Christmast And New Year Deals Are Here! Get Discount Up To 50%

10 Kesalahan Penggunaan Essential Oil Young Living

10 kesalahan pengguna essential oil young living

Essential Oil Young Living merupakan produk minyak atsiri premium yang diracik dengan komposisi telah teruji lewat berbagai jenis penelitian. Penggunaan produk minyak esensial dari Young Living pun menjanjikan khasiat yang sangat besar. Hanya saja, ada catatan penting yang harus kamu perhatikan. Cara penggunaan minyak atsiri Young Living tidak boleh sembarangan.

Pada praktiknya, banyak orang yang salah kaprah dalam melakukan pemakaian produk premium Young Living. Akibat cara pemakaian yang salah, manfaat dari minyak atsiri tidak akan bisa kamu rasakan. Oleh karena itu, kamu perlu menghindari cara keliru dalam penggunaan essential oil tersebut. Dari sekian banyak kekeliruan, berikut ini adalah 10 kesalahan pemakaian minyak atsiri yang paling sering terjadi:

1. Tidak download aplikasi reference guide/ Essential Oils Guide

essential oil young living adalah
Sumber : theessentialfamily.com

Young Living punya beberapa pilihan produk essential oil. Masing-masing EO tersebut punya komposisi bahan serta fungsi berbeda-beda. Sebagai contoh, kamu bisa menemukan essential oil Young Living untuk asma, essential oil Young Living untuk perut kembung, dan lain sebagainya.

Karena komposisi bahannya yang beda, maka cara penggunaan setiap produk EO dari Young Living berlainan. Apa jadinya kalau kamu membeli produk Young Living tanpa download aplikasi reference guide-nya? Kamu tak akan tahu jenis EO dan sekaligus cara pemakaiannya yang tepat.

2. Menganggap EO adalah obat

essential oil young living untuk asma
Sumber : Idntimes.com

Kekeliruan yang kerap terjadi selanjutnya adalah anggapan kalau EO Young Living adalah obat. Karena anggapan tersebut, pemakaian minyak atsiri hanya terbatas ketika ketika pembelinya merasa ada bagian tubuh yang sakit.

Faktanya, EO bukanlah kategori produk obat-obatan. Essential oil merupakan produk yang ditujukan untuk menunjang gaya hidup. Karena fungsinya sebagai penunjang gaya hidup, pemakaian EO harus dilakukan secara rutin.

3. Penempatan EO yang salah

essential oil young living harga
Sumber : Antaranews.com

Produk Essential Oil Young Living harga mahal dan premium. Oleh karenanya, kamu perlu menyimpannya dengan hati-hati. Hindari kebiasaan menaruh EO secara sembarangan, apalagi kamu menempatkannya di area yang secara langsung terpapar sinar matahari.

Sebagai gantinya, persiapkan tempat penyimpanan khusus untuk minyak atsiri. Manfaatkan pemakaian pouch oil kalau kamu tengah bepergian. Sebagai tambahan, kamu perlu memastikan kalau penyimpanan EO dalam posisi botol tegak.

4. Penggunaan EO kepada anak tanpa diencerkan terlebih dulu

essential oil young living terbaik
Sumber : Orami.co.id

Pemakaian EO harus disertai dengan carrier oil yang fungsinya untuk mengencerkan. Hanya saja, banyak orang yang memakai EO tanpa proses dilute. Bahkan, tindakan seperti ini dilakukan pada anak tanpa dicoba orang tua terlebih dulu.

Penggunaan EO tanpa disertai minyak pelarut bisa membuat kulit anak iritasi. Oleh karenanya, tidak heran kalau si kecil tak mau menggunakan EO lagi setelah orang tua melakukan kesalahan ini.

5. Menyentuh filler botol

essential oil young living untuk perut kembung
Sumber : Productnation.co

Selanjutnya, banyak orang yang kerap menyamakan essential oil Young Living tak ubahnya seperti minyak angin. Cara pemakaiannya tinggal membuka botol, menyentuhkan ujung jari ke permukaan botol dan mengoleskannya ke permukaan kulit.

