Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Bisakah Menggunakan Oil Young Living untuk Demam?

Bisakah Menggunakan Oil Young Living untuk Demam

Saat ini, praktik penanganan demam hampir seluruhnya berakhir pada obat-obatan kimia, seperti parasetamol, ibuprofen, aspirin, dan sebagainya. Coba bayangkan seberapa besar dosis obat yang sudah dikonsumsi sejak pertama kali terserang demam hingga sekarang. Banyaknya penumpukan obat-obatan kimia ini lambat laun pasti membahayakan organ vital dalam tubuh. Sebab itu, yuk, beralih ke pengobatan herbal.

Para ahli setuju kalau salah satu cara terbaik dalam mengatasi demam tanpa konsumsi obat-obatan adalah dengan pemakaian essential oil. Oleh karena itu, ulasan resep Oil Young Living untuk demam berikut ini pasti sangat membantu. Akan tetapi, sebelum membaca ulasan tersebut, ada baiknya kamu memahami demam secara mendalam terlebih dahulu.

Demam: Definisi, Jenis, dan Penanganan

minyak esensial oil untuk demam
Sumber : detik.com

Secara umum, masyarakat mengartikan demam sebagai kondisi tubuh yang sedang berada dalam fase tidak sehat. Benarkah?

1. Definisi Demam

Demam atau pireksia sejatinya adalah sebuah kondisi normal bagi manusia. Pasalnya, kondisi tersebut merupakan sebuah sinyal yang menandakan kalau sistem kekebalan tubuh sedang berjuang memerangi infeksi. Ciri-ciri utamanya adalah peningkatan suhu badan, yaitu > 37°C.

Meski demam bisa sembuh dengan sendirinya, kamu tetap harus mengambil tindakan agar suhu badan dapat segera kembali ke angka normal (36 – 37°C). Hal ini untuk mencegah timbulnya gejala penyerta, seperti kejang, pingsan, halusinasi, dan lainnya.

2. Jenis–Jenis Demam

Berdasarkan suhu badan penderitanya, demam terbagi dalam 4 jenis, yaitu:

  • Demam ringan, suhu tubuh penderita naik hingga 38°C.
  • Demam sedang, suhu tubuh mencapai angka 39.1°C.
  • Demam tinggi, suhu tubuh naik hingga melebihi 39.4°C.
  • Hiperpireksia, suhu tubuh di atas 41.1°C.

Sedangkan, bila dilihat dari durasinya, kamu bisa mengelompokkan demam dalam tiga jenis, yakni akut (< 7 hari), subakut (8 – 14 hari), dan kronis/persisten (> 14 hari).

3. Penanganan

Beberapa langkah sederhana di bawah ini sejatinya sudah lebih dari cukup untuk meredakan demam, antara lain:

  • Hidrasi tubuh dengan minum air putih sebanyak mungkin.
  • Mandi air hangat.
  • Konsumsi makanan lunak.
  • Istirahat yang cukup.

Dari keempat langkah tersebut, poin terakhir adalah yang paling sulit dilakukan. Banyak faktor penyebab mengapa orang demam merasa susah beristirahat. Itulah mengapa kamu membutuhkan essential oil buat mengoptimalkan waktu istirahatmu.

Essential oil atau juga dikenal dengan sebutan minyak asiri memiliki wewangian khas herbal, contohnya bunga, rempah, kayu, dan buah. Tidak hanya aromanya saja, minyak asiri juga mengandung zat-zat baik dari bahan dasarnya sehingga sangat berkhasiat bagi kesehatanmu.

Pilihan Oil Young Living untuk Demam

thieves untuk demam
Sumber : Envato.com

Lengkapi stok minyak asiri kamu di rumah dengan ketujuh jenis berikut ini.

1. Thieves

Thieves Essential Oil merupakan kombinasi minyak dari lima jenis bahan dasar, meliputi clove, lemon, cinnamon bark, eucalyptus radiata, dan rosemary. Kandungannya yang penuh dengan antiseptik, antivirus, antibakteri, dan antijamur terbukti mampu mengurangi 99.6% virus dan bakteri dalam udara.

Selain thieves untuk demam, manfaat lainnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh, meringankan radang tenggorokan, mencegah penularan penyakit, menunjang kesehatan saluran pernapasan, meringankan sakit kepala, menjaga kesehatan gigi dan gusi.

