Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Aman untuk Bayi, Inilah 7 Rekomendasi Aromaterapi Ruangan Young Living

Aman untuk Bayi, Inilah 7 Rekomendasi Aromaterapi Ruangan Young Living

Penggunaan essential oil alias minyak esensial sebagai aromaterapi ruangan sama sekali bukan hal baru walau popularitasnya melesat tajam selama beberapa tahun belakangan. Aromaterapi yang dahulunya lebih banyak digunakan di tempat-tempat tertentu seperti spa kini mulai diadaptasi oleh masyarakat luas di hunian masing-masing.

Manfaat Aromaterapi Ruangan untuk Bayi

aromaterapi ruangan young living
Sumber : Haibunda.com

Perawatan holistik yang satu ini memiliki berbagai benefit, mulai dari membantu badan dan pikiran jadi lebih santai, meningkatkan kualitas tidur, meredakan stres, sampai mengurangi aroma kurang sedap. Namun, tahukah kamu bahwa beberapa benefit tersebut secara khusus juga bermanfaat bagi bayi?

  • Mengurangi Gejala Kolik

Kolik merupakan kondisi saat bayi menangis secara berlebihan (dalam waktu lama) meski dalam keadaan sehat dan kenyang sekalipun. Kolik umum terjadi pada awal pasca kelahiran hingga mencapai usia empat bulan. Si kecil biasanya akan rewel dengan menunjukkan tanda masuk angin, perut kembung, tangan mengepal, dan lutut ditarik ke arah dada.

Aromaterapi akan membantu memberi rasa tenang. Kamu bisa mengurangi kolik dengan cara memijat.

  • Mengatasi Batuk dan Pilek

Batuk dan pilek alias bapil adalah gangguan kesehatan lain yang sangat banyak dialami oleh bayi. Sistem pernapasan si kecil dan kenyamanannya beraktivitas akan terganggu sehingga menurunkan kualitas—bahkan kuantitas—tidurnya.

Beruntungnya, aromaterapi ruangan dapat membantu mengatasi batuk dan pilek. Kamu hanya perlu meneteskannya pada kain, selimut, atau tepian tempat tidur sehingga si kecil dapat menghidunya.

  • Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Tak cuma anak-anak, minyak esensial juga akan membuat tidur bayi lebih nyenyak. Aroma essential oil membantu merelaksasi dan mengurangi kecemasan si kecil. Adapun beberapa aroma yang cukup banyak digunakan untuk keperluan ini adalah lavendel dan melati.

Tips Aman Menggunakan Minyak Esensial untuk Bayi

aromaterapi ruangan elektrik
Sumber : Wideopencountrycom

Namun, penggunaan minyak esensial bagi bayi juga memiliki beberapa kondisi tersendiri. Pasalnya, sensitivitas kulit dan indra penciuman si kecil berbeda dengan yang dimiliki orang dewasa. Adapun fase yang aman untuk penggunaan essential oil pada bayi adalah setelah melalui usia tiga bulan pertama.

Ada tiga cara yang dapat kamu lakukan untuk menggunakan minyak esensial pada bayi, yakni mencampurkannya ke dalam air, menggunakannya dalam alat aromaterapi ruangan alias diffuser, dan melalui pijatan.

  • Mencampurkannya ke Dalam Air

Cara ini dilakukan bersamaan dengan saat memandikan si kecil. Kamu cukup menambahkan satu atau dua tetes minyak esensial ke dalam air hangat yang akan digunakan untuk mandi.

  • Menggunakan Diffuser

Penggunaan diffuser sebagai aromaterapi ruangan elektrik yang menjadi tren belakangan ini juga dapat bermanfaat bagi si kecil. Namun satu hal yang perlu diingat, pastikan ventilasi ruangan cukup baik. Pun apabila si kecil memiliki asma, ada baiknya untuk tidak melakukan cara ini.

  • Melalui Pijatan

Tak cuma orang tua, fungsi relaksasi dari pijatan juga akan dirasakan oleh bayi. Kamu bisa menggunakan essential oil untuk membantu menenangkan bayi setelah mandi atau sesaat sebelum tidur. Tentunya, lakukan gerakan memijat yang sesuai dengan kebutuhan si kecil.