Cara pemakaian seperti ini wajib kamu hindari. Kontak filler botol dengan tangan berpotensi menimbulkan adanya kuman dan bakteri yang masuk. Sebagai gantinya, kamu bisa membuka botol dan meneteskannya sedikit demi sedikit ke tangan tanpa disertai kocokan atau kontak dengan filler botol.

6. Blend oil + Blend oil

blend oil
Sumber : Idntimes.com

Donald Gary Young, pendiri Young Living merupakan sosok fenomenal yang meracik produk essential oil. Peracikan itu beliau lakukan dengan tujuan tertentu. Ditambah lagi, beliau merupakan sosok pakar yang telah berpengalaman dalam meracik EO.

Sebagai seorang pengguna yang tak mempunyai kepakaran dalam hal EO, tinggal menggunakan produk Young Living. Tak perlu upaya kreatif seperti meramu sendiri dengan mencampurkan blend oil dan blend oil. Kalaupun kamu ingin meracik sendiri, lakukan dengan campuran blend oil + single oil atau single oil + single oil.

7. Diffuse EO terlalu banyak

essential oil diffuser
Sumber : Aromaweb.com

Proses diffuse EO yang ideal adalah 1 jam dengan 1-2 tetes. Hanya saja, banyak orang yang melakukan diffuse selama 4 jam dan memakai 15 tetes EO. Alasannya adalah tidak ada aroma yang tercium.

Hal yang perlu kamu ketahui, EO yang alami tidak akan mengeluarkan aroma wangi. Kalaupun ada, wanginya tidak akan menyengat. Hal ini sangat jauh berbeda dengan diffuse parfum. Tujuan diffuse EO beda dengan parfum. Proses ini perlu kamu lakukan biar molekul di dalam EO dapat menyatu dengan udara. Kalaupun aromanya tidak ada, EO tetap bekerja.

8. Menggunakan EO untuk tempat yang sama secara terus-menerus

essential oil young living
Sumber : theasianparent.com

RC merupakan jenis produk essential oil Young Living untuk asma atau permasalahan pernapasan lain. Oleh karenanya, kamu akan merasa nyaman ketika mengoleskan EO ini ke bagian dada. Selanjutnya, kamu mengoleskan RC secara rutin.

Namun, setelah satu tahun, kamu mungkin akan merasakan kalau sensasinya tidak lagi senyaman seperti pertama kali menggunakan RC. Hal ini cukup lumrah karena tubuh sudah beradaptasi dengan EO tersebut. Solusinya, kamu bisa menggunakan EO lain yang punya khasiat serupa secara bergantian, seperti Eucalyptus, Raven, dan lain sebagainya.

9. Cuma mengoleskan EO di telapak kaki

topikal
Sumber : Bukareview.com

Telapak kaki memang menjadi bagian yang vital. Oleh karenanya, mengoleskan EO pada bagian ini kerap jadi pilihan. Namun, kamu perlu mempertimbangkan untuk menggunakan essential oil Young Living ke bagian tubuh lainnya seperti leher, dada, perut, dan lain sebagainya.

10.Membakar EO

membakar essential oil
Sumber : Atsirich.com

Kesalahan terakhir yang kerap dilakukan adalah membakar EO. Kamu perlu tahu, essential oil Young Living mengandung banyak molekul hidup yang punya banyak manfaat. Kalau EO kamu bakar, otomatis molekul di dalamnya akan mati dan manfaat dari minyak tersebut tidak akan maksimal.

Nah, itulah 10 kesalahan penggunaan essential oil Young Living yang wajib kamu hindari. Dengan cara pemakaian yang benar, kamu akan memperoleh manfaat yang maksimal dari produk serbaguna ini.

Best Seller

Related Article