Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Apa Itu Minyak Atsiri? Yuk, Kenali Lebih Dalam dan Rasakan Manfaatnya!

apa itu minyak atsiri yuk kenali lebih dalam dan rasakan manfaatnya

Minyak atsiri atau lebih dikenal dengan istilah essential oil merupakan minyak hasil ekstraksi tumbuh-tumbuhan. Wujudnya berupa cairan kental dan dapat berubah menjadi uap melalui alat bernama diffuser. Aroma minyak atsiri sangat khas sesuai dengan aroma asli dari tumbuhan asalnya.

Mengenal Minyak Atsiri

minyak atsiri adalah
Sumber : Jamudigital.com

Sesungguhnya, meskipun disebut “minyak”, minyak atsiri sangat berbeda dengan minyak pada umumnya. Dalam cairan ini tidak terdapat kandungan asam lemak seperti pada minyak lainnya. Kekentalan minyak atsiri disebabkan oleh ekstrak kandungan yang padat.

Minyak atsiri memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus. Itulah sebabnya, minyak ini juga kerap digunakan sebagai bahan pembersih. Sejumlah tumbuhan yang dinilai mampu menjadi pembersih optimal adalah lemon, lavender, rosemary, eucalyptus, peppermint, dan tea tree.

Fakta lain minyak atsiri adalah memiliki ukuran molekul yang sangat kecil. Hal ini membuat essential oil dapat diserap dengan optimal oleh kulit. Itulah sebabnya, kamu dapat menemukan essential oil dari sejumlah tumbuhan dalam produk skincare. Fungsinya adalah untuk melembutkan, memelihara, dan menyembuhkan masalah pada kulit.

Menariknya, meskipun telah masuk ke dalam tubuh dan tidak dicerna karena jumlahnya melebihi kebutuhan, minyak atsiri tidak akan mengendap. Jika tidak digunakan oleh tubuh, minyak atsiri akan dikeluarkan kembali sehingga tidak menimbulkan masalah pada tubuh.

Manfaat Minyak Atsiri

manfaat minyak atsiri
Sumber : Republika.co.id

Manfaat minyak atsiri berbeda-beda tergantung pada jenis tumbuhan asalnya. Saat ini, ada berbagai jenis tumbuhan yang bisa diambil manfaatnya melalui proses ekstraksi. Berikut beberapa di antaranya:

1.     Lavender

Siapa yang tidak terkesan dengan aroma lavender yang khas? Saat ini, lavender pun telah diaplikasikan pada berbagai produk, mulai dari sabun hingga pengharum ruangan.

Ternyata, bukan hanya wangi, lavender memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Aroma lavender disebut dapat memicu peningkatan gelombang alfa di otak. Gelombang alfa berkaitan dengan kemampuan untuk tidur dengan nyenyak. Istirahat yang cukup membuat tubuh lebih sehat.

Lavender juga dapat menurunkan kadar hormon kortisol yang berperan dalam meningkatkan stres. Karena itu, saat kamu mulai merasakan tekanan, tenangkan diri dengan menghirup aroma lavender dari essential oil diffuser.

2.     Rosemary

Contoh minyak atsiri adalah rosemary essential oil. Tumbuhan rosemary mungkin jarang ditemukan sehari-hari, padahal ada kandungan penting yang terdapat di dalamnya. Kamu bisa mendapatkan manfaat tersebut melalui hasil ekstraksi minyak atsiri yang kini banyak dijual.

Menurut penelitian, rosemary berperan dalam meningkatkan kinerja otak. Menghirup aroma rosemary akan membantu memori bekerja secara penuh. Bagi yang sedang dalam masa sekolah, menghirup aroma rosemary secara rutin tiap hari akan membantu dalam mencerna pelajaran, bahkan saat menghadapi ujian.

Cara kerjanya adalah dengan membuat otak lebih relaks sehingga mudah menerima informasi dari luar dan merekamnya.

