Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Essential Oil untuk Batuk, Mana yang Terbaik?

essential oil untuk batuk mana yang terbaik

Bukan hal yang mengherankan jika essential oil kian banyak digemari dalam beberapa tahun terakhir. Pasalnya, dengan kandungan berbagai jenis tanaman berkhasiat, minyak esensial terbukti mampu menjadi solusi alami untuk menangani beragam masalah kesehatan. Batuk adalah salah satunya. Gangguan pernapasan yang kerap menimbulkan rasa gatal pada tenggorokan ini dapat diredakan gejalanya dengan mengandalkan sejumlah varian essential oil.

Jika ingin menggunakan essential oil untuk batuk, kamu harus memilih varian yang tepat dan mengikuti prosedur pemakaian yang sesuai. Yuk, simak info lebih lengkapnya berikut ini!

Pilihan Essential Oil Terbaik untuk Redakan Gejala Batuk

essential oil untuk batuk pilek
Sumber : Bestadvisor.com

Saat ini, terdapat puluhan jenis essential oil yang tersedia di pasaran—seluruhnya mengandung tumbuhan maupun herbal pilihan dengan khasiat yang beragam. Namun, khusus untuk meredakan gejala gangguan pernapasan seperti batuk, berikut adalah beberapa rekomendasi varian essential oil yang direkomendasikan.

  • Thyme

Thyme diperkaya oleh antimikroba dan senyawa berkhasiat lain yang dapat menyehatkan sistem pernapasan. Penggunaan thyme sebagai minyak esensial akan membantu menghilangkan virus dan bakteri penyebab gangguan pernapasan seperti batuk atau pilek. Bahkan, berdasarkan sejumlah studi, thyme juga bisa dijadikan essential oil untuk batuk pilek bayi hingga dewasa.

  • Rosemary

Ampuh sebagai essential oil untuk batuk berdahak, rosemary mengandung senyawa cineole yang berperan dalam pengenceran lendir di saluran pernapasan. Treatment alami dengan menggunakan minyak esensial rosemary dapat meredakan batuk berdahak secara efektif, melegakan tenggorokan, serta mengatasi sesak napas bagi mereka yang memiliki riwayat asma.

  • Eucalyptus

Eucalyptus adalah salah satu andalan utama bagi kamu yang mencari rekomendasi essential oil untuk batuk pilek. Diperkaya senyawa eucalyptol serta antimikroba, minyak esensial jenis ini mampu mengurangi peradangan pada saluran pernapasan yang kerap muncul saat batuk menyerang. Menghirup ekstrak eucalyptus yang telah dibotolkan juga bisa menenangkan otot-otot pada saluran pernapasan sehingga membuat jalan napas kembali lega.

  • Cinnamon

Kayu manis atau cinnamon tak kalah berkhasiat dengan varian essential oil pereda batuk lainnya. Varian ini tak hanya ampuh menangani beragam gejala batuk, dari mulai gatal tenggorokan hingga demam ringan. Cinnamon juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh dengan kandungan penangkal bakteri yang dimilikinya.

  • Bergamot

Bergamot memiliki kandungan camphene yang dianggap efektif mengencerkan cairan menumpuk di saluran pernapasan. Cocok digunakan untuk menangani batuk berdahak, bergamot adalah salah satu varian essential oil untuk batuk yang kaya khasiat.

  • Cyprus

Seperti halnya bergamot, cyprus juga mengandung molekul camphene yang membantu mengencerkan dahak kental di tenggorokan. Sebagai pilihan essential oil untuk batuk dewasa, cyprus dapat dipadukan dengan ekstrak bergamot dan nutmeg (pala). Perpaduan ketiga jenis minyak esensial ini bisa memberikan hasil yang maksimal dan meredakan gejala batuk secara lebih cepat.

  • Peppermint

Diambil dari salah satu jenis tanaman mint, peppermint young living juga memiliki khasiat ampuh meredakan gejala batuk. Khasiatnya tetap dapat dirasakan saat ekstrak tanaman ini dibotolkan di dalam kemasan minyak esensial. Kandungan mentol yang dimiliki peppermint akan melegakan tenggorokan sehingga cocok dijadikan pilihan essential oil untuk batuk pilek anak maupun dewasa. 

