juga akan membuatmu lebih relaks saat menggunakannya.

Namun, sejumlah keuntungan tersebut tidak dimiliki oleh semua varian essential oil. Kamu perlu memilih minyak esensial tertentu yang memang sesuai untuk diracik menjadi hand sanitizer. Beberapa varian yang direkomendasikan adalah:

  • Tea tree oil
  • Lavender
  • Rosemary
  • Cengkih
  • Oregano
  • Kayu manis
  • Thyme
  • Geranium
  • Lemon
  • Peppermint
  • Eucalyptus atau minyak kayu putih

Sejumlah varian di atas memiliki kandungan antiseptik, antivirus, dan antibakteri yang mendukung fungsi hand sanitizer sebagai cairan pembersih tangan. Semuanya juga tergolong varian yang aman untuk diaplikasikan pada kulit. Bahkan, beberapa varian seperti cengkih dan kayu manis memiliki manfaat tambahan yang dapat meredakan infeksi pernapasan.

Untuk meracik hand sanitizer dari minyak esensial, kamu bisa menggunakan satu jenis saja atau mencampurkan beberapa varian berbeda. Tea tree oil dianggap sebagai pilihan netral yang mudah dicampurkan bersama varian yang lain, terutama dengan lavender, rosemary, dan peppermint.

Langkah Meracik Hand Sanitizer dari Essential Oil

essential oil untuk hand sanitizer spray diy
Sumber : Popbela.com

Agar dapat meracik essential oil untuk hand sanitizer dengan tepat, kamu harus menyiapkan bahan yang diperlukan serta mengikuti langkah pembuatan yang sesuai. Simak uraian di bawah ini untuk memulai.

●      Bahan dan Alat yang Diperlukan

Bahan utama yang diperlukan adalah varian minyak esensial pilihan dan beberapa bahan campuran lainnya. Dalam resep ini, essential oil yang digunakan adalah campuran tea tree oil dan minyak lavender. Namun, kamu bisa menggunakan varian essential oil yang lain sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu sendiri.

Berikut rekomendasi takaran untuk hasil 4 ons atau setara dengan 100 ml:

  • 5-10 tetes minyak esensial lavender
  • 30 tetes tea tree essential oil
  • 3 ons ethyl alcohol 90% sebagai agen pembersih
  • ¼ sendok teh minyak vitamin E sebagai bahan pelembut dan pelembap kulit. Takaran dapat ditambah jika kamu memiliki tipe kulit kering atau sensitif.
  • 1 ons gel lidah buaya agar seluruh bahan dapat tercampur sempurna

Selain bahan-bahan di atas, kamu juga memerlukan beberapa alat tambahan, meliputi:

  • Wadah atau mangkuk untuk mencampurkan semua bahan
  • Pengaduk
  • Corong
  • Satu buah botol spray plastik berukuran 100-120 ml untuk menyimpan hand sanitizer yang sudah jadi. Sebagai alternatif, kamu juga bisa memilih beberapa botol dengan ukuran yang lebih kecil agar mudah dibawa. Pilihlah botol yang berwarna (bukan plastik bening) untuk mengurangi eksposur sinar matahari yang dapat memengaruhi kualitas hand sanitizer

●      Cara Meracik

Setelah semua bahan dan alat disiapkan, cermati langkah-langkah berikut saat meracik essential oil untuk hand sanitizer gel:

  1. Masukkan minyak esensial lavender dan tea tree oil ke dalam wadah yang telah disediakan. Aduk hingga keduanya tercampur rata.
  2. Tambahkan alkohol dan aduk kembali.
  3. Satukan campuran tersebut dengan gel lidah buaya. Aduk lagi hingga rata sampai campurannya mengental.
  4. Tambahkan vitamin E pada langkah terakhir. Kombinasi minyak vitamin E dan alkohol akan membuat larutan hand sanitizer mampu bertahan selama beberapa bulan.
  5. Pindahkan campuran hand sanitizer yang sudah jadi ke dalam botol spray dengan menggunakan corong. Setelah seluruh proses selesai, kamu bisa langsung menggunakan hand sanitizer buatan ini kapan pun kamu membutuhkannya.

Tips dan Catatan Tambahan

essential oil untuk hand sanitizer
Sumber : Lifestyle.kompas.com

Saat menggunakan essential oil untuk hand sanitizer spray DIY, ada beberapa tips dan catatan tambahan yang perlu diperhatikan:

  • Tambahkan carrier oil seperti minyak kelapa atau minyak jojoba jika larutan hand sanitizer dianggap terlalu kental.
  • Selain membeli gel lidah buaya di pasaran, kamu bisa membuat gel sendiri jika memiliki tanaman lidah buaya di rumah. Caranya, kumpulkan lendir pada tanaman tersebut dan simpan di dalam lemari es selama 1-2 minggu hingga lendir menggumpal menjadi gel.
  • Jika ada sisa pada larutan hand sanitizer yang belum masuk botol, simpanlah seluruhnya di dalam wadah tertutup dan taruh di lemari es. Saat akan digunakan, diamkan selama beberapa jam di suhu ruang sebelum kamu memasukkannya ke dalam botol.

Demikian ulasan ringkas mengenai penggunaan essential oil untuk hand sanitizer. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba meraciknya sendiri di rumah? Pastikan untuk memilih bahan yang tepat dan mengikuti langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas agar hand sanitizer buatanmu bisa berfungsi seperti semestinya. Tetap patuhi protokol kesehatan di mana pun kamu berada agar dapat terhindar dari segala jenis penyakit berbahaya!

Best Seller

Related Article