Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Essential Oil untuk Bayi: Manfaat, Varian, dan Cara Penggunaan yang Tepat

essential oil untuk bayi manfaat varian dan cara penggunaan yang tepat

Meski sudah digunakan selama berabad-abad, popularitas essential oil tetap eksis hingga di era modern seperti sekarang. Mengandung ekstrak dari berbagai macam tumbuhan, minyak esensial dipercaya sebagai pertolongan pertama untuk mencegah atau mengobati sejumlah jenis penyakit, terutama yang berhubungan dengan sistem saluran pernapasan.

Bahkan, kini ada pula sejumlah varian essential oil untuk bayi yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan bagi buah hati. Namun, sebelum mengenalkan si kecil pada aroma dan wewangian dari essential oil, pastikan kamu sudah memahami varian yang aman dan proses penggunaan yang tepat.

Essential Oil untuk Bayi, Amankah?

essential oil untuk bayi flu
Sumber : Orami.co.id

Ada sejumlah kontroversi yang mendasari keamanan essential oil untuk bayi. Sebagian ahli aromaterapi dan praktisi kesehatan anak menganggap bahwa eksposur essential oil pada bayi di bawah usia enam bulan dapat membahayakan. Hal ini berkaitan dengan kandungan kimia dari proses ekstraksi dan distilasi minyak esensial yang dianggap berisiko menimbulkan reaksi negatif seperti ruam pada kulit, iritasi, bahkan kesulitan bernapas.

Namun, sebagian lainnya membolehkan penggunaan essensial oil bagi bayi, asalkan dibarengi dengan takaran dan cara penggunaan yang tepat. Pemilihan varian juga memegang kunci penting untuk menjamin keamanan penggunaan minyak esensial bagi bayi usia 6 bulan hingga 2-3 tahun.

Pilihan akhir sebenarnya bisa kamu tentukan sendiri. Untuk memastikan keamanan essential oil saat digunakan pada bayi, kamu harus pintar-pintar memilih varian yang tepat dan terbukti aman kandungannya. Terkait hal ini, praktisi aromaterapi menyarankan untuk memilih jenis minyak esensial berkualitas dengan tingkat kemurnian yang tinggi tanpa banyak campuran zat kimia lainnya.

Manfaat Essential Oil untuk Bayi

essential oil untuk bayi tidur nyenyak
Sumber : Grid.id

Saat digunakan dengan tepat, essential oil sebenarnya memiliki beragam khasiat dan manfaat untuk menjaga kesehatan si kecil. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Memberi efek menenangkan sehingga membuat bayi bisa tertidur dengan lebih lelap
  • Mengurangi gejala batuk-pilek pada bayi
  • Menyehatkan saluran pernapasan
  • Melancarkan pencernaan
  • Meningkatkan mood bayi sehingga tidak mudah rewel
  • Ada pula sejumlah varian essential oil untuk bayi demam yang dapat dijadikan pertolongan pertama untuk meredakan gejalanya.

Varian Essential Oil yang Aman bagi Bayi

essential oil untuk bayi demam
Sumber : Envato.com

Dengan beragam kegunaan—dari essential oil untuk bayi batuk pilek hingga pilihan terbaik untuk menenangkan waktu tidurnya, inilah sejumlah pilihan varian minyak esensial yang aman digunakan oleh buah hatimu.

1. Lavender

Lavender termasuk varian minyak esensial populer yang bisa digunakan oleh segala usia, termasuk bayi dan anak-anak. Varian ini memiliki nuansa menenangkan sekaligus menyehatkan kulit sehingga bisa meredakan gatal atau ruam pada bayi akibat gigitan serangga, sengatan matahari, maupun iritasi kulit.

2. Tea Tree

Minyak esensial dengan kandungan Tea Tree (Melaleuca alternifolia) dapat membantu menguatkan sistem imun bayi dan anak-anak ketika digunakan secara rutin. Dalam takaran yang aman, varian ini juga bisa digunakan pada kulit untuk mengobati luka atau goresan.

3. Eucalyptus

Eucalyptus varian Globula dan Radiata bisa digunakan sebagai essential oil untuk bayi flu. Namun, karena mengandung cineole yang bisa memperlambat kerja paru-paru, penggunaan varian ini tidak boleh melebihi batas aman (sekitar 1-2 tetes dengan konsentrasi maksimal 0,5%).