  • Geranium

Geranium dikenal sebagai salah satu jenis bunga-bungaan yang kerap ditanam di dalam pot atau area kebun. Namun, di balik tampilannya yang cantik, bunga yang umumnya berwarna merah muda ini memiliki khasiat ampuh untuk meredakan gejala batuk. Geranium bisa dipilih sebagai essential oil untuk batuk anak hingga dewasa karena senyawa yang dikandungnya terbilang aman bagi segala usia.

  • Oregano

Diperkaya senyawa carvacrol yang merupakan salah satu antimikroba, oregano juga tergolong ampuh melawan virus dan bakteri penyebab batuk. Masalah pernapasan yang menyebabkan sesak napas, pengentalan dahak, hingga radang tenggorokan dapat diatasi secara mudah dengan minyak esensial yang mengandung ekstrak tanaman herbal ini.

Cara Meredakan Batuk dengan Essential Oil

essential oil untuk batuk berdahak
Sumber : Envato.com

Essential oil untuk batuk dapat digunakan dengan berbagai cara, dari dihirup hingga dilarutkan dalam diffuser. Berikut penjelasan mengenai prosedur yang aman dan dianjurkan saat menangani batuk dengan minyak esensial.

  • Dilarutkan dengan Minyak Pelarut

Salah satu cara paling mudah menggunakan essential oil adalah dengan melarutkannya bersama carrier atau minyak pelarut seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Setiap 1 tetes minyak esensial idealnya dilarutkan dengan 3-5 tetes minyak pelarut. Setelah keduanya tercampur sempurna, kamu dapat langsung menghirupnya atau mengoleskannya ke area leher agar tenggorokan terasa lega.

  • Dihirup Uapnya

Selain dihirup secara langsung, minyak esensial tetap dapat dirasakan khasiatnya dengan menghirup uap yang dihasilkan. Caranya adalah dengan memasukkan beberapa tetes essential oil yang telah dicampur minyak pelarut ke dalam air panas di dalam mangkuk atau baskom.

Selanjutnya, kamu bisa menghirup uap dari wadah dengan cara menunduk dan menutupi kepala menggunakan handuk kecil. Cara ini cukup dilakukan selama 5-10 menit karena menghirup uap essential oil dalam waktu yang lama tidak dianjurkan.

  • Diteteskan ke Air Hangat untuk Mandi

Saat batuk menyerang, kamu bisa bersantai sejenak dan mengistirahatkan diri dengan mandi air hangat. Jangan lupa untuk memasukkan beberapa tetes essential oil pilihan ke dalam air hangat yang kamu gunakan untuk mandi. Cara ini bisa memberikan efek relaksasi sekaligus melegakan tenggorokan dan saluran pernapasan tempat penyakit batuk bersarang.

  • Digunakan dengan Diffuser

Jika memiliki diffuser, cara efektif ini bisa dijadikan pilihan utama. Teteskan varian essential oil yang dapat meredakan batuk ke dalam diffuser atau humidifier dan biarkan alat tersebut bekerja dengan membersihkan udara di sekitar ruangan tempatmu tinggal. Selain bisa meredakan gejala batuk yang dirasakan, cara ini juga efektif membersihkan mikroba dan bakteri yang berkeliaran di udara bebas.

  • Diteteskan ke Air Kumur

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan meneteskan sedikit campuran essential oil ke dalam air untuk dibuat obat kumur. Meski hukumnya boleh-boleh saja, cara yang satu ini sebaiknya dilakukan secara hati-hati. Pastikan tidak ada cairan yang tertelan saat kamu berkumur. Berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli aromaterapi dan praktisi kesehatan juga lebih direkomendasikan sebelum kamu mencoba metode tersebut.

Demikian informasi mengenai varian pilihan dan cara menggunakan essential oil untuk batuk yang sesuai aturan. Jika mencari pengobatan alami atau pertolongan pertama di saat terkena batuk, info di SenseYourDay bisa kamu jadikan salah satu panduan utama.

Best Seller

Related Article