2. Peppermint

Aroma mint yang sangat kuat adalah karakteristik utama dari jenis essential oil ini. Aroma ini, menurut para ahli, dapat berperan sebagai stimulan alami sehingga bisa menciptakan kesegaran tubuh dan konsentrasi pikiran pemakainya.

Selain itu, kandungan antiinflamasi, analgesik, dan antipiretik dari Peppermint Essential Oil juga bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, misalnya:

  • Minyak essential oil untuk demam.
  • Pereda sakit kepala.
  • Pelega pernapasan.
  • Minyak essential oil untuk mengatasi masalah pencernaan.

3. Lavender

Berikutnya adalah produk best seller dari Young Living, yaitu Lavender Essential Oil. Dari namanya, kamu pasti sudah bisa menebak kalau minyak ini dibuat dari hasil penyulingan bunga Lavender (Lavandula angustifolia).

Sejatinya, varian oil ini merupakan salah satu minyak dengan manfaat paling banyak, antara lain menjaga imunitas tubuh, membantu proses istirahat, memperlancar peredaran darah, menyegarkan tubuh, mengatasi kram perut karena haid, dan sebagainya.

4. Frankincense

Satu lagi Young Living Oil untuk imunitas adalah Frankincense Essential Oil. Berasal dari getah pohon Boswellia (boswellia carterii), Frankincense memiliki kandungan antitumor dan antidepresan alami.

Aroma manis pepohonan Boswellia mampu meringankan kecemasan pada pemakainya sehingga dapat membuat tidur makin lelap. Tidak hanya itu, oil ini juga berkhasiat meredakan infeksi, merangsang regenerasi sel-sel kulit, menunjang kesehatan sistem pernapasan, dan lainnya.

5. Eucalyptus

Di Young Living, produk Eucalyptus ditawarkan dalam tiga varian, yakni Eucalyptus Globulus, Eucalyptus Blue, dan Eucalyptus Radiata. Masing-masing oil memiliki kandungan, khasiat, dan cara pemakaian yang berbeda. Namun, ketiganya tetap terbukti berkhasiat meredakan demam. Kamu hanya perlu memilih sesuai kebutuhan saja.

6. Tea Tree

Minyak yang juga dikenal dengan sebutan Melaleuca Alternifolia ini memiliki kandungan zat yang bersifat antivirus, antibakteri, antiinflamasi, antiseptik, antijamur, antioksidan, dan dekongestan. Jadi, tidak mengherankan kalau Tea Tree Essential Oil mempunyai banyak manfaat buat kesehatan.

Beberapa di antaranya adalah meredakan infeksi, mengobati batuk pilek, mengurangi radang amandel, mengobati penyakit kulit, dan masih banyak lagi.

7. Lemongrass

Senjata terakhir yang harus ada saat demam adalah Lemongrass Essential Oil. Kandungan daun Cymbopogon Flexuosus menjadikan oil ini berkhasiat untuk menambah nafsu makan, mengusir serangga, menjaga sistem pencernaan, menjaga kesehatan mata, dan sebagainya.

Cara Pemakaian Oil Young Living untuk demam

essential oil untuk demam
Sumber : Envato.com

Secara umum essential oil di atas bisa digunakan dengan dua cara, yaitu aromatik dan oles. Kamu bisa menggunakan diffuser untuk mengoptimalkan fungsi aromatiknya. Selain itu, kamu disarankan untuk menggunakan minyak penyerta (olive oil, EVCO, V6, dan sebagainya) saat memakai essential oil sebagai media oles.

Manfaat Lain dari Essential Oil

oil young living untuk demam
Sumber : Envato.com

Pada praktiknya, minyak asiri ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan saja, tetapi juga sangat berguna untuk perawatan kulit dan perabot rumah tangga, contohnya:

  • Menghilangkan jerawat.
  • Membersihkan noda pada mebel.
  • Mencegah ketombe.
  • Menghindari iritasi kulit.
  • Mengusir nyamuk atau serangga lainnya.
  • Meratakan warna kulit.
  • Menyamarkan kerutan.
  • Menjaga kesehatan kuku.
  • Menyegarkan handuk.

Itulah tadi daftar Oil Young Living untuk demam yang wajib kamu punya.

Best Seller

Related Article