Di samping tiga cara di atas, kamu juga perlu memperhatikan beberapa poin penting berikut untuk meminimalkan terjadinya risiko pada bayi akibat pemberian minyak esensial.

    • Jangan mengoleskan minyak esensial langsung pada kulit bayi—campurkanlah dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa atau minyak bunga matahari (para ahli menyarankan untuk menghindari minyak zaitun).
    • Minyak esensial dengan kandungan kayu manis, serai wangi, verbena, jinten, thyme, dan oregano perlu dihindari.
    • Jangan sampai minyak esensial terhirup langsung maupun termakan oleh bayi.

Aromaterapi Ruangan Young Living untuk Bayi

aroma terapi ruangan untuk bayi
Sumber : Youngliving.com

Young Living mempunyai beberapa produk unggulan terbaik yang aman untuk bayi. Kamu pun dapat mengombinasikan sebuah aromaterapi ruangan untuk bayi dengan beberapa minyak esensial lainnya untuk menghasilkan manfaat yang lebih utuh guna mengatasi beberapa kondisi tertentu. Berikut adalah beberapa referensi blending yang dapat kamu coba untuk memanjakan dan merawat si kecil.

Sweet Dream

Campurkan satu tetes Lavender dan satu tetes Cedarwood untuk menghasilkan aromaterapi ruangan yang akan membantu si kecil tertidur lebih lelap dengan nyaman. Lavender yang memiliki profil manis, herba, dan floral akan berpadu sempurna dengan Cedarwood yang memiliki profil hangat. Aplikasikan Sweet Dream dengan penggunaan diffuser dan biarkan aromanya membuat suasana ruangan lebih relaks.

Calm Baby

Kamu juga dapat memadankan Lavender dengan Stress Away yang mengandung ekstrak vanilla, Copaiba, Ocotea, dan Cedarwood. Adapun profil aroma produk Stress Away adalah citrus, manis, dan tropis. Gabungan antara dua tetes Lavender dengan satu tetes Stress Away menggunakan diffuser dan nikmati aroma yang menenangkan pikiran di seluruh sudut ruangan.

Breath Baby

Satu lagi perpaduan menggunakan diffuser yang dapat kamu coba adalah dua tetes Lavender, satu tetes Frankincense, dan satu tetes lemon. Di samping pikiran yang lebih santai, Breath Baby juga dapat membantu meningkatkan kualitas pernapasan bayi. Adapun Frankincense memiliki aroma yang woody dan manis seperti madu sehingga akan menjadi lebih seimbang dengan wangi lemon yang segar dan floral khas lavendel.

Wheezy Sneezy

Jika si kecil mengalami gangguan pernapasan seperti pilek atau bersin-bersin, gunakan aroma terapi ruangan Young Living Lemon dan Lavender. Campurkan satu tetes produk Lemon dan satu tetes produk Lavender. Keduanya juga menghasilkan aroma yang terkesan ceria dan bersemangat sehingga dapat membangkitkan semangat anak. Adapun untuk penggunaannya, oleskan di permukaan dada si kecil.

Batuk

Perawatan holistik untuk bayi yang sedang batuk bisa kamu lakukan melalui kombinasi satu tetes Lavender dan satu tetes RC. Produk RC yang beraroma lemony dan menyegarkan akan membantu menenangkan saat sesak. Aplikasikan campuran keduanya di dada si kecil.

Healthy Immune

Kamu tidak harus menunggu si kecil sakit untuk dapat memanfaatkan berbagai produk Young Living. Guna menjaga imunitas bayi, oleskan di telapak kaki buah hati campuran antara satu tetes Frankincense dan satu tetes Lemon.

Tiny Tummy

Apabila bayi menunjukkan gejala kurang nyaman di sistem pencernaan, kamu bisa kombinasikan satu tetes Ginger dan satu tetes Orange. Kehangatan dari Ginger yang menyatu sempurna dengan kesegaran Lemon untuk meredakan keluhan si kecil. Oleskan perpaduan essential oil ini di atas perut bayi.

Aromaterapi ruangan tak cuma membantu merelaksasi tubuh dan pikiran orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Dengan takaran dan cara penggunaan yang tepat, minyak esensial akan membantu meredakan berbagai keluhan bayi secara nyaman.

Best Seller

Related Article