Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

Agar Tahan Lama, Ini Cara Merawat Essential Oil Diffuser

agar tahan lama ini cara merawat essential oil diffuser

Salah satu cara yang paling mudah untuk menikmati manfaat essential oil adalah dengan menggunakan diffuser. Kamu pun dapat bereksperimen dengan kombinasi beberapa jenis single essential oil. Setelah menemukan resep favorit, tak heran jika intensitas menggunakan essential oil diffuser akan makin sering.

Diffuser yang kerap dipakai dalam durasi panjang perlu mendapat perhatian lebih. Pasalnya, tumpukan residu essential oil yang tertinggal di bagian dalam diffuser pasti lebih banyak. Hal ini dapat membuat fungsi diffuser tidak optimal. Nah, agar dapat tetap awet, kamu harus mengetahui cara merawat diffuser.

Cara Pemakaian Diffuser dengan Benar

oil diffuser
Sumber : Livingloving.net

Awet tidaknya sebuah diffuser juga dipengaruhi oleh cara pemakaian. Jika digunakan dengan tepat sesuai petunjuk, diffuser tidak akan mudah rusak. Apa saja hal yang harus dilakukan saat menggunakan diffuser?

1.     Jangan gunakan air mineral

Agar essential oil diffuser dapat berfungsi dengan baik, kamu perlu menambahkan air terlebih dahulu. Namun, sebisa mungkin jangan menggunakan air mineral. Hal ini dapat membuat plat ultrasonik di dalam diffuser mengalami efek mampet karena residu yang tertinggal.

2.     Bersihkan setelah pemakaian

Langkah ini sangat penting, terutama jika kamu menggunakan air mineral pada diffuser. Bersihkan diffuser seusai digunakan atau tiap dua kali penggunaan. Tindakan ini dapat mencegah mampet atau lengket pada diffuser.

3.     Masukkan air secukupnya

Perhatikan jumlah air yang dimasukkan ke dalam diffuser. Jangan melebihi batas yang telah ditentukan karena dapat berisiko membuat diffuser bocor. Selain itu, tutup diffuser dengan benar agar air tidak tumpah saat digunakan.

Cara Membersihkan Diffuser

diffuser aromatherapy
Sumber : Dekoruma.com

Agar diffuser tahan lama, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah rajin membersihkannya. Pada dasarnya, jika diffuser langsung dibersihkan setelah digunakan, kotoran tidak akan menumpuk. Nah, berikut tips membersihkan alat tersebut dengan benar.

4.     Bersihkan secara berkala

Jangan tunggu hingga diffuser mengalami masalah atau tidak berfungsi dengan baik baru dibersihkan. Lakukan hal ini secara berkala atau segera setelah digunakan agar tidak lupa. Pembersihan secara menyeluruh dapat dijadwalkan tiap 1-2 bulan.

5.     Cabut konektor listrik saat dibersihkan

Saat akan dibersihkan, cabutlah konektor listrik pada diffuser terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah bagian ini terkena air.

6.     Gunakan kain bersih untuk mengelap

Untuk membersihkan reservoir, kamu bisa menggunakan kain katun basah. Kemudian, celupkan kapas pada alkohol dan gosok secara perlahan bagian pelat ultrasonik di dalam diffuser. Bilas reservoir dengan air, lalu keringkan dengan kain yang lembut.

7.     Bersihkan tumpukan kotoran dengan lemon

Bagaimana jika kamu tidak sempat membersihkan diffuser dan kotoran telanjur menumpuk? Tambahkan 2 tetes lemon ke dalam air, lalu masukkan ke diffuser. Diamkan selama 5 menit. Setelah itu, lap bagian dalam diffuser hingga bersih.

Cara Menyimpan Diffuser

diffuser oil
Sumber : Dekoruma.com

Essential oil diffuser sangat bermanfaat untuk menyegarkan dan membersihkan udara di sekitar. Kualitas udara yang dihirup setiap hari pun makin baik. Hal ini tentu berpengaruh positif terhadap kesehatan. Karena itu, ada baiknya kamu menggunakan diffuser secara berkala.

Akan tetapi, jika kamu lebih sering berada di luar rumah sehingga tidak memungkinkan untuk menggunakan diffuser, simpanlah alat ini dengan baik. Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

8.     Masukkan dalam kotak penyimpanan

Apakah kamu sedang tidak bisa menggunakan diffuser sama sekali karena aktivitas outdoor yang sangat padat? Sebaiknya simpan alat ini dalam kotak penyimpanan yang terlindung dari paparan debu. Jika diletakkan begitu saja tanpa penutup, diffuser kemungkinan akan berdebu.

9.     Bersihkan dan keringkan sebelum disimpan

Saat akan menyimpan diffuser, jangan lupa untuk memastikan alat ini telah bersih dan kering. Usai digunakan, bisa jadi di dalam diffuser masih tersisa air bekas. Keringkan terlebih dahulu diffuser dari air, baru kemudian masukkan dalam kotak penyimpanan.

10. Jangan ditumpuk dengan benda berat

Carilah tempat penyimpanan yang aman bagi diffuser. Hal yang paling penting, jauhkan dari tumpukan benda berat karena berisiko membuat alat ini tertekan dan pecah atau rusak. Carilah ruang yang cukup longgar untuk menyimpan alat ini agar kamu tidak perlu mendorongnya masuk.

11. Jauhkan dari jangkauan anak-anak

Bentuknya yang cantik dapat menarik minat anak-anak. Bukan tidak mungkin, diffuser tersebut digunakan sebagai alat untuk bereksplorasi bagi mereka. Hal ini berisiko membuat diffuser menjadi rusak sehingga tak bisa digunakan lagi. Karena itu, pastikan kamu menyimpan diffuser di tempat yang tepat agar tetap aman.

Jika Diffuser Mengalami Masalah

essential oil diffuser
Sumber : Lifestyle.kompas.com

Ada beberapa masalah yang mungkin terjadi pada diffuser, misalnya tidak mengeluarkan uap, jumlah uap terlalu sedikit dan lemah, air di dalam diffuser terasa hangat, lampu tidak berfungsi. Tidak perlu panik, cek terlebih dahulu hal-hal berikut.

12. Jumlah air sudah sesuai

Sebelum menggunakan diffuser, kadar air di dalamnya harus tepat. Biasanya, di tiap essential oil diffuser ada tanda yang menunjukkan jumlah air ideal yang harus dimasukkan. Jika terlalu banyak atau terlalu sedikit, proses diffuse bisa tidak terjadi.

13. Perhatikan sambungan listrik

Jika diffuser tidak berfungsi dengan baik, cek terlebih dahulu power adaptor yang digunakan. Pastikan kamu menggunakan alat yang khusus untuk diffuser tersebut. Kemudian, cek apakah sudah tersambung dengan sumber listrik secara benar.

14. Penggunakan sesuai petunjuk

Masalah bisa terjadi jika penggunaan aromatheraphy diffuser tidak sesuai dengan petunjuk dan aturan. Sebagai contoh, kamu tidak boleh meletakkan alat ini di permukaan yang lembut seperti handuk karena dapat membuat diffuser lebih panas.

Jika masih mengalami masalah, jangan sungkan untuk menghubungi pihak yang jual aromatheraphy diffuser. Kamu bisa mengklaim garansi apabila diffuser mengalami masalah yang disebabkan oleh kelalaian dari pabrik.

Nah, inilah beberapa cara untuk merawat essential oil diffuser yang perlu kamu ketahui dan lakukan agar alat ini lebih awet. Tidak sulit, bukan?

Best Seller

Related Article