3.     Lemon

Aroma lemon yang segar pasti membuat suasana ruangan lebih dinamis. Selain itu, lemon ternyata memiliki sejumlah manfaat penting bagi penggunanya. Pertama, dapat mengurangi aroma kurang sedap. Sebagai percobaan, kamu bisa meletakkan kapas berisi 2-3 tetes ekstrak lemon di tempat sampah atau tumpukan baju kotor. Aroma kurang enak pun akan hilang.

Fungsi kedua adalah untuk membersihkan perabotan. Tambahkan beberapa tetes ekstrak lemon pada cairan pembersih yang digunakan. Selain terbebas dari noda, perabotan pun benar-benar bersih karena sifat lemon yang antibakteri.

Fungsi lainnya adalah menjaga keindahan kulit. Kamu bisa menambahkan lemon di produk perawatan kulit. Kandungan lemon dipercaya dapat menyamarkan noda pada wajah atau kulit.

4.     Peppermint

Peppermint adalah tanaman penghasil minyak atsiri yang identik dengan aroma segar dan sejuk. Salah satu fungsi peppermint adalah memberikan efek relaksasi bagi kulit. Kamu bisa menggunakannya sebagai minyak pijat setelah olahraga.

Selain itu, peppermint dapat dicampur dengan single essential oil lain, misalnya lavender dan rosemary. Hasil blend ini akan memberikan manfaat yang lebih kompleks.

Fakta Menarik Minyak Atsiri

tanaman penghasil minyak atsiri
Sumber : Otcdigest.id

Selain berasal dari ekstrak tumbuhan dan memberikan manfaat yang baik bagi penggunanya, minyak atsiri juga memiliki sejumlah fakta menarik lain. Berikut ulasannya.

5.     Minyak atsiri bukan obat

Meskipun diklaim dapat menyembuhkan penyakit tertentu atau rasa nyeri, perlu diketahui bahwa minyak esensial tidak bisa menggantikan fungsi obat. Pada umumnya, obat dikonsumsi dengan resep dokter dan telah diteliti kegunaan sekaligus efek sampingnya. Sementara itu, meskipun berasal dari bahan alami, minyak atsiri tidak ditujukan untuk menggantikan fungsi pengobatan.

6.     Aman Dioleskan pada Kulit

Ada mitos yang menyebutkan bahwa minyak atsiri akan menimbulkan masalah pada kulit jika dioleskan secara langsung. Faktanya, minyak ini bisa digunakan secara langsung. Diproses dengan teknologi mutakhir dengan standar yang baik, minyak atsiri tidak berbahaya bagi kulit. Namun, untuk anak-anak, ibu hamil, maupun ibu menyusui, penggunaan minyak atsiri harus lebih ketat.

Cara Membuat Minyak Atsiri

tumbuhan yang bermanfaat bagi manusia
Sumber : Bisnisukm.com

Proses pembuatan minyak atsiri tidak semudah yang dibayangkan. Salah satu fakta uniknya adalah jumlah tumbuhan yang diperlukan untuk membuat sedikit minyak atsiri sangat banyak.

Sebagai contoh, untuk membuat 1 kg rose essential oil, dibutuhkan sebanyak 4.000 kg mawar Bulgaria. Minyak esensial lavender sebanyak 1 kg didapatkan dari 100 kg bahan baku lavender. Dengan fakta ini, tak heran jika harga minyak atsiri cukup mahal. Namun, penggunaannya pun tak perlu dalam jumlah banyak.

Bagian tumbuhan yang bisa diekstraksi antara lain daun, buah, bunga, biji, rimpang, kulit, bahkan seluruh bagian tanaman. Uniknya, dari sekitar 160-200 aneka tanaman aromatik yang menghasilkan wewangian, sebagian besar bisa ditemukan di Indonesia.

Jadi, berbagai tumbuhan yang bermanfaat bagi manusia dan bisa diolah menjadi minyak atsiri tersedia di sekitar kita. Namun, tak perlu melewati proses yang panjang untuk membuatnya. Kini kamu bisa mendapatkan minyak atsiri atau essential oil Young Living dengan mudah. Pilih aroma favoritmu dan nikmati manfaatnya.

Best Seller

Related Article