4. Chamomile

Ada dua jenis ekstrak chamomile yang aman digunakan oleh bayi, yakni German Chamomile (Matricaria chamomilla L) dan Roman Chamomile (Chamaemelum nobile). Keduanya merupakan essential oil untuk bayi tidur nyenyak yang menimbulkan efek relaksasi sehingga bayi dapat terlelap lebih nyaman. Roman Chamomile bahkan dipercaya dapat membuat otot-otot kembali relaks pada bayi yang sudah mulai aktif bergerak.

5. Sunflower

Varian essential oil untuk bayi yang direkomendasikan selanjutnya adalah sunflower. Minyak esensial ini mengandung asam linoleic yang dianggap aman digunakan oleh bayi dengan kulit sensitif.

6. Lemongrass

Bernama Latin Cymbopogon flexuosus, lemongrass atau serai memiliki kandungan aktif untuk menangkal serangga. Varian minyak esensial ini dapat dilarutkan dalam air diffuser ketika bayi tidur sebagai penangkal alami agar si kecil tidak digigit nyamuk atau serangga lainnya.

7. Pine

Ekstrak pohon pinus yang digunakan dalam kandungan minyak esensial terbukti ampuh menyehatkan sistem pernapasan pada bayi. Oleh karena itu, varian ini kerap dipilih sebagai essential oil untuk bayi batuk atau ketika mengalami masalah pernapasan lainnya.

Cara Penggunaan yang Tepat

essential oil untuk bayi batuk pilek
Sumber : Envato.com

Dalam hal metode, penggunaan essential oil untuk bayi kurang lebih sama dengan penggunaan pada umumnya. Minyak esensial dapat diambil khasiatnya dengan cara dilarutkan atau dihirup uapnya melalui air diffuser.

Namun, yang lebih perlu diperhatikan adalah takaran yang tepat. Untuk bayi yang belum menginjak usia dua tahun, penggunaannya tidak boleh lebih dari 0.25% atau dengan perbandingan 1 tetes minyak esensial untuk setiap 4 sendok makan minyak pelarut (carrier oil).

Tips Aman Menggunakan Essential Oil untuk Bayi

essential oil untuk bayi batuk
Sumber : Envato.com

Ketika menggunakan minyak esensial untuk bayi, ada beberapa hal yang harus selalu diingat agar prosedurnya tetap aman dan sesuai dengan anjuran kesehatan.

  • Essential oil tidak dianjurkan bagi bayi baru lahir atau di bawah usia enam bulan.
  • Minyak esensial juga tidak boleh digunakan bayi secara berlebihan. Ikuti takaran yang aman agar manfaatnya tetap dapat dirasakan.
  • Jika menggunakan air diffuser, batas waktu penggunaan yang aman bagi bayi adalah 15-30 menit.
  • Jangan sembarangan mengoleskan minyak esensial pada kulit bayi secara langsung, kecuali pada kasus-kasus tertentu ketika kamu telah mendapatkan lampu hijau dari dokter anak.
  • Jauhkan minyak esensial dari jangkauan bayi agar tidak tertelan secara tidak sengaja atau terhirup tanpa dilarutkan.
  • Untuk pemakaian awal, jangan langsung menggunakan beragam minyak esensial secara bersamaan. Kenalkan satu per satu varian pada si kecil untuk melihat reaksinya—apakah aman atau justru membuat alergi. Segera hentikan pemakaian jika timbul reaksi negatif seperti ruam pada kulit atau gangguan pernapasan.
  • Setiap bayi memiliki ketahanan dan kondisi kesehatan yang bervariasi. Jadi, pastikan untuk mengenal dan memahami kondisi bayi sebelum memperkenalkannya pada beragam varian minyak esensial.
  • Tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu agar kamu bisa lebih memastikan keamanan essential oil saat digunakan untuk si kecil.

Itulah beberapa informasi penggunaan essential oil untuk bayi yang harus selalu diperhatikan agar prosesnya aman dan tidak mengurangi khasiat yang dikandung minyak esensial. Jadikan informasi di atas sebagai salah satu panduan utama jika kamu berniat menggunakan minyak esensial pada bayi. Dengan begitu, segudang manfaatnya tetap dapat dirasakan oleh si buah hati sekaligus dirimu sendiri.

Best Seller

Related Article