Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

7 Cara Menggunakan Essential Oil yang Benar dan Aman

7 cara menggunakan essential oil yang benar dan aman

Essential oil di masa kini merupakan warisan budaya leluhur diwujudkan dalam kemasan modern. Penggunaan essential oil pun lebih bervariasi—tidak hanya mencegah penyakit, tetapi juga untuk kecantikan dan relaksasi.

Kendati demikian, kamu perlu mencermati cara menggunakan essential oil yang benar. Tujuannya supaya khasiat minyak esensial dapat diserap secara optimal oleh tubuh. Selain itu, dengan memakai essential oil sesuai saran medis, kamu akan terhindar dari efek samping atau reaksi alergi.

Sebagai acuan, berikut ini ada tujuh cara menggunakan essential oil Young Living yang benar dan aman.

Hirup Essential Oil

cara menggunakan essential oil young living
Sumber : Today.line.me

Cara paling mudah untuk menggunakan minyak esensial, yakni menghirupnya langsung dari botol. Agar tidak kontak langsung dengan kulit, kamu bisa meneteskan minyak esensial ke permukaan tisu atau kain. Kemudian, hirup esensial di tisu maupun kain tersebut beberapa kali sampai merasakan khasiatnya.

Kamu juga dapat menghirup essential oil dengan metode uap. Caranya dengan mencampurkan tetesan minyak esensial dan air panas di dalam mangkuk. Lalu, taruh handuk di kepala hingga menutupi sebagian wajah. Nantinya, uap keluar mengarah ke wajah.

Saat uap mengarah ke wajah, kamu bisa langsung menghirupnya. Ulangi cara ini beberapa kali secara hati-hati.

Gunakan sebagai Diffuser

cara menggunakan essential oil pada difuser
Sumber : Aromaweb.com

Cara kedua, yaitu dengan melakukan difusi melalui diffuser. Alat ini berfungsi untuk menyebarkan minyak esensial ke seluruh ruangan. Minyak esensial tersebut diubah oleh diffuser menjadi uap yang molekulnya kecil. Jadi, essential oil lebih aman dihirup karena jumlahnya kecil.

Beberapa jenis diffuser yang dapat digunakan, antara lain keramik, lilin, reed, elektrik, dan ultrasonik. Jika diffuser ingin diletakkan di kamar atau ruangan kecil, sebaiknya pilih reed yang jangkauannya sempit.

Untuk menggunakan diffuser, kamu harus menuangkan 3—4 tetes minyak esensial pada diffuser berukuran 50 ml. Jika ukuran botolnya 100 ml, jumlah yang harus dituangkan adalah 5—8 tetes.

Campur dengan Produk Kecantikan

cara menggunakan essential oil tanpa difuser
Sumber : Beautified.co.id

Sebagian orang mencampurkan minyak esensial ke peralatan rias hingga produk perawatan kulit. Meski diperbolehkan, kamu harus tetap mengikuti petunjuk penggunaan. Pasalnya, setiap minyak esensial memiliki komposisi berbeda—yang bisa menimbulkan reaksi tertentu.

Supaya tidak timbul reaksi efek samping, kamu harus mencampurkan minyak esensial dengan pelarut. Pastikan kedua bahan ini menyatu sebelum digunakan. Selain itu, gunakan campuran minyak esensial dan pelarut secukupnya saja.

Efek yang timbul ketika berlebihan dalam menggunakan minyak esensial, yaitu alergi, muncul ruam, dan gatal. Jadi, sesuaikan saja pemakaian minyak tersebut berdasarkan kebutuhan.

Manfaatkan untuk Humidifier

cara menggunakan essential oil untuk pengharum ruangan
Sumber : Nytimes.com

Humidifier adalah alat untuk melembapkan udara di ruangan. Alat ini bekerja dengan menyemprotkan uap ke udara. Jadi, ruangan terhindar dari udara kering yang kerap memicu iritasi dan sakit tenggorokan.

Humidifier juga mampu mencegah bibir kering dan kulit pecah-pecah akibat paparan pendingin ruangan (AC). Pasalnya, AC yang menyala terus-menerus dapat menyebabkan udara kering sehingga menimbulkan penyakit tersebut.

