Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Apa Saja Manfaat Aromaterapi Jika Dilakukan Setiap Hari?

Apa Saja Manfaat Aromaterapi Jika Dilakukan Setiap Hari?

Aromaterapi telah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Dalam kebudayaan kuno di Cina, India, dan Mesir, ada tradisi memasukkan komponen tanaman aromatik dalam balsem, resin, dan minyak.

Zat alami yang kini dikenal dalam bentuk minyak esensial tersebut kemudian digunakan untuk keperluan medis atau agama. Manfaatnya bukan hanya berdampak secara fisik, tetapi juga psikologis. Saat ini, aromaterapi telah dilakukan dengan berbagai cara yang lebih modern.

Apa Itu Aromaterapi?

aromaterapi young living
Sumber : Pixabay.com

The National Association for Holistic Aromatherapy (NAHA) mendefinisikan aromaterapi sebagai aplikasi terapeutik atau penggunaan obat dari zat aromatik (minyak esensial) untuk penyembuhan holistik.

Menurut definisi dari International Standard Organization (ISO), minyak esensial adalah produk yang didapatkan dari bahan mentah nabati, yaitu dengan cara distilasi menggunakan air dan uap atau distilasi kering.

Distilasi minyak esensial identik dengan orang Persia sejak abad ke-10. Namun, praktik ini bisa jadi telah dilakukan lama sebelumnya. Pada abad ke-16, informasi tentang penyulingan minyak esensial diterbitkan di Jerman. Baru pada abad ke-19, para dokter di Prancis menyadari potensi minyak esensial untuk menyembuhkan penyakit.

Istilah “aromaterapi” itu sendiri ternyata diciptakan oleh ahli parfum dan ahli kimia Prancis bernama René-Maurice Gattefossé. Ia memperkenalkan istilah tersebut dalam buku yang ia tulis pada 1937. Isi buku seputar penggunaan minyak esensial dalam kondisi medis tertentu. Sebelumnya, Gattefossé juga menemukan potensi lavendel dalam penyembuhan luka bakar.

Menurut para ahli, aromaterapi dapat mengaktifkan area di hidung yang disebut reseptor bau. Kemudian, reseptor mengirim pesan lewat sistem saraf ke otak. Minyak esensial dapat mengaktifkan area tertentu di otak, seperti sistem limbik, dan berperan mengatur emosi.

Dampaknya juga dapat terasa di hipotalamus yang merespons minyak esensial dengan menciptakan bahan kimia otak seperti serotonin. Seperti diketahui, serotonin berperan menciptakan rasa nyaman bagi tubuh.

Ada juga yang menyebutkan bahwa minyak esensial dapat bermanfaat bagi tubuh ketika dioleskan. Kulit atau bagian tubuh lain akan memberi respons sesuai manfaat dari jenis minyak esensial yang digunakan.

Manfaat Melakukan Aromaterapi di Rumah

manfaat aromaterapi
Sumber : Facetofeet.com

Menariknya, kamu dapat melakukan tindakan aromaterapi sendiri di rumah. Namun, sebelum itu kamu perlu mengetahui manfaat aromaterapi yang akan didapatkan. Berikut di antaranya:

1.  Mengurangi Rasa Nyeri

Salah satu kegunaan aromaterapi adalah dapat mengurangi rasa nyeri. United States Food and Drug Administration (FDA) secara umum telah mengakui penggunaan minyak esensial untuk kebutuhan medis. Hal ini ditegaskan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 2016 lalu.

Menurut studi tersebut, aromaterapi dapat mengurangi rasa nyeri nosiseptif. Ini adalah rasa nyeri yang terjadi saat jaringan tubuh mengalami cedera atau kerusakan, misalnya memar, patah tulang, luka bakar, atau keseleo. Meskipun rasa nyeri bersifat subjektif, studi ini membuktikan bahwa aromaterapi ternyata efektif mengobati rasa sakit dalam berbagai kondisi medis.

Karena tak ada efek samping yang ditimbulkannya, aromaterapi dapat menjadi metode tambahan yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan nyeri. Keuntungan lainnya, cara ini jauh lebih murah daripada perawatan nyeri yang pada umumnya dilakukan.

2.  Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat aromaterapi yang dilakukan setiap hari adalah dapat meningkatkan kualitas tidur penggunanya. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Taiwan kepada para perawat wanita yang bekerja secara shift. Responden dalam penelitian ini diketahui memiliki waktu tidur yang lebih sedikit daripada orang dewasa pada umumnya.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kelompok yang menerima treatment berupa pijat aromaterapi ternyata merasakan peningkatan kualitas tidur. Karena itu, penggunaan minyak esensial untuk aromaterapi, baik dengan diffuser maupun terapi pijat, dapat menjadi solusi bagi masalah gangguan tidur pada malam hari.

3.  Mengurangi Stres

Ada begitu banyak faktor yang menyebabkan timbulnya stres pada seseorang, seperti beban pekerjaan, masalah dalam hubungan, tekanan ekonomi, dan sebagainya. Stres yang dirasakan tersebut dapat berdampak buruk terhadap kesehatan jika tidak dikelola dengan baik.

Salah satu cara yang paling praktis bisa dilakukan adalah melakukan aromaterapi. Ketika indra penciuman mendeteksi aroma dari minyak esensial, terjadi keseimbangan dalam sistem tubuh. Inilah yang menimbulkan efek perbaikan terhadap kondisi mental maupun emosional seseorang.

Tips Melakukan Aromaterapi

aromaterapi terbaik
Sumber : 99.co

Lalu, bagaimana agar aromaterapi dapat memberikan dampak yang optimal saat dilakukan di rumah? Yuk, simak beberapa tips berikut:

1.  Pilih Produk Aromaterapi Terbaik

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih produk minyak esensial untuk mendapatkan hasil aromaterapi terbaik. Untuk itu, kamu bisa menggunakan aromaterapi Young Living yang menawarkan berbagai produk minyak esensial, baik untuk diffuser atau digunakan sebagai roll-on dan minyak pijat.

Kualitas minyak esensial Young Living didukung oleh standar yang tinggi dalam pembuatannya. Bukan hanya itu, bahan pembuatan minyak esensial berasal dari perkebunan milik sendiri.

2.  Gunakan Metode yang Nyaman

Ada beberapa jenis metode aromaterapi yang bisa kamu lakukan, yaitu menggunakan diffuser, langsung dihirup, atau dioleskan pada kulit. Kamu juga bisa menambahkannya pada sampo atau sabun sehingga membuat momen mandi menjadi lebih menyenangkan.

Di rumah, kamu bisa dengan bebas memilih metode yang paling nyaman dan mudah dilakukan. Jika ingin menikmatinya saat santai, menggunakan diffuser akan sangat membantu.

3.  Kenali Manfaat Tiap Jenis Minyak Esensial

Selanjutnya, kamu juga perlu mengetahui manfaat dari tiap jenis minyak esensial yang ditawarkan. Ada berbagai pilihan minyak esensial yang memiliki khasiat berbeda-beda. Pilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Jika kamu memiliki anak atau merupakan wanita hamil, berhati-hatilah terhadap jenis minyak esensial yang akan digunakan. Beberapa jenis yang disarankan bagi kelompok ini adalah chamomile, frankincense, geranium, lavender, rose, sandalwood, dan spearmint.

Nah, inilah ulasan singkat mengenai aromaterapi beserta manfaat dan tips melakukannya sendiri di rumah. Yuk, nikmati rasa nyaman setelah melakukan aromaterapi dengan minyak esensial terbaik.

Best Seller

Related Article