Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Cara Menggunakan Carrier Oil yang Benar untuk Perawatan Kulit

cara-menggunakan-carrier-oil-yang-benar-untuk-perawatan-kulit

Dalam setiap penggunaan produk essential oil, kamu perlu mencampurkannya dengan carrier oil atau minyak pelarut. Informasi semacam ini bakal kamu temukan dalam setiap panduan pemakaian produk minyak esensial. Tujuannya adalah untuk alasan keamanan dan sebagai upaya memaksimalkan khasiat dari essential oil.

Kamu bisa menggunakan berbagai jenis minyak pelarut, seperti almond oil, avocado oil, coconut oil, dan lain sebagainya. Namun, ada baiknya kalau kamu melakukan pemilihan jenis minyak carrier secara tepat. Pasalnya, setiap carrier oil mempunyai efek terapi tersendiri.

Apa Itu Carrier Oil?

carrier oil adalah
Sumber : Youtube.com

Kamu mungkin bertanya-tanya, apa sih yang dimaksud dengan minyak carrier? Essential oil dan carrier oil adalah jenis minyak yang sama-sama bersumber dari tanaman. Hanya saja, minyak carrier digunakan sebagai sarana untuk mengencerkan essential oil sebelum diaplikasikan pada permukaan kulit.

Kenapa harus menambahkan minyak carrier pada setiap pemakaian essential oil? Alasannya, essential oil memiliki efek yang terlalu kuat untuk kulit. Tanpa penambahan minyak carrier, kamu akan mendapati kulit mengalami iritasi.

Selain itu, penambahan carrier oil pada essential oil juga memiliki maksud lain. Minyak esensial merupakan jenis cairan yang mudah menguap. Pemakaian minyak carrier berguna untuk memperlambat tingkat penguapan pada essential oil.

Hal yang tak kalah penting, pencampuran minyak carrier dengan essential oil atau minyak atsiri erat hubungannya dengan faktor ekonomi. Perlu kamu tahu, harga minyak atsiri itu mahal. Dengan adanya campuran minyak carrier, kamu bisa lebih hemat dalam pemakaian minyak esensial.

Lalu, bagaimana cara menggunakan minyak carrier? Pemakaian minyak pelarut sangatlah mudah. Kamu tinggal mencampurkannya dengan minyak atsiri yang biasa kamu pakai. Mengenai pilihan jenis carrier oil, kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Untuk membantu proses pemilihannya, baca artikel ini sampai tuntas, ya.

Carrier Oil untuk Mencerahkan Wajah

carrier oil untuk mencerahkan wajah
Sumber : Miraclebotanicals.com

Kamu bisa menggunakan minyak carrier sebagai campuran minyak esensial untuk memperoleh wajah yang cerah. Ada banyak pilihan minyak carrier yang bisa kamu pilih. Salah satu opsi terbaik carrier oil untuk mencerahkan wajah adalah rosehip seed oil.

Minyak carrier yang satu ini sangat bagus untuk kamu yang punya masalah kulit kering. Kandungan nutrisi di dalamnya sangat banyak, mulai dari antioksidan, vitamin A, C, dan E. Berkat kandungan nutrisinya itu, rosehip seed oil efektif melindungi kulit dari sinar matahari. Hanya saja, pemakaiannya tidak direkomendasikan pada kulit sensitif.

Carrier Oil untuk Perawatan Rambut

carrier oil untuk rambut
Sumber : Mindbodygreen.com

Selanjutnya, kamu bisa pula menggunakan perawatan carrier oil untuk rambut. Salah satu jenis minyak carrier yang efektif untuk tujuan satu ini adalah coconut oil atau minyak kelapa. Carrier oil yang satu ini memang populer karena penggunaannya yang sangat fleksibel.

Minyak kelapa punya kandungan vitamin E yang sangat tinggi. Selain itu, kamu juga akan memperoleh asupan antioksidan dan membantu proses hidrasi kulit kepala. Tak hanya itu, kamu bisa pula memanfaatkan coconut oil untuk perawatan kulit wajah.

