Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

5 Jenis Essensial Oil Young Living untuk Sakit Kepala, Apa Sajakah?

5 Jenis Essensial Oil Young Living untuk Sakit Kepala, Apa Sajakah

Minyak essensial sebenarnya bukan produk baru di dunia kesehatan. Bahan alami ini didapatkan dari sadapan batang kayu atau cairan yang dihasilkan dari olahan bunga, daun, dan kulit kayu suatu tanaman. Bisanya cairan tersebut akan dicampurkan dengan bahan kimia lain sehingga menghasilkan minyak tertentu.

Tapi belakangan, minyak essensial yang beredar tidak lagi melibatkan bahan kimia buatan ke dalam kandungannya. Kebanyakan menggunakan 100% bahan alami yang diolah secara natural sehingga manfaat yang didapatkan pun aman bagi tubuh serta kesehatan manusia.

Salah satu produk essential oil yang cukup populer adalah Young Living. Menggunakan bahan-bahan alami dari perkebunan sendiri di berbagai negara, perusahaan ini mampu menghasilkan banyak sekali varian minyak essensial bermanfaat. Di antara produk yang beredar, terdapat essential oil Young Living untuk sakit kepala.

Produk tersebut tidak hanya bermanfaat untuk menyembuhkan sakit kepala akibat gangguan saraf atau otot yang tegang, tetapi juga yang disebabkan oleh stres, depresi, atau tubuh yang terlalu lelah. Lalu, apa sajakah jenis essential oil dari Young Living untuk mengobati sakit kepala?

5 Essential Oil untuk Sakit Kepala

young living untuk vertigo
Sumber : Mommiesdaily.com

Minyak essensial dari Young Living untuk sakit kepala biasanya memiliki satu atau dua bahan utama aktif dengan manfaat yang banyak sekali, seperti:

Lavender

Essential oil yang berasal dari sari bunga lavender ini sejak dulu dikenal memiliki banyak sekali kelebihan. Di antaranya, mempercepat proses penyembuhan luka bakar ringan, antinyamuk, hingga sebagai aroma terapi. Lavender Oil dari Young Living pun memiliki manfaat yang tidak jauh berbeda.

Aroma khas minyak ini terbukti ampuh meringankan sakit kepala biasa ataupun migrain secara baik dengan cara merelakskan seluruh tubuh sehingga rasa lelah serta stres dapat dikurangi. Lavender Oil Young Living memiliki sifat medis melebarkan pembuluh darah dan mengurangi insomnia.

Seperti yang kita tahu, beberapa rasa sakit pada kepala biasanya disebabkan oleh menyempitnya pembuluh darah sehingga aliran ke otak terhambat atau kurangnya waktu tidur berkualitas. Selain yang telah disebutkan, tentu saja minyak essensial ini masih memiliki banyak sekali manfaat lain entah itu untuk kesehatan ataupun kecantikan.

Peppermint

Pada pengobatan medis, peppermint yang mengandung mentol biasanya digunakan untuk mengoles bagian tubuh yang nyeri akibat gangguan otot dan sendi. Peppermint Oil Young Living juga memiliki manfaat yang tidak jauh berbeda. Tapi selain untuk otot, minyak essensial ini juga memiliki manfaat lain.

Yaitu sebagai Peppermint Oil Young Living untuk sakit kepala. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian pada tahun 2015 yang menyebutkan bahwa mentol pada peppermint terbukti ampuh mengobati migrain dengan cara mengoleskan minyak essensial ke kepala disertai pijatan lembut.

Peppermint Oil juga bisa digunakan sebagai campuran diffuse agar tidur lebih lelap dan tenang sehingga kemungkinan sakit kepala akibat insomnia dapat dihindari. Resep diffuse Young Living untuk sakit kepala pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan beberapa tetes Peppermint dan menyalakannya selama 1 jam sebanyak 3 kali sehari.

Rosemary

Sifat medis rosemary adalah antiinflamasi (peradangan) dan analgesik (menghilangkan nyeri dan sakit). Pada produk minyak essensial Young Living, kandungan rosemary bisa ditemukan pada Thieves Essential Oil. Sebagaimana salah satu bahan dasarnya, Thieves dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala.