Sebagian humidifier boleh digunakan untuk minyak esensial. Namun, jumlah minyak yang dimasukkan ke alat tersebut hanya beberapa tetes. Selanjutnya, humidifier menyebarkan minyak esensial dalam bentuk uap air ke seluruh ruangan.

Sebagian humidifier boleh digunakan untuk minyak esensial. Namun, jumlah minyak yang dimasukkan ke alat tersebut hanya beberapa tetes. Selanjutnya, humidifier menyebarkan minyak esensial dalam bentuk uap air ke seluruh ruangan.

Agar humidifier awet, kamu harus membersihkan tangkinya setiap tiga hari sekali. Gunakan larutan hidrogen peroksida supaya bakteri dan jamurnya mati.

Setelah dibersihkan, bilas tangki menggunakan air bersih. Kemudian, keringkan bagian dalam tangki untuk menghindari kontaminasi mikroba berbahaya. Selain itu, kamu harus mengganti air tersebut setiap hari.

Debu dan mineral kerap ikut lepas ke udara saat humidifier bekerja. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa menggunakan air yang berasal dari sulingan.

Campur dengan Alat Mandi

essential oil untuk personal care
Sumber : Alodokter.com

Minyak esensial sering digunakan sebagai bahan dasar membuat sampo. Pasalnya, minyak esensial mampu mencegah rambut rontok dengan menguatkan akarnya.

Sebagian minyak esensial juga diselipkan ke produk sabun. Salah satu manfaat sabun yang mengandung essential oil, yaitu mencegah penuaan dini. Selain itu, sabun dengan kandungan esensial membantu mengatasi iritasi kulit.

Jika kamu memiliki minyak esensial dan alat mandi terpisah, cobalah mencampurkan keduanya secara manual. Di samping itu, minyak esensial dapat digunakan dengan meneteskannya ke kain lembap. Kemudian, kamu harus menggosok kain lembap tersebut ke tubuh supaya terlihat efek positifnya.

Oleskan ke Kulit untuk Menghangatkan Tubuh

essential oil untuk menghangatkan tubuh
Sumber : Popmama.com

Salah satu cara menggunakan essential oil tanpa diffuser adalah mengoleskannya ke tubuh. Jika diterapkan untuk anak-anak, pastikan minyak esensial sudah dicampur carrier oil, lotion, atau cream. Tujuan pencampuran ini adalah mencegah iritasi pada kulit anak.

Adapun rekomendasi minyak esensial yang direkomendasikan, yaitu kayu manis. Fungsi kayu manis adalah meminimalkan molekul virus. Jika kamu menggunakan kayu ini untuk aromaterapi, efeknya pikiran tenang.

Gunakan untuk Facial Spray

essential oil untuk spray wajah
Sumber : Grid.id

Kamu pernah menggunakan facial spray? Sebenarnya, kandungan setiap facial spray itu berbeda. Ada facial spray yang menawarkan penyegaran kulit; beberapa justru menambahkan manfaat memutihkan dan mencerahkan.

Tidak hanya itu, penggunaan facial spray pada wajah dapat membantu melindungi dari paparan sinar matahari. Facial spray juga berfungsi mempertahankan kadar air di kulit meskipun kamu berada di daerah kering.

Fungsi facial spray makin maksimal jika menggunakan bahan minyak esensial. Agar hasilnya terlihat, semprotkan pada wajah beberapa kali. Pastikan kamu memejamkan mata saat menyemprotkan cairan facial spray agar tidak kemasukan.

Sesaat setelah facial spray disemprotkan, kamu akan merasakan beberapa khasiat. Mulai dari merasa relaks, tenang, wajah lebih segar, serta kerut-kerut halus tertutupi.

Itulah pembahasan singkat tentang cara menggunakan essential oil pada diffuser maupun tanpa diffuser. Essential oil dipercaya sejak ribuan tahun silam oleh penduduk dunia lantara khasiatnya yang dahsyat.

Kamu juga ingin merasakan khasiat essential oil? Young Living menawarkan produk untuk mengatasi masalah kesehatan serta perawatan kecantikan. Yuk, terapkan cara menggunakan essential oil untuk pengharum ruangan ataupun kebutuhan lainnya. Buruan beli dan cek hasilnya secara mandiri!

Best Seller

Related Article