Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Cara Mengoptimalkan German Chamomile Essential Oil untuk Kesegaran Kulit

cara mengoptimalkan german chamomile essential oil untuk kesegaran kulit

Essential oil kini makin populer digunakan untuk menjaga kesehatan dan merawat kecantikan. Essential oil adalah ekstrak tumbuh-tumbuhan yang diproses secara khusus melalui proses distilasi. Setelah menjadi ekstrak, kandungan dalam tumbuhan dapat dioptimalkan manfaatnya dengan cara yang lebih praktis, misalnya menggunakan diffuser.

Salah satu jenis minyak esensial yang umum digunakan adalah German chamomile essential oil. Apa keuntungan dan manfaat dari minyak esensial yang satu ini? Lalu, bagaimana cara menggunakannya agar hasil yang dirasakan oleh tubuh menjadi lebih maksimal?

Mengenal German Chamomile Essential Oil

german chamomile essential oil manfaat
Sumber : Youngliving.com

Sebelum menggunakan suatu jenis essential oil, ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu kandungan yang terdapat di dalamnya. Hal ini bisa kamu ketahui dengan memahami asal mula essential oil yang digunakan.

Seperti namanya, minyak esensial chamomile berasal dari tumbuhan chamomile, khususnya diambil dari bagian bunga yang berwarna putih dan kuning. Ada dua varietas chamomile yang umum ditemui, yaitu German chamomile dan Roman chamomile.

German chamomile dan Roman chamomile memiliki sedikit perbedaan dari segi penampilan. Ukuran bunga German chamomile lebih kecil daripada Roman chamomile. Selain itu, komposisi kimia bahan aktifnya juga sedikit berbeda. Menurut penelitian yang dilakukan pada keduanya, kandungan bahan aktif chamazulene pada German chamomile lebih tinggi daripada Roman chamomile.

Manfaat German Chamomile Essential Oil

german chamomile essential oil resep
Sumber : Welcometolifeoils.com

Dalam wujud essential oil, German chamomile dapat digunakan dengan lebih mudah. Para peneliti dari Mesir Kuno, Yunani, dan Roma telah menemukan bahwa tumbuhan ini memiliki sejumlah manfaat. Di antaranya berikut ini:

Mengatasi Masalah Pencernaan

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa ekstrak German chamomile dapat menyembuhkan penyakit diare. Minyak chamomile ini memberikan perlindungan terhadap diare serta mencegah terjadinya penumpukan cairan pada usus.

Penelitian lain menemukan bahwa pasien yang mengoleskan minyak chamomile pada bagian perut bisa mendapatkan kembali nafsu makannya. Karena itu, kamu bisa menjadikan chamomile oil sebagai solusi efektif jika sedang tidak mood untuk bersantap.

Mengatasi Gangguan Kecemasan

Tahukah kamu bahwa chamomile oil dapat berguna untuk mengatasi gangguan kecemasan? Sebuah studi menemukan bahwa orang yang menggunakan ekstrak tumbuhan ini merasakan gejala kecemasan yang berkurang.

Terapi chamomile tersebut ternyata dapat mengontrol kadar hormon kortisol dalam tubuh. Kortisol dikenal berkaitan dengan adanya gangguan kecemasan yang dirasakan seseorang. Manfaat tersebut disebabkan oleh aroma chamomile yang menenangkan.

Mengurangi Gejala Depresi

Manfaat lain dari ekstrak chamomile adalah dapat mengurangi gejala depresi. Penurunan gejala disebut akan terlihat secara signifikan setelah melalui terapi chamomile selama 8 minggu.

Mengatasi Iritasi Kulit

German chamomile essential oil juga disebut efektif untuk menyembuhkan dermatitis atopik. Ini adalah sejenis eksim yang disebabkan oleh masalah peradangan pada kulit.

Meredakan Rasa Nyeri

Kamu bisa memanfaatkan ekstrak German chamomile untuk meredakan rasa nyeri. Kandungan yang terdapat pada tumbuhan ini dapat membuat bagian tubuh yang diolesi minyak akan terasa lebih tenang dan nyaman. Untuk mendapatkan hasil yang ideal, pengolesan diaplikasikan sebanyak 3 kali sehari selama 3 minggu.

Cara Menggunakan German Chamomile Essential Oil

german chamomile essential oil young living
Sumber : Aromaweb.com

Secara visual, tampilan German chamomile essential oil berwarna biru sehingga bisa dibedakan dengan mudah dari minyak esensial lain. Nah, untuk mendapatkan manfaat dari ekstrak tumbuhan ini, ada berbagai cara penggunaan yang bisa kamu lakukan.

Menggunakan Diffuser

Diffuser adalah alat khusus yang bisa mengubah ekstrak tumbuhan yang berbentuk cairan menjadi uap. Dengan metode ini, kandungan yang terdapat dalam tumbuhan tersebut bisa diserap oleh tubuh dengan lebih mudah.

Minyak esensial German chamomile juga bisa kamu aplikasikan melalui diffuser. Caranya sangat gampang, yaitu dengan memasukkan 4-7 tetes essential oil ke dalam diffuser yang sebelumnya telah diisi dengan air. Kemudian, nyalakan diffuser untuk mengubah cairan tersebut menjadi uap.

Menggunakan Alat Penyemprot

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal pada kulit, kamu bisa menggunakan alat penyemprot yang telah diisi cairan chamomile oil. Cara membuat ramuan ini adalah dengan mencampurkan 10-15 tetes minyak esensial dengan air.

Masukkan campuran ini ke dalam botol. Sebisa mungkin jangan menggunakan botol plastik karena mudah rusak. Sebelum digunakan, selalu kocok cairan di dalam botol supaya merata.

Dioleskan pada Kulit

Tanpa diffuser, kamu masih bisa menggunakan German chamomile dalam bentuk ekstrak. Caranya adalah dengan mengoleskan essential oil secara langsung pada kulit. Terlebih dahulu, kamu perlu mengencerkan ekstrak ini dengan minyak, seperti minyak kelapa atau jojoba oil.

Ingin hasilnya lebih optimal, kamu juga bisa membuat essential oil blend dengan jenis minyak esensial lain. Sebagai contoh, campurkan 7 tetes German chamomile, 7 tetes lavender, 3 tetes basil, 6 tetes spearmint, dan 3 tetes manuka dalam sebuah botol kosong. Kemudian, oleskan pada kulit tiap kali dibutuhkan.

Digunakan Saat Mandi

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menikmati manfaat German chamomile essential oil adalah dengan mencampurkannya di bak mandi berisi air hangat. Masukkan beberapa tetes minyak esensial chamomile dan berendam selama beberapa waktu agar hasilnya efektif.

Tambahkan pada Krim Wajah dan Lotion

Ingin wajah terlihat segar dan berseri, kamu juga bisa menambahkan essential oil ini ke dalam krim wajah yang digunakan. Ekstrak ini secara langsung akan membuat kulit wajah lebih relaks dan tampak segar.

Bukan hanya krim wajah, kamu juga bisa menambahkan essential oil pada lotion. Sekitar 1-2 tetes minyak esensial sudah cukup untuk memberikan manfaat. Selain baik untuk kecantikan, aromanya yang lembut pun sangat menenangkan saat dihirup.

Inilah sejumlah manfaat German chamomile essential oil yang perlu kamu ketahui. Perhatikan pula cara penggunaan yang tepat agar bisa memberikan manfaat yang optimal bagi tubuh, baik untuk kesehatan maupun kecantikan kulit. Jadi, jangan ragu untuk mencoba German chamomile essential oil Young Living sekarang.

Best Seller

Related Article