Biasanya Thieves dioleskan langsung ke kepala atau dicampurkan pada diffuser. Selain rosemary, kandungan minyak essensial Thieves adalah clove, lemon, cinnamon, dan eucalyptus. Inilah mengapa  Thieves tidak hanya bermanfaat untuk meredakan sakit kepala tetapi juga meredakan demam, batuk, pilek, serta mencegah penularan penyakit lainnya.

Chamomile

Fungsi utama chamomile adalah melemaskan tubuh serta menenangkan otot. Inilah mengapa untuk mengobati sakit kepala, chamomile bisa menjadi bahan aktif bermanfaat dan salah satu rekomendasi minyak essensial terbaik. Sayangnya, produk chamomile murni Young Living belum tersedia.

Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa merasakan manfaat chamomile melalui minyak essensial Endoflex dari Young Living. Produk ini merupakan variasi blend yang memadukan beberapa minyak essensial untuk memperoleh formula terbaik. Jadi selain mengatasi sakit kepala, Endoflex juga membantu memperbaiki sistem endokrin tubuh.

Citrus

Sebuah studi di Jepang membuktikan bahwa minyak essensial citrus terbukti dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi depresi. Dalam hal sakit kepala, minyak essensial ini mampu menimbulkan efek relaksasi sehingga timbulnya rasa nyeri di kepala akibat kelelahan dan kurang tidur bisa dihindari.

Pada Young Living, kandungan 100% citrus alami bisa ditemukan di Orange Oil. Selain yang telah disebutkan, essential oil ini juga dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan lain mulai dari hipertensi hingga mengurangi kerutan di wajah.

Tips Menggunakan Essensial Oil Young Living untuk Sakit Kepala

young living untuk mual dan pusing
Sumber : Grid.id

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memperoleh manfaat minyak essensial demi mengurangi rasa sakit pada kepala akibat migrain atau stres. Berikut ulasannya:

1. Mengoleskannya ke Bagian Pelipis atau Dahi

Seperti ketika mengaplikasikan balsam atau minyak kayu putih, untuk meredakan sakit kepala dengan essential oil kita juga perlu mengoleskannya di bagian pelipis atau dahi. Kamu bisa memilih mengoleskannya langsung atau mencampurkan minyak dengan virgin coconut oil.

Sembari mengoles, lakukan pula gerakan mengurut atau memijat lembut bagian yang nyeri. Lakukan treatment ini secara perlahan hingga otot di daerah kepala semakin relaks dan rasa sakitnya berkurang.

2. Menghirup Aromanya secara Perlahan

Selanjutnya, kamu bisa menghirup aroma minyak essensial Young Living untuk vertigo, migrain, serta sakit kepala lainnya.  Caranya mudah, kamu bisa mencampurkan beberapa tetes minyak essensial ke diffuser dan menyebarkannya ke seluruh ruangan, atau menuangkan beberapa tetes ke tisu lalu hirup aromanya dalam-dalam. Keduanya sama-sama memberi efek relaksasi sehingga tubuh merasa nyaman dan rasa sakit kepala pun berkurang.

3. Menggunakan Kompres

Tips yang ketiga, kamu bisa mengompres sebagian kepala atau leher dengan larutan air dan beberapa tetes minyak essensial. Cara ini memiliki efek yang sama dengan menghirup yaitu relaksasi. Tapi pastikan untuk menggunakan air dingin, ya. Karena selain menenangkan, air dingin juga akan menimbulkan efek menyegarkan.

4. Menambahkan Minyak ke Bak Mandi

Terakhir, kamu bisa memanfaatkan minyak essensial Young Living untuk mual dan pusing akibat sakit kepala dengan mencampurkan beberapa tetes ke dalam bak mandi. Setelah itu gunakan campuran air tadi untuk berendam selama beberapa saat sampai otot di seluruh bagian tubuh relaks sehingga aliran darah ke otak kembali lancar.

Itulah ulasan tentang 5 Jenis essential oil Young Living sakit kepala. Semoga bermanfaat.

Best Seller

Related Article