Pilihan lain, kamu bisa memakai minyak zaitun sebagai carrier oil untuk rambut. Minyak alami yang satu ini punya kandungan asam lemak yang tinggi, bagus untuk melembapkan permukaan kulit kepala. Ditambah lagi, minyak ini punya aroma wangi yang bisa membuatmu nyaman.

Carrier Oil untuk Reed Diffuser

carrier oil untuk reed defuser
Sumber : Rukita.co

Reed diffuser saat ini cukup populer sebagai sarana terapi aroma. Penggunaannya bisa membuat ruangan jadi lebih nyaman dan santai. Untuk pembuatan reed diffuser, kamu memerlukan produk essential oil yang aromanya sesuai dengan selera.

Lalu, bagaimana dengan campurannya? Ada berbagai pilihan carrier oil untuk reed diffuser yang bisa kamu pertimbangkan. Salah satunya adalah safflower oil. Penggunaan safflower oil tepat karena minyak carrier ini ringan dan tidak berbau.

Sebagai alternatif, kamu bisa pula memanfaatkan almond oil. Hanya saja, pemakaiannya tidak akan cocok kalau kamu memiliki alergi terhadap kacang. Pilihan lain, kamu bisa bisa menggunakan jojoba oil.

Perawatan Kulit Berminyak Menggunakan Carrier Oil

carrier oil untuk kulit berminyak
Sumber : Orami.co.id

Permasalahan kulit berminyak tentu sangat mengganggu dan berpotensi menimbulkan jerawat. Sebagai solusinya, kamu bisa memanfaatkan carrier oil untuk kulit berminyak. Pilihannya beragam, salah satunya adalah jojoba oil. Minyak carrier ini bekerja sangat efektif dalam mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.

Pilihan lain, kamu bisa pula menggunakan almond oil sebagai carrier oil untuk kulit berminyak. Jenis minyak carrier ini ringan. Selain itu, minyak almond punya efektivitas tinggi dalam menjaga agar kulit tetap lembap. Dalam kondisi lembap, tubuh kamu tidak akan memproduksi minyak dalam jumlah terlalu banyak.

Carrier Oil untuk Massage

carrier oil untuk massage
Sumber : Beautynesia.id

Terakhir, kamu bisa pula menggunakan carrier oil untuk massage atau pijat. Ada banyak pilihan carrier oil untuk tujuan yang satu ini. Beberapa pilihan tersebut di antaranya adalah minyak zaitun dan minyak kelapa.

Berkaitan dengan pilihan carrier oil untuk massage, Young Living punya rekomendasi produk yang bagus. Ada dua opsi produk yang bisa Anda gunakan, yakni:

  • Ortho Ease Massage Oil

Produk ini menawarkan solusi minyak pijat yang praktis. Ortho Ease Massage Oil merupakan hasil campuran antara berbagai jenis vegetable oil dan minyak esensial. Jadi, kamu bisa mengaplikasikannya secara langsung ke permukaan kulit tanpa perlu penambahan carrier oil.

Penggunaan Ortho Ease Massage Oil sangat bermanfaat dalam mengatasi otot pegal setelah berolahraga. Sensasi hangatnya juga bisa membantu tubuh lebih relaks. Selain itu, aroma dari minyak pijat ini dapat melegakan pernapasan.

  • V-6 Enhanced Vegetable Oil Complex

Berbeda dengan Ortho Ease, V-6 Enhanced Vegetable Oil Complex mempunyai cara pakai yang lebih fleksibel. Minyak ini tidak hanya berguna sebagai massage oil. Namun, kamu bisa pula memanfaatkannya sebagai carrier oil. Terlebih lagi, V-6 Enhanced Vegetable Oil Complex merupakan campuran dari berbagai jenis vegetable oil seperti minyak kelapa, sweet almond oil, olive oil, dan lain sebagainya.

Pemakaiannya sebagai minyak pijat sangat mudah. Kamu bisa mencampurkan 1 tetes minyak esensial dengan 1 sampai 8 sendok teh V-6. Selanjutnya, kamu bisa mengoleskan campuran tersebut ke area yang ingin dipijat.

Nah, itulah cara penggunaan carrier oil yang benar. Kamu bisa pilih menggunakan minyak ini sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Selamat mencoba, ya.

Best Seller

Related Article